Mencicipi peluang kerja sama rumah makan Cibiuk

Mei 28, 2008 at 12:27 am 7 komentar

USAHA
Tabloid KONTAN No. 51, Tahun X, 25 September 2006

Pedas Sambalnya, Gurih Labanya
Mencicipi peluang kerja sama rumah makan Cibiuk

Rumah Makan Cibiuk membuka kesempatan kerja sama usaha dan waralaba. Asal bisnis berjalan normal, modal bisa kembali dalam satu tahun.

Membuka usaha rumah makan kelihatannya memang mudah. Tapi, jika tak punya resep andalan dan ciri khas, jangan harap akan berhasil. Pakem inilah yang diikuti Iyus Ruslan. Dengan mengusung resep khas sambal Cibiuk, ia mulai merintis Rumah Makan Cibiuk tujuh tahun silam di Garut, Jawa Barat.

Sambal yang merupakan makanan wajib warga Cibiuk-desa di Garut-itu ternyata berhasil memikat lidah para konsumen dari berbagai penjuru. Para pelanggan selalu ketagihan mencocolkan gurame goreng dan empal gepuk manis olahan Iyus di sambal Cibiuk. Walhasil, dalam waktu singkat, jaringan Rumah Makan Cibiuk telah berkembang menjadi 29 gerai. Selain di Garut, Cibiuk juga terdapat di Bandung, Tasikmalaya, Sukabumi, Indramayu, Bogor, Bekasi, dan Jakarta.

Anda tertarik untuk bergabung? Ada dua skema kerja sama yang ditawarkan Iyus; yaitu skema kemitraan dan skema waralaba. Jumlah Rumah Makan Cibiuk yang mengikuti skema kemitraan telah mencapai delapan buah; sementara yang menggunakan skema waralaba baru satu. Skema kemitraan cocok bagi Anda yang ingin berbisnis rumah makan secara pasif.

Kewajiban Anda hanya menyediakan tempat dan modal usaha. “Yang lainnya, semuanya akan kita urus,” tutur Iyus. Misalnya, seluruh karyawan yang berjumlah 15 orang akan disediakan oleh Iyus. Urusan manajemen rumah makan juga akan ditangani oleh tim Cibiuk pusat. Selanjutnya, setiap bulannya, si mitra tinggal menikmati bagi hasil dari pendapatan rumah makan Cibiuknya.

Ada garansi omzet minimal

Iyus menyediakan tiga pilihan tempat. Yakni, tipe food court, ruko, dan tipe rumah. Tempat ini bisa milik sendiri atau menyewa. Jika menyewa, tentu saja Anda harus mengalokasikan biaya sewa. Selain itu, Anda juga perlu menyediakan modal kerja untuk satu tahun ke depan. Menurut hitungan Iyus, total modal yang harus Anda sediakan sekitar Rp 150 juta. “Itu belum termasuk ongkos sewa,” ujarnya.

Uniknya, jika investor mau, Cibiuk memberikan garansi omzet minimal untuk investor yang memilih jalur kemitraan. Nilai garansi omzetnya adalah sama dengan biaya sewa bangunan yang dipakai. Jika tempatnya milik sendiri, investor tetap mendapatkan jaminan omzet sebesar harga sewa pasaran bangunan tersebut. Garansi ini diberikan, “Jika omzetnya kurang bagus,” terang Iyus.

Skema bagi hasil yang disediakan Cibiuk juga sangat tergantung dari ada-tidaknya garansi tersebut. Investor yang memakai jaminan hanya berhak atas bagi hasil 40% dari omzet; sementara yang tanpa jaminan bisa mendapatkan 60% dari omzet. Nah, kalau tidak cocok dengan skema ini, Anda bisa memilih skema waralaba.

Cuma, Anda harus membayar franchise fee antara Rp 30 juta hingga Rp 100 juta; tergantung dari tipe bangunannya. Selain itu, Anda juga harus menyediakan tenaga kerja sendiri dan langsung terjun mengelola rumah makan Cibiuk Anda. Tapi, jangan khawatir; sebelumnya Iyus akan mengadakan pelatihan untuk Anda dan karyawan Anda selama sebulan penuh.

Jika mengambil skema waralaba ini, Anda tak harus menyetorkan sebagian besar omzet Anda ke Cibiuk pusat. Pasalnya, Anda hanya perlu membayar royalty fee yang besarnya sekitar 4%-6% dari omzet bulanan.

Nah, jika bisnis berjalan normal, Iyus menghitung modal Anda yang sekitar Rp 150 juta tadi bisa kembali dalam tempo satu tahun. Syaratnya: Rumah Makan Cibiuk Anda harus bisa mengantongi omzet sekitar Rp 60 juta per bulan. Dari omzet segitu, Anda akan bisa mengantongi keuntungan bersih sekitar 20% atau Rp 12 juta.

Hitungan inilah yang mendorong Nana Heryana untuk membuka Warung Makan Cibiuk di kawasan Margonda, Depok, mulai bulan depan. Modal Rp 600 juta pun sudah ia gelontorkan. Dengan modal lokasi strategis dan nama besar Cibiuk, pria Sunda ini optimistis modalnya akan kembali dalam tempo satu tahun. Siapa menyusul?

Markus Sumartomdjon

Tabel simulasi perhitungan bisa di donlod di SINI

Entry filed under: Bisnis. Tags: , , , , , , , .

Sukses Ferry Mudjianto berbisnis konveksi Daftar Orang Terkaya di Indonesia

7 Komentar Add your own

  • 2. edison  |  Juli 4, 2008 pukul 1:38 pm

    ada

    Balas
  • 3. rian  |  Juni 26, 2009 pukul 12:24 pm

    Assalammu’alaikum Wr.Wb
    Kami mengundang para Mudharib/investor yg tertarik dalam usaha Rumah makan khususnya spesifik masakan padang untuk bekerjasama dengan kami yang telah berpengalaman mengelola restoran padang di berbagai wilayah di jobotabek seperti restoran Rindu alam Bandara Soekarno Hatta,Cargo,dll dengan relasi luas untuk layanan catering,untuk lebih jelasnya hubungi Bpk Rian HP: 081374517770

    Balas
  • 4. gusiful  |  Agustus 29, 2011 pukul 6:02 pm

    kami sedang berencana mengembangkan rumah makan di daerah cibubur jika bapak berminat silahkan hub 0813 4468 2244. sekaligus jika ada info lokasi dan tanah yang strategis untuk usaha rumah makan. trim gusiful

    Balas
  • 5. Budi m  |  Desember 31, 2011 pukul 10:11 am

    Sy amat tertarik dgn usaha kerjasama rumah mkn anda namun mohon maaf sy orng yg kecil modalnya yaaa sktr 40jtan akan tetapi sy jg orng yg tdk bs terjun langsung ddlm usaha tsb dkrnakan sy jg ada usaha jasa konveksi (cmt), kira untuk sprti sy ini jk menanamkan modal sy dapat masuk dlam golongan apa…? Trimakasih atas jwbnnya… Salam & smoga sukses slalu.

    Balas
  • 6. Drs.JAMALUDDIN,SE,MBA,MM,PhD  |  Januari 17, 2012 pukul 11:18 am

    Sy tertarik untk membuka di Aceh,mhn info lebh lanjut ke email atau 081269345678

    Balas
  • 7. Rhenisari  |  Januari 17, 2012 pukul 1:54 pm

    Jika sy tertarik untuk buka di mall / ruko syaratnya bgMna ? Tq

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Kategori

Add to Technorati Favorites