Hand in Hand Dalam Perjalanan

September 24, 2013 at 10:56 pm Tinggalkan komentar

Kapal kami berjalan perlahan untuk merapat ke dermaga kampung Komodo. Di seberang sudah terlihat anak-anak kecil mulai berlarian menyambut kami. Setelah berhasil menuruni kapal kami mulai berbaur dengan mereka. Anak-anak kecil dengan wajah polos dengan senyum bahagia tanpa prasangka. Kami kemudian berjalan bergandengan bersama mereka melewati dermaga dan jalanan yang berdebu menuju ke sebuah komplek sekolah yang ada di kampung ini.

Tujuan kami datang ke sekolah ini adalah untuk berbagi, mendonasikan buku bacaaan yang sengaja kami bawa untuk Taman Bacaan Pelangi yang berlokasi di sini. Masing-masing dari kami sebelumnya sudah di wajibkan membawa minimal lima buah buku untuk di sumbangkan.

Setelah sampai di sekolah mereka di kumpulkan untuk kemudian bersama kami menyanyikan Indonesia Raya dan beberapa lagu nasional lainnya. Ketika kami mulai membagikan buku mereka dengan semangat mulai berebut untuk mendapat kesempatan pertama membacanya, benar-benar suasana yang mengharukan, membuat saya sekuat tenaga menahan jatuhnya tetesan airmata saya.

Video Indonesia Raya di nyanyikan oleh anak-anak Kampung Komodo

Penyerahan Donasi Buku

Penyerahan Donasi Buku

Berebut untuk pertama membaca buku

Berebut untuk pertama membaca buku

Bergembira bersama mereka

Bergembira bersama mereka

Dengan kesadaran sendiri mereka mulai membagi buku dari kami dan membuat giliran untuk urutan membacanya. Buku berhasil membuat kami dan anak-anak tersebut bahagia. Kemudian kami berjalan mengelilingi kampung Komodo bersama mereka dan ketika akan berpisah, mereka tetap mengantarkan dengan lambaian tangan dan senyuman.

Perpisahan kami di iringi dengan lambaian tangan dan senyuman

Perpisahan kami di iringi dengan lambaian tangan dan senyuman

Pengalaman berbagi yang kedua masih dengan anak-anak kecil ketika saya berada di Pulau Derawan, bukan buku atau pakaian yang kami sumbangkan tetapi hanya permen, camilan dan pensil yang kami bagikan untuk anak-anak di sekitar penginapan.

Anak-anak pulau Derawan

Anak-anak pulau Derawan

Rasulullah Muhammad SAW juga pernah bersabda, “Senyum kalian bagi saudaranya adalah sedekah, beramar ma’ruf dan nahi munkar yang kalian lakukan untuk saudaranya juga sedekah, dan kalian menunjukkan jalan bagi seseorang yang tersesat juga sedekah.”(HR. Tirmizi dan Abu Dzar).

Rasulullah SAW bersabda, “Kamu menyingkirkan batu, duri dan tulang dari tengah jalan itu adalah sedekah bagimu”(HR. Bukhari).

Berbagi tidak melulu tentang uang. Buku, permen, camilan, pensil adalah hal kecil yang dapat kita bagi selama dalam perjalanan. Hal lain yang dapat kita lakukan adalah dengan menunjukkan arah ke sesama pejalan, menyingkirkan rintangan di jalan dan yang paling mudah dan murah adalah berbagi senyuman.

Berbagi membuat sebuah perjalanan menjadi punya cerita yang lain, sebuah cerita yang membekas di hati. Berbagi membawa bahagia di kedua sisi, penerima dan pemberi.

Hand in Hand Tango untuk Nias

Nias sebuah daerah kepulauan di Sumatera Utara yang memiliki alam yang indah, pantai dengan ombak tinggi yang terkenal sampai mancanegara dan merupakan kegemaran peselancar. Daerah yang juga kaya dengan budaya, lompat batu salah satunya.

Sayangnya di daerah ini keindahan alam dan kemiskinan masih setia bersanding mesra. Tango sejak tahun 2010 sudah peduli dengan memulai aksi berbagi melalui program Tango Peduli Gizi Anak Indonesia (TPGAI).

Tahun 2103 ini Tango kembali mengajak kita peduli dengan mengadakan program Tango Hand in Hand. Tujuan dari program ini adalah untuk mengukir senyum di wajah anak Indonesia, khususnya mereka yang berada di Nias. Kita tidak perlu datang ke Nias untuk berbagi, cukup kita datang atau kirimkan buku atau mainan yang akan kamu sumbangkan ke Gedung Orang Tua, Lingkar Luar Barat kav. 35- 36, Jakarta Barat atau kantor Female Daily Network di Kemang Raya No. 2, Jakarta Selatan, gampang kan?

Silikan di tonton video dibawah ini untuk memperjelas program berbagi Tango Hand in Hand

Jadi mari bersama-sama kita sumbangkan buku & mainan layak pakai yang kita punyai, agar kita dapat terus melihat senyuman di wajah anak-anak Indonesia. Together, make them smile in a simple way.

Orang yang mengusahakan bantuan (pertolongan) bagi janda dan orang miskin ibarat berjihad di jalan Allah dan ibarat orang shalat malam. Ia tidak merasa lelah dan ia juga ibarat orang berpuasa yang tidak pernah berbuka. (HR. Bukhari)

Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sodaqoh. (HR. Al-Baihaqi)

Barangsiapa ingin doanya terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya hendaklah dia mengatasi (menyelesaikan) kesulitan orang lain. (HR. Ahmad)

Berbagi tidak akan membuat kontroversi hati apalagi labil ekonomi dan mengkudeta statusisasi kemakmuran kita tapi Berbagi bikin hepi!

Sumber: 1100 Hadits Terpilih (Sinar Ajaran Muhammad) – Dr. Muhammad Faiz Almath – Gema Insani Press

Foto dan Video: Dokumentasi pribadi dan Sahabat selama perjalanan.

Catatan: Tulisan ini berhasil menjadi salah satu finalis kompetisi menulis Hand in Hand Wafer Tango

Entry filed under: traveling. Tags: , .

Sepakbola Van Belanda Borobudur Mahakarya Arsitektur Para Leluhur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

September 2013
S S R K J S M
« Mei   Okt »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Kategori

Add to Technorati Favorites