Menjajal tawaran waralaba salon kuku Meji Mejiku

April 23, 2008 at 12:10 am 5 komentar

WARALABA
Tabloid KONTAN No. 38, Tahun X, 26 Juni 2006

Untung Besar di Ujung Kuku
Menjajal tawaran waralaba salon kuku Meji Mejiku

Tren tato kuku alias nail painting mulai menjalar di Indonesia. Ini jelas peluang usaha yang lumayan menjanjikan. Maklum, peminatnya terus bertambah, sementara pemainnya masih sedikit. Salah satu jalan pintas masuk ke bisnis ini adalah lewat waralaba, seperti ditawarkan Meji Mejiku.

Tampil cantik, modis, bahkan unik, sudah menjadi gaya hidup masyarakat modern, apalagi yang tinggal dan bergaul di perkotaan. Demi penampilan, orang tak segan bergonta-ganti cat rambut sesuai warna pakaian atau mobil tunggangan, menghiasi gigi dengan behel, berlian, tato, atau menindik alis, lidah, bibir, serta bagian tubuh lainnya. Pokoknya, sekujur tubuh kudu dipermak, mulai dari ujung rambut hingga ujung kuku.

Bicara soal kuku, kini tak cukup lagi hanya medi-pedi atau diolesi kutek. Di pentas fashion dunia, mulai ngetren nail painting alias tato kuku. Bagian ujung jari-jemari tidak sekadar diwarnai, melainkan juga digambari dengan berbagai motif dan bentuk.

Di negara-negara lain, seperti Jepang, nail painting ini sudah begitu beken. Tapi, di tanah air kita, tren tato kuku memang baru mulai. Itu pun baru ada di kota-kota besar macam Surabaya, Bandung, dan Jakarta.

Di Indonesia, salah satu pemain yang paling besar dan paling terkenal adalah PT Pacific Macronic Industry, pemegang waralaba Meji Mejiku yang asal Jepang. Dalam pengerjaan gambar pada kuku, Meji Mejiku menggunakan mesin yang bentuknya mirip ATM. Pelanggan tinggal memilih gambar, lalu meletakkan tangannya di salah satu bagian di alat ini. Lewat monitor yang juga ada di mesin itu, pelanggan bisa melihat letak posisi kukunya. Jika sudah pas, proses penggambaran kuku pun mulai. “Kami menggunakan teknologi yang diadopsi dari Jepang,” ujar Suprapto Siman, Franchise Development Manager Pacific Macronic.

Oh, ya, di samping tato kuku, gerai-gerai Meji Mejiku menyediakan layanan lain seperti manicure dan pedicure, dan menjual produk perawatan kuku seperti kutek serta zat pembersih kutek. Bahkan, gerai Meji juga menjual mug, gantungan kunci, maupun berbagai pernak-pernik lainnya.

Meski baru, penggemar tato kuku ini ternyata lumayan banyak. Buktinya, setiap gerai Meji Mejiku selalu dikunjungi peminat. Bahkan, pada hari libur atau akhir pecan pengunjung gerai Meji bisa dua kali lipat lebih ramai ketimbang hari biasa.

Peminat tato kuku ternyata bukan hanya cewek-cewek ABG. Perempuan di atas 30 tahun, bahkan kaum lelaki, banyak pula yang kesengsem menghiasi kukunya dengan tato. “Pas Piala Dunia sekarang ini banyak yang minta kukunya diwarnai dengan warna bendera negara peserta Piala Dunia,” ujar Yani Kamajaya, terwaralaba Meji Mejiku yang membuka gerai di CiWalk, Bandung.

Melihat besarnya minat pasar pada layanan tato kuku, dan pemainnya yang masih sedikit, Suprapto yakin bisnis nail painting yang dia lakoni bakal berkembang lebih pesat. “Prospek untuk berkembang sangat banyak, karena masih banyak kebutuhan di pasar yang belum terisi,” kata Suprapto. Bermodal keyakinan itu, Pacific Macronic selaku master franchise Meji Mejiku di Indonesia kini mulai gencar menawarkan waralaba.

