Lalu apa tuan ?

Juli 20, 2008 at 12:04 am 1 komentar

Cerita berikut gw dapet dari buku 4 hours workweek-nya Tim Ferris

Seorang pebisnis dari Amerika Serikat berlibur ke sebuah desa kecil di pantai Mexico atas perintah sang dokter. Karena tidak bisa tidur setelah menerima telpon mendesak dari kantor pada hari pertama dia berlibur, ia berjalan menuju dermaga untuk menjernihkan pikirannya.Sebuah perahu kecil dengan seorang nelayan di atasnya baru saja merapatm dan di dalam perahunya terdapat beberapa ekor ikan tuna besar bersirip kuning. Sang warga Amerika memuji nelayan tersebut atas kwalitas ikan hasil tangkapannya.

“Berapa lama waktu yang anda butuhkan untuk menangkapnya ?” Tanya sang warga Amerika

“Hanya sebentar”, jawab si nelayan

“Mengapa anda tidak menunggu lebih lama sehingga bisa menangkap lebih banyak ikan ?”

“Ini saja sudah cukup untuk nafkah keluarga saya serta untuk dibagikan kepada teman-teman” demikian jawab si nelayan sambil memasukkan ikan-ikan hasil tangkapannya ke dalam keranjang.

“Lalu…apa yang anda lakukan dengan sisa waktu Anda ?”

Nelayan tersebut menjawab dengan tersenyum. “ Saya bangun siang, memancing sedikit, bermain dengan anak-anak, tidur siang bersama istri saya Julia, lalu jalan-jalan ke desa setiap sorenya, di mana saya bisa menghirup anggur dan bermain gitar bersama sahabat-sahabat saya. Kehidupan saya sudah penuh dan sibuk, tuan.”

Warga Amerika tersebut tertawa lalu berdiri tegap. “ Tuan, saya ini MBA lulusan Harvard, dan saya sanggup menolong Anda. Seharusnya Anda melewatkan waktu lebih banyak untuk menangkap ikan, dan dengan hasilnya nanti, membeli perahu yang lebih besar. Dalam waktu singkat, Anda akan sanggup membeli beberapa perahu dengan begitu hasil tangkapan Anda akan lebih banyak lagi. Pada akhirnya Anda akan memiliki bebrapa armada perahu untuk menangkap ikan.”

Ia melanjutkan, “ Bukannya menjual ikan hasil tangkapan Anda kepada seorang makelar, Anda akan menjualnya langsung kepada para konsumen, hingga pada akhirnya anda membuka bisnis pengalengan ikan Anda sendiri. Anda akan mengendalikan produknya, pemrosesannya, serta pendistribusiannya. Tentu mau tidak mau, Anda harus meninggalkan desa nelayan ini, pindah ke Mexico city, lalu ke Los Angeles, dan pada akhirnya ke New York City, di mana Anda bisa mengelola bisnis Anda yang berkembang dengan manajemen yang handal.”

Nelayan tersebut kemudian bertanya,”Namun Tuan, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai semua itu?”

Yang langsung dijawab oleh sang warga Amerika, “ 15 hingga 20 tahun. Maksimal 25 tahun.”

“Lalu apa, tuan ?”

Sang Amerika tertawa dan menjawab “Itu dia yang paling mengasyikkan. Ketika saatnya tepat, Anda akan mengumumkan Penawaran saham perdana [IPO] dan menjual saham perusahaan Anda kepada publik sehingga Anda menjadi sangat kaya. Anda akan meraih jutaan dollar.”

“Jutaan tuan ? Lalu apa ?”

“Lalu Anda akan pensiun dan pindah ke desa nelayan, di mana Anda akan bangun siang, memancing sedikit, bermain dengan ana-anak, tidur siang dengan istri Anda, dan jalan-jalan ke desa pada waktu sore di mana Anda bisa menghirup anggur dan bermain gitar bersama sahabat-sahabat Anda…”

Entry filed under: news. Tags: , .

Trick Entrecard Blogkage updates week 3 july 08

1 Komentar Add your own

  • 1. haninggard  |  Juli 22, 2008 pukul 3:12 pm

    hak-hak-hak… kok gw merasa tersindir

    sepi.. da malem.. masi di kantor..

    saat yang laen da nyenyak..

    kehidupan ga mudah, tapi sapa bilang hidup tu susah?tinggal jalanin dengan cara yang kita suka kan?mo kerja ya kerja.. mo bisnis ya bisnis.. mo tunggu warisan ya..kelaut aja ups… sorry.

    koment gw emang mungkin tujuan akhir hidup semua orang sama, cuman gimana kitanya aja suka seperti apa ngejalaninnya, inget prinsip hidup 30cm
    kaya penasehat KPR perbankannya newyork di metro tipi..
    kalo dikau da ngerasa ga nyaman dgn yang sekarang ya berubahlah, yang penting ambil tindakan, jangan menunggu alasan yang tepat buat berubah..
    …wiw… kok jadi panjang… da mo pagi, tapi tetep harus semangat
    salam

    tetep

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Juli 2008
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Kategori

Add to Technorati Favorites