Peluang usaha bengkel dan dealer sepeda motor Kanzen

Juni 6, 2008 at 12:55 am 14 komentar

USAHA
Tabloid KONTAN No. 11, Tahun IX, 20 Desember 2004

Tiga S Motor Korea
Peluang usaha bengkel dan dealer sepeda motor Kanzen

Kanzen menawarkan kerja sama usaha bengkel resmi dan penjualan sepeda motor serta suku cadangnya. Modal awalnya Rp 35 juta sampai Rp 77 juta. Dalam waktu setahun, Anda bisa balik modal, tapi dengan syarat: jeli memilih lokasi.

Pamor sepeda motor non-Jepang belakangan ini rada memudar. Beberapa merek sepeda motor China dan Korea yang umumnya berbanderol murah mulai tak terdengar gaungnya. Mereka susah menggoyang dominasi empat merek sepeda motor Jepang, Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki‚yang sudah terlebih dulu bercokol di Indonesia.

Meskipun begitu, tak semua merek non-Jepang itu menyerah. Salah satunya Kanzen, sepeda motor berteknologi Korea yang dirakit dan dipasarkan PT Semesta Citra Motorindo. Perusahaan yang didirikan mantan Menteri Rini Soewandi ini masih rajin menggarap ceruk-ceruk pasar di luar Jawa yang menyimpan peluang besar. “Selama empat tahun terakhir kami fokus di pasar Sumatra dan Kalimantan,” ujar Beteng Santosa, Direktur Pemasaran Semesta Citra Motorindo. Jurus ini ternyata cukup manjur. Di beberapa kota, sepeda motor Kanzen berhasil merebut hati para konsumen. Di Pekan Baru, misalnya, Kanzen berhasil menduduki peringkat ketiga.

Merasa sudah mantap di pasar Sumatra dan Kalimantan, kini Kanzen mulai memasang kuda-kuda merangsek pasar Jawa dan Bali. Cuma, Semesta Citra Motorindo tak berniat mengembangkan pasar di kawasan ini sendirian. Agar jaringan bisnisnya cepat berkembang, Semesta Citra menawarkan program kemitraan kepada masyarakat yang berminat.

Kemitraan yang ditawarkan Kanzen sebenarnya tak jauh berbeda dari yang sudah lebih dulu ditawarkan perusahaan sepeda motor Jepang. Kerja sama ini meliputi sales (penjualan sepeda motor), spare parts (suku cadang), dan servis; atau 3S. Singkat kata, Kanzen mengajak orang untuk membuka gerai yang berfungsi sebagai show room, toko onderdil, sekaligus bengkel resmi Kanzen.

Modal awalnya sekitar Rp 35 juta

Untuk menjadi mitra Kanzen, ada sejumlah persyaratan yang harus Anda penuhi. Pertama, Anda harus memiliki tempat usaha; bisa beli atau sewa. Idealnya tempat usaha ini berukuran 4 x 10 meter atau 5 x 10 meter. “Calon mitra juga harus menandatangani surat pernyataan kesanggupan memenuhi ketentuan Kanzen,” imbuh Yayat Hidayat, After Sales Services Division Head PT Semesta Citra Motorindo.

Selanjutnya, seperti lazimnya usaha lain, Anda harus menyediakan modal awal berupa duit tunai. Untuk menjalankan bengkel dengan layanan 3S, modal yang Anda butuhkan sekitar Rp 77 juta. Dari modal ini, Rp 13 juta untuk membeli paket investasi dari Kanzen. Paket ini sudah mencakup papan nama, peralatan bengkel, satu buah back lift, instalasi pipa angin, dua set seragam mekanik, pelatihan untuk mekanik, dan juga program promosi awal.

Selain itu, Anda juga harus menyetorkan deposit sebesar 50% dari harga sepeda motor yang hendak Anda jual. Dengan asumsi penjualan 10 unit sepeda motor per bulan, Anda membutuhkan deposit sebesar Rp 42 juta.

Jika Anda belum mempunyai modal dan sumber daya yang cukup untuk melakukan 3S itu sekaligus, untuk tahap awal Anda bisa membuka bengkel servis dan berjualan suku cadang saja. Untuk itu Anda harus menyediakan modal awal sekitar Rp 35 juta. Dari jumlah itu, Rp 13 juta untuk membeli paket investasi Kanzen. Enaknya, kalau modal Anda tak sampai Rp 13 juta, Anda bisa mencicil paket investasi. “Bisa sampai 12 bulan tanpa bunga,” terang Yayat.