Menggaet terwaralaba lewat diskon

Untuk menjadi terwaralaba Meji Mejiku tidak perlu keahlian khusus atau pengalaman berbisnis. Sebab, laiknya sistem waralaba, pewaralaba akan memberikan pelatihan, baik kepada terwaralaba maupun karyawan. Selain itu, terwaralaba juga akan memperoleh mesin tato kuku dari Meji Mejiku. Untuk memperlancar operasional gerai si terwaralaba, pewaralaba akan menempatkan seorang supervisor di gerai terwaralaba selama satu minggu. Ada pula kegiatan promosi.

Tentu, terwaralaba mesti membayar semua biaya itu. Untuk memulai bisnis ini, terwaralaba harus memiliki modal sekitar Rp 135 juta. Dana ini antara lain untuk membayar franchise fee selama tiga tahun sebesar Rp 95 juta. Lantas ada biaya untuk membeli mesin tato kuku dan perlengkapan salon, seperti perlengkapan manicure-pedicure, cat kuku, dan sebagainya.

Oh, ya, agar bisa menjaring banyak terwaralaba dengan cepat, Pacific Macronic tak segan-segan memberi diskon besar-besaran kepada calon terwaralabanya. Untuk 15 terwaralaba pertama, Pacific Micronic memberi diskon investasi awal sebesar Rp 40 juta atau 29,6%, sehingga calon terwaralaba cukup menyediakan dana awal Rp 95 juta. “Saat ini sudah ada 7 terwaralaba yang mendapatkan diskon, berarti tersisa tempat untuk 8 investor lagi,” ujar Suprapto dengan nada-nada penuh promosi.

Yang harus diingat, dengan setoran investasi awal tadi terwaralaba memang memperoleh satu mesin. Bila ingin menambah jumlah mesin, terwaralaba harus membayar lagi Rp 40 juta per unit mesin. Nah, mesin tato kuku ini statusnya hanyalah barang sewaan, bukan milik terwaralaba. Jika setelah 3 tahun terwaralaba tak berminat melanjutkan kerja sama, dia harus mengembalikan mesin ke pewaralaba.

Selain modal duit, terwaralaba juga harus menyediakan ruang usaha dengan luas minimal 20 m2. Pacific tentu akan menyurvei lokasi gerai untuk memastikan letaknya memang strategis. “Tempat yang pas untuk gerai Meji adalah dekat kampus, sekolah, tempat nongkrong, atau dekat kantor. Yang paling enak di mal,” ujar Suprapto.

Untuk mal, lanjut Suprapto, pilihlah mal untuk masyarakat kelas menengah atas yang sesuai dengan target pasar Meji Mejiku. “Jangan membuka gerai di trade center, di situ prospeknya kurang,” imbuhnya.

Setelah mendapatkan lokasi yang cocok, maka terwaralaba bisa melakukan renovasi dan dekorasi sesuai standar desain yang sudah ditentukan pewaralaba. Sembari itu, terwaralaba bisa sekaligus menyiapkan pegawai. Jumlahnya minimal lima orang. Satu orang untuk kasir, satu untuk promosi, dan sisanya untuk mengerjakan manicure dan pedicure. Pegawai-pegawai ini nantinya mendapat pelatihan dari pewaralaba.

Kalau semuanya berjalan dengan lancar, Suprapto yakin investasi terwaralaba akan kembali dalam waktu 2 tahun. “Itu hitungan konservatif. Kalau hitungan agresif, satu tahun, sih, sudah balik,” ujarnya optimistis.

Yang juga perlu diperhitungkan, mudah-mudahan saja tren nail painting ini berumur panjang.

Harris Hadinata

Iklan

Entry filed under: Bisnis. Tags: , , , , , , , , , .

Sandra Dewi Menikah !!! Berendam di bisnis spa rumahan

5 Komentar Add your own

  • 1. Forum Investor  |  Mei 25, 2008 pukul 3:50 pm

    Franchise meji mejiku cukup menarik mengingat modalnya tidak terlalu besar dan semuanya sudah diatur oleh franchisor.

    Balas
  • 2. priscilla  |  Juni 22, 2008 pukul 7:04 am

    hallo meji mejiku……bagaimana cara utk waralabanya

    Balas
  • 3. teja  |  Agustus 14, 2008 pukul 5:45 am

    saya mau jual mesin nail art painter 2 unit.

