Tawaran kerja sama usaha Salon Lellidewi

Mei 29, 2008 at 3:59 am 5 komentar

USAHA
Tabloid KONTAN No. 51, Tahun X, 25 September 2006

Laba Montok Salon Totok
Tawaran kerja sama usaha Salon Lellidewi

Dengan modal awal Rp 365 juta Anda bisa membuka gerai salon totok kecantikan Lellidewi. Hati-hati, investasi Anda bisa hancur bila tak pintar mengelola karyawan.

Ibu-ibu dan artis yang memuja kecantikan tubuh hampir pasti pernah mendengar nama Salon Lellidewi. Pasalnya, dikalangan mereka, salon yang memiliki nama lengkap Lellidewi Pangudhi Salira House of Beauty & Wellness ini memang lumayan terkenal. Gerainya juga tersebar dibeberapa kota seperti Bandung (kantor pusat), Jakarta, Bogor, dan Yogyakarta.

Salon Lellidewi, yang beroperasi sejak 1989, bukanlah salon kecantikan biasa. Selain perawatan kecantikan standar, seperti lulur dan massage, salon ini menawarkan satu model perawatan yang unik, yakni: totok. “Kita memberikan tekanan-tekanan ringan ke anggota tubuh dengan menggunakan tenaga dalam,” terang Lellidewi Kusumohandoyo, pendiri Salon Lellidewi. Dengan cara itu, kata Lelli, ia bisa membuang aura negatif dan melancarkan metabolisme tubuh para pelanggannya. “Konsumen akan awet muda dan inner beauty-nya keluar,” kata Lelli berpromosi.

Salon Lellidewi mengemas jasa totok itu ke dalam berbagai jenis paket perawatan. Ada totok wajah, rambut, tubuh (pelangsing), payudara, dan bahkan totok vagina. Tarifnya tentu saja berbeda-beda. Misalnya, untuk totok wajah selama 45 menit, Lellidewi memasang tarif Rp 70.000. Adapun tarif totok payudara adalah Rp 40.000 per 20 menit. Tarif yang paling mahal adalah totok vagina yang mencapai Rp 100.000 per 25 menit.

Selain perawatan dengan metode totok, Lellidewi juga memproduksi dan menjual berbagai produk perawatan kecantikan seperti pembersih, tonic, masker, skin food, avocado oil, dan masih banyak lagi. “Produk-produk kita menggunakan bahan alami, lo,” ujar Lelli lagi.

Dengan paket perawatan dan produk yang lengkap seperti itu, tak perlu heran jika Salon Lellidewi memiliki cukup banyak pelanggan. Mereka datang dari kalangan anak muda, tante-tante, ibu-ibu, sampai kalangan artis. Dus, tak perlu kaget jika pada tahun 1996 gerai Lellidewi sempat mencapai 11 buah. Cuma, Lelli kemudian memutus kerja samanya dengan enam mitra Salon Lellidewi lantaran mereka melanggar kontrak.

Belajar dari pengalaman itu, Lelli kembali menawarkan kerja sama usaha Salon Lellidewi dengan persyaratan yang lebih ketat. “Sekarang saya akan membuat (perjanjian) kerja sama tertulis di depan notaris,” tegas Lelli.

Karyawan adalah investasi Anda

Jika Anda tertarik menjadi mitra usaha Salon Lellidewi, ada banyak hal yang harus Anda persiapkan. Langkah pertama, Anda harus mempersiapkan tempat untuk membuka gerai salon tersebut. Jika bangunan itu berupa rumah satu lantai, yang ideal luasnya adalah 400 m2. Pilihan lain adalah ruko tiga lantai; dengan luas setiap lantainya sekitar 150 m2.

Cuma, ruko sebesar itu tentu saja lumayan mahal biaya sewanya. Sebagai patokan, kita bisa melihat gerai Salon Lellidewi milik Andianisari. Untuk menyewa ruko tiga lantai di Kompleks Bina Marga, Bogor, Andiani harus merogoh duit hingga Rp 70 juta per tahun.

Langkah berikutnya adalah merenovasi bakal gerai salon tersebut. Lelli telah menetapkan standar khusus. Bangunan atau rumah itu harus berpenampilan layaknya rumah tradisional. Karenanya, gerai Lellidewi harus memiliki banyak ukiran kayu. “Warnanya juga harus didominasi warna hijau, merah, dan emas,” ujar Lelli lagi.

