15 taon dah jadi Mahasiswa

Agustus 24, 2008 at 12:29 am 2 komentar

temans gw nemu artikel menarik dari SINI mengenai mahasiswa termuda yang kuliah di UGM

USIA 15 TAHUN JADI MAHASISWA UGM ; Noor Akselerasi Sejak SD
21/08/2008 05:37:14

Lima minggu yang lalu, tepatnya 14 Juli 2008 usia Noor Afif Mahmudah genap 15 tahun. Itu artinya dialah mahasiswa termuda tahun 2008 ini, karena Wahib yang disebut-sebut sebagai mahasiswa termuda usia 14 tahun ternyata salah dalam memasukkan data ke dalam profil mahasiswa, sehingga klaimnya sebagai mahasiswa termuda gugur.

Dengan sendirinya nama Noor Afif Mahmudah, disebut-sebut sebagai mahasiswa UGM termuda saat ini. Lulusan SMA Negeri 3 Yogyakarta ini mengikuti Pelatihan Pembelajaran Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB), setelah diterima di Program Studi Pendidikan Dokter di Fakultas Kedokteran (FK) UGM dan berbaur dengan teman-temannya yang usia lebih tua 2-3 tahun.

”Pada awalnya saya canggung berbaur, tetapi sesudah mulai berkenalan dengan teman-teman seangkatan, rasa canggung itu akhirnya hilang dengan sendirinya. Saya bisa berkomunikasi dengan baik. Saya merasa lucu ketika beberapa mahasiswa lain memanggil dengan sebutan ‘adik’,” ujar Afif, salah satu dari 5 mahasiswa termuda yang diterima UGM untuk tahun ajaran 2008/2009.

Diterimanya lulusan akselerasi SMAN 3 Yogyakarta di UGM ini bisa dianggap cukup istimewa. Karena di usianya yang mestinya masih duduk dibangku kelas X SMA sudah mengikuti pendidikan tinggi yang rata-rata termuda usia di atas 17 tahun. Dilahirkan di Yogyakarta, 14 Juli 1993, putri bungsu dari pasangan dr Akmad Mahmudi dan dr Andanuriati tersebut memang mengikuti percepatan pembelajaran di sekolah.

”Program akselerasi ini saya ikuti sejak di SD Muhammadiyah Sapen dan pada waktu itu saya hanya menempuh pendidikan selama lima tahun tanpa mengikuti kegiatan belajar di kelas V. Ketika masuk ke SMP Muhammadiyah Yogya, kembali mengikuti program akselerasi dan cukup belajar dua tahun untuk lulus dengan nilai Ujian Nasional (UN) 28,67,” ujarnya.

Begitu pula saat diterima di SMAN 3 Yogya, Afif tak memerlukan waktu yang lama untuk bisa lulus dari kelas IPA dan meraih nilai UN 44,6 saat usianya baru mencapai 14 tahun. Ketika UGM membuka program penerimaan mahasiswa baru lewat jalur Penelusuran Bibit Swadana (PBS), Afif pun tak menyia-nyiakan kesempatan itu untuk memilih Prodi Pendidikan Dokter di FK UGM.

”Belajarnya, ya biasa seperti lainnya, yang penting menikmatinya meski kadang juga merasa bosan dan keteteran karena harus memadatkan materi belajar,” ujar Afif kepada wartawan di UGM, Rabu (20 / 8) yang punya hobi baca komik ini diterima setelah mengikuti tes bakat skolastik di fakultas.

Keikutsertaan dalam program akselerasi itu memang diniati Afif sejak kecil, selain untuk kebanggaan kedua orangtuanya seperti yang dilakukan oleh kakak-kakaknya yang juga mengikuti program serupa. Dipilihnya prodi Pendidikan Dokter karena Afif ingin menolong orang lain yang membutuhkan. Bahkan bila memungkinkan, Afif ingin mengabdikan diri menjadi dokter di daerah-daerah pelosok.

Di daerah yang terpencil masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan layanan kesehatan yang layak jadi Afif ingin menolong mereka. Afif mempunyai cita-cita meneruskan pendidikan S-2 di luar negeri. Meski sudah mahasiswa, tetapi saat ini Afif masih enggan pacaran dan ingin belajar secara optimal selama lima tahun ke depan.

Entry filed under: news. Tags: , , , , , .

Paman Sam yang selalu pengen menang Blogkage updates week 3 August 2008

2 Komentar Add your own

  • 1. wox  |  Agustus 26, 2008 pukul 4:55 am

    kayanya sih keren, tapi kasian anaknya… masa muda yng menyenangkan ilang… hihihihi..

    Balas
  • 2. Yudhi  |  Agustus 28, 2008 pukul 7:47 pm

    Hebat banget, jarang yg bisa gitu

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Agustus 2008
S S R K J S M
« Jul   Sep »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Kategori

Add to Technorati Favorites