Peluang usaha agen RPX layanan premium

Maret 17, 2008 at 12:22 am 9 komentar

USAHA
Tabloid KONTAN No. 47, Tahun X, 28 Agustus 2006

Tambah Untung dari Kurir VIP
Peluang usaha agen RPX layanan premium

Dengan modal Rp 17 juta, Anda sudah bisa menjadi mitra agen RPX. Jika bisnis berjalan lancar, modal segitu bisa kembali dalam satu tahun.

Siapa pun yang mempunyai barang atau dokumen berharga sudah pasti akan menjaganya dengan hati-hati. Apalagi jika Anda ingin mengirim barang atau dokumen itu kepada pihak lain yang memiliki hubungan penting dengan Anda. Kalau bisa, tentu Anda ingin mengirimkan barang itu sendiri. Dengan begitu, selain bisa menjaga sendiri keutuhan barang tersebut, Anda juga bisa memastikan bahwa barang tersebut sampai ke alamat yang ingin dituju.


Mengirimkan barang sendiri seperti itu bisa Anda lakoni jika jarak tempuhnya tidak jauh-jauh amat. Tapi, jika lokasi yang ingin dituju berada di luar kota, luar pulau, atau luar negeri; tentu Anda akan kerepotan. Kebutuhan pengiriman yang spesial seperti inilah yang kemudian menjadi kue bisnis yang sangat menarik bagi perusahaan jasa titipan kilat. RPX menjadi salah satu perusahaan kurir dan kargo (logistik) yang serius menggarap pasar ini.

Baru-baru ini, RPX meluncurkan tiga layanan terbaru yang dikhususkan bagi para pelanggan yang membutuhkan jasa pengiriman barang spesial. Servis yang pertama bernama golden package. Sesuai dengan namanya, jasa kurir yang satu ini benar-benar eksklusif. Bagaimana tidak? Setiap pengiriman satu barang akan ditangani oleh satu kurir khusus; sejak mulai pengambilan barang sampai pengirimannya. Kurir itu juga akan ikut naik pesawat dan langsung menyerahkan barang kiriman ke alamat yang dituju dalam hitungan jam. Kelebihan lain, keberadaan kurir bisa dilacak. “Jadi, produk ini sifatnya langsung, tanpa melalui customer service untuk melayani,” ujar M. Kadrial, Direktur Pengelola RPX Group.

Layanan berikutnya adalah premium package yang menawarkan solusi pengiriman barang bagi pelanggan yang menginginkan kirimannya tiba di tujuan pada hari yang sama. “Tapi, kurirnya tidak ikut naik pesawat,” kata Kadrial. Terakhir adalah mid-day package. Ini merupakan servis pengiriman barang yang akan tiba di tempat tujuan di wilayah Indonesia pada hari berikutnya; sebelum jam 12.00 siang.

Cocok untuk bisnis sampingan

Tapi, RPX tak ingin menjajakan sendiri servis-servis VIP-nya itu. Selain melalui cabang-cabang RPX, produk-produk baru itu juga akan ditawarkan melalui mitra agen resmi RPX yang disebut RPX-Authorized Ship Center (ASC). Karena itulah, skema kerja sama ASC mengalami sedikit perubahan. Selain menjadi mitra ASC yang standar (lihat KONTAN edisi 17 Oktober 2005), para mitra agen RPX yang sudah beroperasi juga bisa menjadi mitra ASC yang menawarkan produk-produk baru tadi.

Jika memilih pola terakhir ini, artinya mitra ASC bakal menawarkan lima produk; tiga produk baru dan dua produk yang sudah ada sebelumnya, yakni pengiriman paket domestik (priority package) dan internasional (international priority). Cuma, dari total ASC yang berjumlah 100 buah, belum tentu semuanya bisa menjajakan tiga jasa pengiriman terakhir tadi. “Kita akan melihat dan menyeleksi berdasarkan potensi pasarnya,” ujar Kadrial. Dus, RPX akan melakukan penjajakan terlebih dahulu, apakah ketiga produk baru itu akan terjual oleh masing-masing ASC atau tidak.

Lantas, bagaimana dengan pengusaha yang belum memiliki gerai ASC? Mau tak mau ia harus mengikuti prosedur pembukaan ASC dari awal. Repotnya, karena jenis produknya semakin banyak, persyaratan yang ditetapkan RPX pun semakin ketat. Soal lokasi misalnya, calon mitra ASC tak bisa asal memenuhi syarat lama; yaitu di pinggir jalan yang dilewati 50 kendaraan per menit. Karena membidik pasar yang semakin luas, ASC model baru ini harus berada di lokasi yang benar-benar strategis. “Kalau bisa di areal bisnis dan banyak perusahaan,” saran Kadrial.

Masih bingung? Mari kita lihat lokasi miliki Daniel Kusradi, mitra ASC RPX yang beroperasi di bilangan Kebonjeruk, Jakarta Barat. Daniel sengaja memilih lokasi di sebuah ruko yang bertetangga dengan kantor-kantor berbagai perusahaan. “Sebelum bergabung dengan RPX, saya tanya-tanya dulu ke perusahaan sekitar tentang kebutuhan jasa kurir,” ujar Daniel yang beroperasi dengan bendera PT Graha Imandira Sentosa. Survei kecil-kecilan yang dilakukan Daniel menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan itu membutuhkan jasa pengiriman paket yang rada spesial.

