Borobudur Trip

Agustus 21, 2008 at 12:05 am 11 komentar

Temans posting kali ini gw mo cerita pengalaman gw kemaren ke candi Borobudur dengan memakai bus, kenapa memakai bus ? karena gw mo coba ke borobudur memakai alat transportasi yang massal dan supaya ada pengalaman baru yang gw dapat dan bisa gw share ke temans semua hehehehe

Gw cabut dari rumah jam 7.45-an, gw cuma bawa bekal 1 botol pocari sweat yang gw refill dengan aer aqua galonan dari rumah, jalan kaki bentar ke halte Transjogja, trus gw beli beli tiketnya 3 ribu, rencana-nya gw mo naek yang jalur 2A menuju arah terminal Jombor, Setelah bus yang gw tunggu datang gw masuk dan mo poto2, gak taunya batre camdig gw ketinggalan di rumah, ya udah gw keluar lagi dari bus, dan gw telpon adek gw buat nganterin batre-nya, abis masalah batre beres gw tunggu lagi bus 2A dan gw berangkat jam 8 pagi, lama perjalanan dari halte gedongkuning menuju terminal jombor sekitar 1 jam-an.

Turun dari halte Jombor gw nanya sama mas yang jaga halte untuk cari tahu bus yang ke borobudur, dia bilang ada 3 bus yang ke sono, Cemara Tunggal, Ragil Kuning dan Gading Endah. Pas gw turun yang lagi ngetem adalah Ragil Kuning, langsung aja gw masuk, Jombor – Borobudur kena charge 10 ribu, sebelum sampe Borobudur bus ngetem lagi di terminal Muntilan. Abis ngetem baru lanjut ke Terminal Borobudur. Lama perjalanan Jombor – borobudur sekitar 1 jam juga.

Turun dari bus, elu ada 3 pilihan transportasi buat ke Candi Borobudur, Jalan Kaki ongkosnya gratis, naek becak 5 ribu, naek andong/dokar 5 ribu. gw sendiri ambil opsi becak. Nah sebelum sampe candi, kalo elu mo beli ransum, semisal makanan kecil maupun minuman sebaiknya lu beli di alfamart ato indomaret yang ada di jalan menuju candi, makanan dan minuman yang di jual di kedua minimarket tersebut harganya masih harga normal hehehehe

Untuk tiket masuk Borobudur kena 9 ribu, bawa kamera SLR ato DSLR kena tambahan 1 ribu, pocket camera free of charge, dari loket menuju candi lumayan jauh juga jalannya, abis itu elu bisa poto-poto, meditasi, FYI kemaren ada juga yang melakukan meditasi di sana secara berkelompok. Puas menikmati keindahan candi elu bisa turun dan lanjut untuk menikmati museum yang ada, yang kena bayar lagi cuma museum langka dan unik, bayar 3 ribu, dulunya museum ini merupakan museum MURI tapi karena dah abis kontraknya akhirnya berganti nama menjadi Museum Langka dan Unik.

Mendekati pintu keluar, elu bakal di serbu oleh para pedagang asongan yang menjajakan sovenir, begitu juga jalan menuju pintu keluar kawasan candi, menurut gw penataan pedagang di sini masih terkesan kumuh dan kurang menarik. Gw sendiri beli cobek batu pesenan nyokap gw hehehehe

Untuk menuju ke terminal Borobudur kali ini gw ambil opsi buat naek andong/dokar. Langsung masuk terminal dan naek bus Cemara Tunggal, seperti perjalanan sebelumnya, bus akan ngetem dulu di terminal Muntilan. Perjalanan Pulang-nya lebih lambat dan penumpang juga penuh sesak. Gw yang turun di terminal Jombor juga di turunin di perempatan pas lampu merah, bus-nya kagak masuk terminal, terpaksa gw jalan kaki untuk masuk terminal. Dari Jombor gw naek bus Transjogja jurusan 2A menuju halte gedongkuning.

Total Biaya :

Transjogja PP : 6 ribu
Bus Jogja Borobudur PP : 20 ribu
Becak : 5 ribu
Andong : 5 ribu
Tiket masuk : 9 ribu
Minuman Botol : 3,3 ribu
Cobek : 20 ribu

Entry filed under: news. Tags: , , , , , , , , , , .

Bayar pajak STNK Bayaran PTC

11 Komentar Add your own

  • 1. bli gede  |  Februari 20, 2009 pukul 12:03 pm

    wah maknyus nieh infonya…

    matur nuwun kang mas…

    Balas
    • 2. blogkage  |  Februari 20, 2009 pukul 1:05 pm

      sama-sama bli

      Balas
  • 3. Sudani  |  Februari 23, 2009 pukul 11:18 am

    mas, ada info jadwal jam berangkat dan bus pulang terakhir g? mastiin aja biar gak ketinggalan, soalnya g tau daerah yogya tapi pengennya ngeteng aja.. hehe.. mohon infonya

    Balas
    • 4. blogkage  |  Februari 24, 2009 pukul 12:03 am

      @sudani
      untuk bus jogja -brorobudur sy ndak tahu jadwalnya, bisa ditanyakan langsung ke terminal jombor
      sedangkan untuk transjogja kalo gak salah jam 9 malem

      Balas
  • 5. mad  |  April 19, 2009 pukul 7:28 am

    mas,klo dari stasiun lmpyangan mo naik transjogja bgimana ya mohon infonya

    Balas
  • 6. Mochamad Rizki  |  Mei 11, 2009 pukul 5:18 am

    Mantep nih infonya.. thanks bro

    Balas
  • 7. erikman  |  Juni 9, 2009 pukul 2:19 am

    wah, nice info nih.

    Kemarin gue jogja dan mau ke borobudur dengan adanya info ini gue gak kebingungan. Thanks a lot.

    Balas
  • 8. Paul  |  Juli 5, 2009 pukul 3:48 am

    makasih yak infonya hehehe

    Balas
  • 9. Paul  |  Juli 5, 2009 pukul 4:12 am

    boleh tau nggak durasi perjalanannya itu berapa lama yak?? thx

    Balas
  • 10. aidha  |  September 27, 2011 pukul 9:53 am

    Infonya keren mas!

    Balas
  • […] 1 2 3 […]

    Balas

Tinggalkan Balasan

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Agustus 2008
S S R K J S M
« Jul   Sep »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Kategori

Add to Technorati Favorites