Nah, setelah semuanya siap, Anda tinggal menyiapkan dua tenaga mekanik, dan bengkel pun sudah bisa dibuka. Anda bisa mulai mengumpulkan keuntungan demi keuntungan dari jasa servis kepada para pemilik sepeda motor Kanzen. Ongkos servis ringan sepeda motor Kanzen adalah sekitar Rp 12.500 per unit, servis berat (turun mesin) sekitar Rp 75.000 per unit.

Selain itu, dari suku cadang, Anda juga bisa memperoleh margin keuntungan minimal 15%. Semua pendapatan ini bisa Anda kantongi sendiri karena pihak Kanzen tidak memungut bagi hasil.

Jumlah sepeda motor Kanzen masih terbatas

Cuma, agar usaha bengkel Anda berhasil, Anda harus memilih tempat yang benar-benar pas. Soalnya, selain dilarang menjual suku cadang merek lain, jumlah sepeda motor Kanzen yang berseliweran di jalan-jalan masih terbilang sedikit. Di seluruh Indonesia, populasi sepeda motor Kanzen baru sekitar 80.000 unit; jauh di bawah jumlah sepeda motor Jepang yang sudah mencapai jutaan unit.

Kondisi ini membuat peluang usaha bengkel Kanzen hanya menjanjikan di lokasi-lokasi tertentu. Jadi, pilihlah daerah yang populasi Kanzen-nya cukup banyak tapi bengkel resminya masih terbatas. Oh, ya, selama ini sepeda motor Kanzen cukup banyak dipasarkan lewat sistem kerja sama dengan sebuah instansi, perusahaan, atau suatu kelompok. Nah, di wilayah kelompok atau instansi itu berada adalah kantong-kantong pasar yang potensial bagi usaha bengkel resmi Kanzen.

Contohnya, daerah Cianjur, Jawa Barat. Beteng bilang, di daerah ini pertumbuhan pasar Kanzen memang sangat subur. “Dalam tiga bulan terakhir kami menjual 1.200 unit Kanzen di situ,” ujarnya. Sementara itu, jumlah bengkel Kanzen di Cianjur baru ada lima bengkel. Akibatnya, mereka kewalahan melayani konsumen.

Daerah Jakarta dan sekitarnya juga masih menyimpan peluang. Di kawasan ibu kota ini jumlah sepeda motor Kanzen sudah mencapai sekitar 10.000, padahal jumlah bengkelnya paling pol 15 bengkel. Jika Semesta Citra berhasil memperluas pasarnya di Jawa dan Bali, tentu saja bengkel-bengkel resmi Kanzen akan semakin dibutuhkan.

Nah, jika lokasi bengkel oke, Anda boleh berharap seluruh modal akan balik dalam waktu lebih sedikit dari setahun. Anda pun bakal menyusul sukses beberapa mitra Kanzen. Heri Nurdi, misalnya, berhasil menjadi main dealer Kanzen di wilayah sekitar Lampung. Kini, ia sudah memiliki 16 cabang (dealer) dan delapan sub-dealer. “Tahun depan, insya Allah, sub-dealer kami akan menjadi 16,” ujar Heri.

Sukses serupa juga dikecap Henry Soewandi, yang mengembangkan jaringan bisnis Kanzen di Pekan Baru. “Bengkel kami saat ini sudah menangani sekitar 60 sepeda motor per hari,” ujar Henry.

Cuma, pertimbangkan masak-masak sebelum Anda mencoba peruntungan di bisnis sepeda motor Kanzen ini. Pasalnya, Anda akan menghadapi persaingan yang sengit. Tak hanya dari sesama bengkel resmi Kanzen, tapi juga dari ratusan bengkel partikelir di sekitar Anda. Asal tahu saja, mereka tentu tidak mengharamkan sepeda motor Kanzen menjadi pelanggannya.

Pastikan juga prospek usaha bengkel Kanzen di wilayah Anda memang lebih baik dibandingkan dengan prospek usaha bengkel-bengkel lain. Sekadar mengingatkan, dengan modal Rp 35 juta itu, Anda juga sudah bisa membuka bengkel partikelir berukuran lumayan. Dan, bengkel partikelir memiliki pasar yang lebih luas karena bisa menerima pasien dari semua merek sepeda motor.

