Peluang waralaba kedai kopi Gloria Jeans Coffees

Juni 5, 2008 at 12:27 am 6 komentar

WARALABA
Tabloid KONTAN No. 44, Tahun X, 7 Agustus 2006

Berani Bersaing di Kedai Kopi
Peluang waralaba kedai kopi Gloria Jeans Coffees

Gloria Jeans Coffees, kedai kopi asal Amerika, menawarkan peluang waralaba. Dengan modal tak sampai satu miliar rupiah, investor dijanjikan bisa balik modal sekitar tiga tahun. Tapi, hati-hati, persaingan bisnis ini sudah sangat ketat.

Anda yang suka kongko-kongko sambil mengopi pasti mengenal Gloria Jeans Coffees. Pasalnya, mirip dengan Starbuck, Gloria Jeans memiliki jaringan yang cukup banyak di Indonesia. Di dalam kota Jakarta saja ada lima gerai: di Mal Taman Anggrek, Plaza Semanggi, EX Center Plaza Indonesia, Cilandak Town Square, dan kawasan Kemang. Selain itu, Gloria Jeans juga bercokol di Bandung dan Bali.

Jika kita mau menghitung jaringannya yang ada di luar negeri, jumlahnya akan lebih banyak lagi. Menurut M. Taslim, Direktur Utama PT Penta Fili Investama, master franchise Gloria Jeans di Indonesia, jumlah kedai Gloria Jeans Australia mencapai 320 buah, sedangkan penduduk Australia hanya sekitar 20 juta jiwa. “Gloria Jeans di sana ibarat rumah makan padang di Indonesia,” ujar Taslim.

Di Amerika Serikat (AS), jumlah gerai Gloria Jeans juga tak kalah banyaknya. Maklum, kedai itu aslinya berasal dari Amerika; bukan Australia. Tiga dasawarsa silam, adalah Ed dan Gloria Jean Kvetko yang pertama kali menemukan racikan kopi yang disajikan di Gloria Jeans. Setelah ngetop di AS, baru kemudian gerai Gloria Jeans menyebar ke Australia dan juga Indonesia.

Nah, Anda pun kini punya kesempatan untuk menjadi terwaralaba (franchisee) Gloria Jeans Coffees. Taslim sendiri mengaku pengin membuka sekitar lima gerai Gloria Jeans lagi hingga akhir tahun. “Target kami adalah kota-kota besar,” ucapnya.

Sebelum membuka gerai Gloria Jeans, pertama-tama, tentu saja Anda harus menyiapkan sebuah tempat yang letaknya strategis. “Pilihannya adalah mal,” ungkap Taslim.

Cuma, malnya harus kelas menengah dan atas; bukan mal ecek-ecek. Maklum, harga satu cangkir kopi Gloria Jeans berkisar Rp 20.000-Rp 30.000.

Lantaran tempatnya di mal, harga sewa tempat menjadi mahal. “Harga sewa di mal bisa mencapai Rp 300.000-Rp 500.000 per meter persegi,” kata Taslim. Karena itu, gerainya tak perlu terlalu luas. Cukup sekitar 80 meter persegi saja.

Bisa menjajal lokasi non-konvensional

Asalkan Anda cermat, di kota besar macam Jakarta ini masih cukup banyak mal kelas menengah atas yang layak menjadi lokasi Gloria Jeans. Lazimnya, tempat yang paling strategis di mal adalah di lantai dasar. Tapi, selalu ada pengecualian, lo. Di Plaza Semanggi, misalnya, menurut Taslim tempat yang paling ramai justru lantai dua. Agar tak salah, “Pilihlah tempat yang paling ramai lalu-lintas pengunjungnya,” saran Taslim.

Sebenarnya aturan soal tempat itu tak terlalu kaku. Franchisee bisa saja membuka gerai di luar mal, asalkan tempat itu memang layak. Misalnya, ada satu terwaralaba Gloria Jeans yang membuka gerai di Prima Sport Club yang terletak di kawasan perumahan Taman Kedoya Permai, Kebon Jeruk. “Setelah ditelusuri, pengunjungnya tidak cuma pengunjung Sport Club; tapi juga pengunjung lain yang memanfaatkan aula di sana,” katanya.

Kalau sudah punya ancar-ancar tempat, hal terpenting yang harus Anda siapkan tentunya modal. Menurut Taslim, untuk membuka Gloria Jeans di sebuah pusat perbelanjaan, investor mesti menyediakan dana sekitar Rp 650 juta. Dana segitu sudah mencakup pembelian mesin pembuat kopi, franchise fee selama lima tahun, serta training pengenalan produk dan manajemen pengelolaan kedai kopi. Cuma, kebutuhan dana itu belum menghitung biaya renovasi tempat dan furnitur. Untuk melengkapi kebutuhan yang terakhir ini, terwaralaba masih harus menyediakan dana tambahan sekitar Rp 200 juta. Dus, total jenderal investasi awal yang harus disediakan sekitar Rp 850 juta.

Namun, hitungan jumlah modal itu masih bisa dipangkas. Sekali lagi, contohnya adalah gerai yang ada di Sport Club tadi. Menurut Taslim, modal yang dibutuhkan si terwaralaba di sana cuma Rp 500 juta. Ini lantaran si terwaralaba menggabungkan kedai kopi Gloria Jeans dengan restoran miliknya. Jadi, ada beberapa item yang tidak perlu dibeli, seperti mesin pembuat es dan mesin pompa air yang nilainya bisa mencapai Rp 50 juta.