Perlengkapan-perlengkapan salon pun tak boleh dilupakan. Anda harus menyediakan tempat tidur, kemben, seprei, selimut, alat kaki, alas kepala, steamer uap, bathtub untuk aroma terapi, kursi untuk ratus vagina, alat fibrasi pengangkat jerawat, pengering rambut, dan segala pernak-pernik lainnya. Jumlah tempat tidurnya minimal 10 buah. Adapun peralatan-peralatan lainnya minimal harus disediakan sebanyak tiga set.

Biaya renovasi dan pengadaan perlengkapan-perlengkapan itu tentu saja sangat mahal. Berdasarkan pengalaman Andiani, ia mengeluarkan dana hingga sekitar Rp 100 juta. “Itu dari ruko yang benar-benar kosong, ya,” ujarnya.

Tempat sudah, perlengkapan juga sudah siap; apa lagi? Nah, ini yang paling penting: Anda harus merekrut karyawan untuk dipersiapkan menjadi penotok, pemijat (massage) wajah, pemijat kaki, dan pemijat lulur. Untuk masing-masing bidang keahlian itu, Anda harus menyediakan tiga orang. Jadi, semuanya perlu 12 orang.

Pelatihan untuk semua calon karyawan itu akan diselenggarakan oleh Lellidewi. Pelatihannya sangat cepat, hanya perlu setengah hari saja. Cuma, sekali lagi, biaya pelatihan itu tak bisa dikatakan murah. Anda harus membayar Rp 75 juta untuk memperoleh paket pelatihan bagi 12 karyawan itu. Karena investasi pelatihan ini mahal, Anda harus benar-benar selektif dalam memilih calon karyawan. Jangan sampai si karyawan keluar di tengah jalan ketika usaha Anda baru seumur jagung. Kalau perlu, bikinlah semacam kontrak kerja dengan mereka.

Iuran royalti dibayar di depan

Sampai di sini, jika dihitung-hitung; Anda harus memiliki dana sekitar Rp 245 juta untuk bisa memulai bisnis Salon Lellidewi. Selain itu, Anda masih harus membeli persediaan awal produk-produk kecantikan. Idealnya, sih, Anda memiliki persediaan awal senilai Rp 50 juta. “Tapi, untuk tahap awal, Rp 20 juta sudah cukup,” kata Lelli.

Itu belum semua. Lellidewi juga memungut royalty fee di muka sebesar Rp 100 juta; untuk jangka waktu lima tahun. Jadi, total jenderal, Anda harus menyediakan dana sekitar Rp 365 juta untuk bisa membuka gerai Salon Lellidewi.

Oh, ya, pola pembayaran royalty fee yang harus dilakukan di depan ini terbilang rada aneh. Pasalnya, dalam skema waralaba, yang harus dibayarkan di depan biasanya adalah franchise fee. Adapun royalty fee dipungut dari persentase omzet bulanan terwaralaba (franchisee).

Cuma, agaknya, Lelli memang ingin mencoba pola yang berbeda. Ia tidak memungut semacam franchisee fee di muka; dan sebagai gantinya ia justru meminta setoran royalty fee di awal. “Itu biaya karena mereka telah memakai merek atau brand image kita,” ujar Lelli.

Karena Lellidewi telah memungut royalty fee di depan, Anda tak harus menyetorkan royalty fee lagi setiap bulannya. Anda bisa mengantongi semua pendapatan yang Anda peroleh dari jasa perawatan maupun totok. Sudah begitu, Anda juga masih bisa mengantongi keuntungan dari produk-produk kecantikan yang berhasil Anda jual. “Margin keuntungannya rata-rata 15%-20%,” terang Andiani. Dengan skema seperti itu, saat ini, Andiani mengaku bisa mengantongi omzet sekitar Rp 100 juta per bulan.