    Balas
  • 4. yandy  |  Agustus 28, 2008 pukul 4:05 am

    Kami Y&Y Sablondigital siap membantu anda dalam hal sablon minimal order adalah 1(satu) pcs

    -kaos ada ukuran dari anak 1 tahun sampai dewasa XXL
    (sablon maksimal A4, boleh banyak warna)
    (bahan katun kombat tidak panas, menyerap keringat)
    – mug putih, mug warna bagian dalamnya pink,orange,hijau,biru muda sudah termasuk dus
    – piring sudah termasuk dus
    – keramik 10 X 10 cm, 15 X15 cm
    – botol air sudah termasuk dus
    – tas
    – topi
    – liontin
    – gantungan kunci metal
    – mouse pad
    – sarung bantal sofa, dll
    kami juga menyediakan koleksi gambar bagi anda yang
    belum memiliki desain
    (tersedia +- 1000 gambar)

    keuntungan Sablon Digital Kaos
    1.Bahan katun (tidak panas)
    2.Warna bisa sparasi/ full colour/real photo/photo pemakai
    3.Harga terjangkau
    4.Kualitas terbaik, Full Color, Photo Quality, Water Resistance
    5.Pesanan tanpa minimal order/satuan (bisa pesan satu kaos) & banyak
    6.Proses Cepat (Bisa ditunggu / Tergantung Desain)
    7.Bebas gambar/desain/foto sendiri (HP/CD/DVD/Memory card/Foto/Negatif/Kamera Digital/Film Negatif)
    8.Terima desain ulang/baru
    9.Bisa tambah tulisan/nama
    10.Dapat diantar ke tempat tujuan walau hanya satu kaos (+ biaya kirim)

    Kami melayani sablon dengan warna khusus seperti:
    – silver reflective (seperti kaca)
    – silver
    – gold
    – glitter
    – flocking (timbul)
    – harga sesuai dengan ukuran yang diinginkan
    (*hanya bisa 1 warna, tidak bisa banyak warna)
    (minimal 23cm X 5cm) penambahan panjang
    (misalnya 23X6cm) maka akan ada biaya tambahan

    Kami menyediakan jasa pembuatan ID Card untuk Perusahaan, Sekolah,
    Yayasan, Organisasi, dll. Proses pembuatan yang mudah, full colour,
    kualitas photo (dengan tinta pigment agar tahan
    sinar matahari/tidak pudar) dan juga gantungan kunci mobil/motor

    kami juga membuat aneka pin
    (Ukuran 44mm dan 58mm)
    Pin yang kami sediakan antara lain:
    -Pin Gantungan Kunci
    -Pin Biasa/Peniti
    -Pin Gantungan Kunci Cermin
    -Pin Gantungan Kunci Buka botol
    -Pin Boneka (ada kaki tangan)
    -Pin Magnet
    -Pin Magnet bukaan botol

    Kami juga dapat membuat aneka cutting sticker sesuai dengan ukuran yang anda inginkan
    (lebar maksimal 23cm, Panjang S/d 1 meter)

    Kami siap membantu anda, bagi anda yang berada
    diluar bogor, barang bisa kami kirim
    (tambah ongkos kirim bisa Via Tiki atau FedEx,
    Bukti pengiriman akan kami scan & kirim via e-mail)
    untuk jakarta ongkos kirim via JNE Rp 5000/kg

    untuk melihat sampel2 & daftar harga silahkan kunjungi website kami:
    http://www.yysablondigital.weebly.com (disambung semua/tolong spasinya dihilangkan)
    contact Person: Yandy Suherman
    email or yahoo Messenger: y4ndys@yahoo.com

    Phone or SMS: 0251-9149558
    Alamat Villa Indah Pajajaran Blok B No.11
    Pulo Armen – Kesatuan
    Bogor

    Balas
  • 5. megu  |  Oktober 24, 2008 pukul 8:45 am

    saya bermiat di bagian karyawan. hobi saya nail art painting, tapi saya ingin lebih meningkatkan skill nail art saya. bagaimana caranya agar bisa menjadi pegawai disana? tolong kirim penjelasannya ke email saya chibichikoi@yahoo.com. saya tunggu sekali informasinya karena saya sangat tertarik begitu ada salon kuku. saya ingin mencoba bekerja disana.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

April 2008
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Kategori

Add to Technorati Favorites