Harus gencar promosi biar laris

Jika urusan modal dan tempat sudah final, langkah selanjutnya adalah training pengenalan produk dan pengelolaan kedai Gloria Jeans selama tiga minggu. Dalam periode ini, para karyawan akan dilatih meracik pelbagai minuman kopi. Variannya cukup banyak, lo; bisa mencapai 40 jenis. Oh, ya, training ini tidak semata diikuti oleh para calon tenaga pegawai saja. Si terwaralaba juga harus ikut. Tujuannya agar ia paham betul tentang seluk-beluk bisnis kedai kopi kelas atas ini.

Mengenai pasar, Taslim bertutur bahwa kedai-kedainya dalam sebulan bisa menghasilkan omzet kurang lebih Rp 100 juta. “Bahkan, untuk yang di Mal Taman Anggrek bisa lebih,” ucapnya. Nah, jika posisi omzet ini tetap terjaga, modal yang ditanamkan investor bisa balik tidak lebih dari dua tahun saja.

Cuma, target segitu belum tentu selalu tercapai, lo. Terkadang, untuk bisa balik modal, terwaralaba harus menunggu lebih lama lagi. Ambil contoh Ansye Gunawan, salah seorang terwaralaba yang membuka Gloria Jeans di Plaza Adorama, Kemang. “Target balik modal saya delapan tahun,” ucapnya. Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan gerai Gloria Jeans milik Ansye. Saban hari kedai kopinya disambangi lebih dari seratus pelanggan. Tapi, jumlah kedai kopi belakangan juga semakin banyak. Dengan kata lain, lantaran sadar dengan persaingan yang sangat sengit ini, Ansye tak mau memasang target yang terlalu optimistis.

Sudah begitu, modal yang ditanamkan Ansye tidak sedikit. Soalnya, ia menyewa ruangan yang luasnya di atas rata-rata. Walhasil, biaya sewanya pun menjadi membengkak. “Lantas promosi yang dilancarkan pihak Penta Fili terasa kurang,” ungkapnya sambil menyebut pesaing terberatnya: Starbucks, yang kerap melakukan pelbagai promosi. Promosi inilah yang menyebabkan brand mereka begitu kuat di pasar. Lantaran itulah, kini, Ansye memilih untuk melakukan promosi sendiri di lingkungan sekitar gerainya.

Markus Sumartomdjon

Tabel simulasi perhitungan bisa di donlod di SINI

Tulisan lain yang berhubungan

Tawaran waralaba Kedai Kopi dan It’s Coffee

Menjajaki waralaba kedai kopi Cup & Cino

Membandingkan tawaran dua waralaba kafe [Miko Coffee , Beanstock Coffee and Tea]

Entry filed under: Bisnis. Tags: , , , , , , , , , , .

Photo-Photo masa lalu Ivan Gunawan Peluang usaha bengkel dan dealer sepeda motor Kanzen

6 Komentar Add your own

  • […] Peluang waralaba kedai kopi Gloria Jeans Coffees […]

    Balas
  • 2. Menjajaki waralaba kedai kopi Cup & Cino « blog-nya kage  |  Juni 6, 2008 pukul 1:09 am

    […] Peluang waralaba kedai kopi Gloria Jeans Coffees […]

    Balas
  • 3. Membandingkan tawaran dua waralaba kafe « blog-nya kage  |  Juni 6, 2008 pukul 1:12 am

    […] Peluang waralaba kedai kopi Gloria Jeans Coffees […]

    Balas
  • 4. agus  |  Oktober 14, 2008 pukul 6:11 am

    saya tertarik dengan bisnis franchise ini. saya ingin membuka Gloria Jeans Coffees didaerah mall kelapa gading,jakarta. tolong diberikan contact person yang bisa saya hubungi untuk informasi lebih jelas.
    terima kasih..

    Balas
  • 5. COFFEE BREAK  |  Januari 28, 2009 pukul 7:55 am

    CARZY PROMO !
    Menyambut awal tahun 2009

    COFFEE BREAK
    membuka kesempatan untuk :
    – Para pebisnis (entrepreneur), mahasiswa, investor atau siapun Anda untuk memiliki coffee house dengan harga special..

    Hanya Khusus untuk 20 MITRA..
    – BONUS : MESIN KOPI, POTONGANH FEE MANAGEMENT, FREE FEE ROYALTY !

    SEMUANYA MUNGKIN HANYA DI COFFEE BREAK?

    wait!
    Jika Anda ingin menjadi Barista?
    Segera gabung bersama kami…

    Semuanya mungkin…Hanya ada di COFFEE BREAK?

    Segera hubungi marketing di 0341-7700020 atau SMS di 085.234.998808 SEGERA!

    INGAT HANYA untuk 20 MITRA SAJA DI SELURUH INDONESIA !

    *Promo ini berlaku hingga bulan Februari 2009

    SEGERA !
    hubungi marketing di 0341-7700020 atau SMS di 085.234.998808

    Jangan sampai pesaing Anda, di kota Anda mendahului Anda…

    PROMO ini berlaku untuk 1 kota 1 MITRA !

    ” sudahkah Anda coffee break hari ini ?”

    Balas
  • 6. Ajeng  |  Februari 5, 2009 pukul 7:35 am

    Saya tertarik invest untuk coffee shop coffee break di pontianak
    Kirim email ke ajeng@yahoo.com
    tq

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Juni 2008
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Kategori

Add to Technorati Favorites