Nah, sekarang Anda tinggal menimbang-imbang apakah Anda sreg dengan skema kerja sama seperti itu. Sistem pembayaran royalty fee di awal memang ada plus-minusnya bagi calon mitra Lellidewi. Kekurangannya, Anda harus mengeluarkan biaya yang besar di awal. Tapi, jika omzet bisnis Anda berkembang pesat, modal royalty fee segitu akan cepat kembali. Pasalnya, jika dihitung-hitung, Anda sebenarnya hanya membayar royalti sebesar Rp 1,7 juta per bulan, yakni Rp 100 juta dibagi 60 bulan. Jika, dibandingkan dengan skema waralaba, skema Lellidewi ini juga lebih murah karena tidak memungut franchise fee yang biasanya sangat mahal.

Cipta Wahyana, Yuwono Tri

Tabel simulasi perhitungan bisa di donlod di SINI

Entry filed under: Bisnis. Tags: , , , , , .

Daftar Orang Terkaya di Indonesia Membandingkan tawaran dua waralaba kafe

5 Komentar Add your own

  • 1. kholik  |  Agustus 5, 2008 pukul 8:13 am

    Arsa EXotic Spa Product
    From the island of god, this is natural spa product that has come to define Bali as the centre of the holistic spa experience. Reflecting the scared balance of Balinese spices, we have sourced elements used in this product from the varied terrain of the island.

    arsa Exotic spa as a company which attempt spa product sector, among others
    – Message Oil
    – Essential Oil
    – Fragrance Oil
    – Bath, Body Scrub
    – Shampoo
    – Conditioner
    – Shower Gel (Bath Gel)
    – Bath Foam
    – Bath Oil
    – Hydrating Mist
    – Body Lotion
    – Body mask

    all of them are made from natural spices with hight quality and processed by people who really pay attention to hygienic.

    we expand the natural product which not change the natural characteristic of those species so they are scure for sensitive skin and secure to use in short term and long term.

    for view our product please visit http://www.arsahandicraft.wordpress.com
    for request price email to sales@arsahandicraft.com

    No limit capacities, and guarantee time schedule

    Balas
  • 2. evi  |  November 20, 2008 pukul 3:33 am

    saya tertarik dengan totok pelangsing, berapa persen bu tingkat keberhasilannya, karna saya sudah mencoba bermacam-macam obat tapi belum terlalu kelihatan hasilnya. trims

    Balas
  • 3. erna yuliana  |  Desember 1, 2008 pukul 4:44 am

    saya ingin totol menghilangkan aura negatif untuk memaksimalkan aura positif, sehingga segar tampaknya.
    dan ugin produk untuk pencerahan kulit, karena kulit saya tergolong putih akan tetapi putih pucat. saya sudah bayak minumm air putih dan penyuka buah dan sayur akan tetapi kuluit putih saya kusam, padahal saya tidak merokok dan bukan peminum, istirahat saya cukup 8 jam…
    mohon solusinya yaa…
    -trimkasih atar perhatiannya-\erna yuliana-SURABAYA

    Balas
  • 4. jakarta spa  |  Juli 3, 2009 pukul 5:03 am

    Lellidewi memang yahud, istriku dan ibunya adalah pelanggan tetap sejak 1999.
    Untuk informasi spa terbaik di jakarta, kunjungi juga Jakarta Spa. Blog portal yang membahas spa dan perawatan tradisional Indonesia.

    Salam, jakarta spa

    Balas
  • 5. Linda, dr  |  Januari 16, 2012 pukul 12:08 am

    halloo…salon lellidewi….ada minat untuk mengembangkan usahanya untuk diadakan tindakan medis? siapa tahu bisa menjadi daya tarik bisnis frenchise anda. soalnya, sekarang salon kecantikan harus bersaing jg dengan klinik kecantikan atau skincare. saya punya sistem tersebut. investasinya hanya 60 juta. BEP bulan ke-3. jadi nanti akan ada medical facial, chemical peeling, ganti kulit, krim-krim kecantikan dokter yang sudah memiliki no BPOM dan tidak dijual bebas, laser, galvanic, ozon, angkat tahi lalat, angkat kutil, menghilangkan flek, injeksi jerawat, akupunktur estetika utk obesitas, mengencangkan payudara, mengencangkan muka, dll yang berkaitan dengan medis dan di bawah pengawasan dokter. jika berminat, hubungi saya, dr. Linda di 021-28900501, email: jakbeauty168@gmail.com. salam

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Kategori

Add to Technorati Favorites