Cipta Wahyana, Agung Ardyatmo, Harris Hadinata

Entry filed under: Bisnis. Tags: , , , , , .

Peluang waralaba kedai kopi Gloria Jeans Coffees Prediksi EURO 2008

14 Komentar Add your own

  • 1. DODDY RACHMAT DJATNIKA  |  Juli 7, 2008 pukul 8:53 am

    SAYA ADA TEMPAT RUKO DI PINGGIR JALAN RAYA DAERAH SADANG DAN DI DAERAH CILAMAYA (PASAR GEMPOL) KARAWANG APAKAH DI DAERAH TERSEBUT SDH ADA DEALER KANZEN?

    Balas
  • 2. DODDY RACHMAT DJATNIKA  |  Juli 7, 2008 pukul 8:55 am

    SAYA MEMILIKI RUKO DI PURWAKARTA (SADANG) DAN CILAMAYA (PASAR GEMPOL) KARAWANG, APAKAH DIADERAH TERSEBUT SUDAH ADA DEALER KANZEN?

    Balas
  • 3. novitra  |  September 16, 2008 pukul 8:29 am

    saya ada ruko ukuran 4,5 x 12 m di jalan gajah mada padang, apakah memenuhi syarat untuk dealir kanzen

    Balas
  • 4. gerson pardede  |  Oktober 5, 2008 pukul 11:01 am

    saya ingin bekerjasama sebagai sub dealer Kanzen di Palembang.
    Jika Anda berminat bekerjasama dengan saya, hubungi saya ke
    e-mail peewee_girlz2002@yahoo.com
    atau, hubungi ke nomor 085268000798

    Balas
  • 5. TAHIR  |  Oktober 6, 2008 pukul 8:55 am

    sAYA MEMPUNYAI RUKO UKURAN 4.5X18 DI JALAN IMAMBONJOL 541 DENPASAR BALI. DAN SAYA JUGA MANTAN KARYAWAN TOYOTA ASTRA MOTOR. BAGAIMANA PELUANG MOTOR KANZEN DI DENPASAR BALI ?

    Balas
  • 6. erdy  |  Oktober 28, 2008 pukul 4:05 pm

    Salam kenal,

    Saya memiliki bengkel, bagaimana caranya untuk menjadi mitra bengkel motor kanzen?
    Terimakasih sebelumnya.

    Balas
  • 7. ferdy cunong  |  November 3, 2008 pukul 11:57 pm

    Saya sgt tertarik usaha bisnis bengkel dan spart kanzen di Pekanbaru, bagaimana syarat2 menjadi partner bisnis dan kepada siapa harus kami hubungi ? apakah ada alamat dan nomor telp, PIC yang bisa saya kontak ?
    Salam hangat,
    Ferdy Cunong
    Telp. 076191119, & HP. 08127572001

    Balas
  • 8. budiada  |  November 9, 2008 pukul 2:41 am

    apa syarat untuk menjadi main dealer sepeda motor kanzen.
    terima kasih.

    Balas
  • 9. puan  |  Desember 14, 2008 pukul 12:36 pm

    makci tas infon ye

    Balas
  • 10. afwanbasril  |  Desember 14, 2008 pukul 12:37 pm

    ntar qw coba dh

    Balas
  • 11. rudi  |  April 23, 2009 pukul 10:47 am

    saya punya tempat di tengah kota surakarta sangat cocok untuk jual motor.dan belakang untuk mendirikan bengkel cukup luaskendalanya tidak punya modal.kjra kira solusinya gimana ya?.

    Balas
  • 12. Rizal  |  Mei 21, 2009 pukul 4:26 am

    saya juga mau, siapa yang bisa dihubungi? Hp saya 08159787400. thanks Rizal

    Balas
  • 13. Muhammad Azwar  |  Juli 14, 2011 pukul 4:13 am

    Gimana kalo buka dealer di Sulawesi Barat? kebetulan saya ada tempat nih…

    Balas
  • 14. Muhammad Azwar  |  Juli 14, 2011 pukul 4:15 am

    DiSulawesi Barat tuh masih didominasi motor-motor Jepang tapi motor buatan China dah mulai masuk juga tuh…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Juni 2008
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Kategori

Add to Technorati Favorites