Menariknya, Daniel menggabungkan kantor bisnis ASC itu dengan bisnis penjualan tiket bernama Tiket Tambah yang telah beroperasi sebelumnya. Dengan cara ini, Daniel bisa menghemat modal, karena tak harus mengeluarkan duit untuk menyewa tempat lagi. Ini klop dengan program RPX yang memang menyasar para mitra yang telah memiliki usaha, entah itu tour & travel, wartel, warnet, fotokopi, atau minimarket. “Jadi, usaha ini untuk menambah layanan dan penghasilan tanpa banyak investasi, “imbuh Kadrial.

Butuh investasi Rp 17 juta

Kebetulan, ruangan yang diperlukan untuk membuka ASC juga tak terlalu luas; yakni 2 meter x 3 meter saja. Selain itu, peralatan yang diperlukan juga sedikit. Paling-paling hanya satu set meja-kursi, komputer, sambungan telepon, koneksi internet, AC, dan timbangan paket. Menurut hitungan RPX, total investasi yang diperlukan hanya sekitar Rp 17 juta. Itu pun sudah termasuk biaya renovasi tempat, lo. Selain itu, boks neon, umbul-umbul, brosur, dan poster daftar harga telah disediakan oleh RPX. Cuma, agar aman, sebaiknya mitra ASC juga menyediakan cadangan dana operasional untuk sekitar satu sampai dua bulan pertama. Besarnya sekitar Rp 2 juta per bulan.

Kebutuhan karyawan ASC juga tidak banyak. Cukup satu orang saja. Kok bisa? Ya, sebab sifat bisnis ASC ini hanya pasif. Singkatnya, mitra ASC hanya menjadi agen yang menerima dan mencatat pelanggan yang ingin menggunakan jasa RPX. Selanjutnya, urusan pengambilan barang, manajemen pergudangan, dan pengiriman barang akan ditangani oleh RPX pusat. “Jadi, mitra ASC tidak perlu repot,” ujar Kadrial berpromosi.

Tapi, ini bukan berarti mitra ASC bisa ongkang-ongkang kaki. Calon mitra harus tetap banyak belajar tentang seluk-beluk bisnis kurir. Apalagi semua administrasi RPX juga bakal dijalankan di dalam satu program komputer khusus. Makanya, RPX menyelenggarakan program pelatihan khusus untuk mitra ASC.

Jika semua telah siap, mitra ASC bisa mulai menerima order pengiriman barang dari pelanggan. Dari setiap pembayaran yang dilakukan pelanggan RPX, ia akan memperoleh bagian pendapatan 30%. Dengan skema seperti itu, RPX menghitung modal mitra ASC-nya bisa kembali dalam waktu sekitar 12 bulan atau satu tahun. Daniel yakin modal akan kembali dalam waktu tujuh bulan. Soalnya, gerai ASC Daniel hanya nebeng di kantor agen tiketnya. Ia pun mengaku hanya mengeluarkan investasi tambahan Rp 7 juta untuk membeli seperangkat komputer, timbangan, AC, serta meja.

Markus Sumartomdjon

Tabel simulasi perhitungan bisa di donlod di sini

Entry filed under: Bisnis. Tags: , , .

[review KULINER] martabak KATAMSO Menjajaki waralaba Mailshop Plus

9 Komentar Add your own

  • 1. ira  |  Mei 15, 2008 pukul 4:01 am

    mhn info ush kurir

    Balas
  • 2. fikri  |  Mei 22, 2008 pukul 4:28 pm

    sekarang Tahun 2008, masih valid ga arikel ini ?

    Balas
  • 3. erik  |  Agustus 29, 2008 pukul 4:11 pm

    mohon informasi sistem kerjasama dan rpx seluruh indonesia

    Balas
  • 4. helmi  |  Oktober 16, 2008 pukul 6:20 am

    mohon infonya mengenai usaha ini? masih valid tdk? n systemnya

    Balas
  • 5. haris  |  November 21, 2008 pukul 2:48 am

    mohon informasi sistem kerjasama dan rpx seluruh indonesia

    Balas
  • 6. sarwani  |  Mei 19, 2009 pukul 2:59 am

    untuk daerah serang, cilegon dan sekitarnya apakah sudah ada agent?
    jika belum saya tertarik untuk menjadi agentnya, mohon direspon

    Saya mempunyai sertifikat pelatihan kepabeanan dari bea dan cukai.

    Balas
  • 7. ansori  |  Juli 6, 2009 pukul 3:09 am

    sama seperti pertanyaan sebelumnya, apa artikel ini msh valid sebab skrg ini 2009..??? mhn pula info kemitraan rpx untuk semua daerah di indonesia khususnya tempat sy di lampung. Terima ksh.

    Balas
  • 8. sahono  |  November 15, 2011 pukul 11:28 am

    Mhn inf apakah artikel ini masih valid, klu ya saya ingin bergabung , saya sudah punya minimarket dan dipinggir jalan raya yang banyak dilalui oleh kendaran , dan saya sanggup mencari pelanggan ke kantor kantor , mhn dibalas ke email saya, wass

    Balas
  • 9. jack_bp  |  September 4, 2012 pukul 3:36 pm

    Mohon update informasi ini>>>>>apakah masih berlaku sekarang

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Maret 2008
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Kategori

Add to Technorati Favorites