Membuka usaha barbershop

Maret 2, 2008 at 12:39 am 18 komentar

USAHA
TABLOID KONTAN No. 15, Tahun IX, 17 Januari 2005

Rezeki dari Lelaki Dandy
Membuka usaha barbershop

Usaha salon khusus lelaki alias barbershop modern memiliki prospek yang baik. Pemainnya memang banyak, tapi pasarnya masih cukup besar untuk masuknya pemain baru. Nah, cari lokasi yang pas, tenaga kerja yang terampil, dan layanan yang nyaman.

Lelaki itu bertubuh kekar, atletis. Kumis dan jambang menghiasi wajahnya. Topi lebar nangkring di kepalanya. Hem kotak-kotak, celana jins ketat, dan pistol menyembul di sabuk yang melingkari pinggangnya. Sungguh macho. Setelah turun dari kudanya, dengan langkah tegap berdebam si koboi masuk ke sebuah bangunan. Bukan hendak minum bir atau adu panco, dia ternyata masuk ke salon untuk mendandani penampilannya.

Ya, bisnis mendandani penampilan bukan hanya menyasar pasar perempuan. Sejak zaman wild wild west banyak lelaki jantan yang doyan bersolek. Mereka inilah yang menjadi target salon-salon lelaki atawa barbershop. Selain menyediakan layanan potong dan cuci rambut, kebanyakan barbershop juga menawarkan jasa potong jenggot, kumis, juga massage. Bahkan, kini di kota-kota besar ada beberapa barbershop yang menyediakan layanan mewarnai rambut, manicure, dan pedicure.

Agar tak dicap keperempuan-perempuanan, barbershop umumnya menampilkan nuansa maskulin yang amat kental. Selain itu, ”Kami tolak kalau ada perempuan yang mau potong,” tutur Bagus Bogadhatta, pemilik Fancy Barbershop yang berlokasi di kawasan Bintaro, ”Kecuali kalau dia mau potong rambut seperti laki-laki.”

Dus, barbershop sebenarnya hendak menjaring para lelaki yang hendak ”merapikan” dirinya. Mau merapikan rambut di DPR alias di bawah pohon rindang, mereka enggan. Selain tak nyaman, juga enggak bergengsi. Mau masuk ke salon biasa, mereka juga malu dibilang feminin. Maklum, salon-salon biasa memang kebanyakan diisi perempuan.

Bisnis barbershop memang masih cukup menarik. Di zaman digital plus metroseksual ini, kian banyak lelaki yang mendambakan penampilan elok dan rapi. Buktinya pelanggan salon-salon ketampanan para lelaki itu tetap membeludak. Lihat saja, Fancy Barbershop setiap hari biasa setidaknya kedatangan 50 orang pelanggan. Di hari Sabtu, Minggu, dan libur jumlah tamunya bisa melonjak menjadi 100 orang.

Begitu pula di Hade Barbershop dan Pax Barbershop. Rata-rata setiap hari kerja satu gerai mereka kedatangan 25 orang sampai 30 orang pelanggan. ”Di akhir pekan atau hari libur jumlahnya bisa naik menjadi 60-80 orang,” ujar Denny Ramdhani, pemilik dan pengelola beberapa gerai Hade dan Pax. ”Pasarnya hingga sekarang terus tumbuh,” imbuhnya optimistis.

Tarif di salon pejantan ini memang lebih mahal. Untuk layanan potong rambut, mereka rata-rata memungut biaya Rp 15.000- Rp 25.000. Tapi, belakangan orang lebih senang masuk ke barbershop modern ini ketimbang tukang pangkas rambut lelaki biasa yang hanya mengutip biaya Rp 7.000. Maklumlah, selain gerai yang lebih bagus dan nyaman, di barbershop modern ini pelanggan juga dimanjakan oleh berbagai fasilitas. ”Di sini minum, handuk hangat, dan massage kami berikan gratis,” kata Bagus.

Pakai peralatan seken lebih irit

Jika Anda tertarik masuk ke bisnis barbershop modern yang menyasar kelas menengah seperti mereka, Anda harus menyediakan modal awal yang cukup besar. Jumlahnya mencapai Rp 100 juta-Rp 150 juta.

Modal itu sebagian besar untuk membeli perlengkapan yang wajib dimiliki sebuah barbershop. Tidak sembarang tempat potong rambut dan merapikan kumis jenggot bisa menyandang nama barbershop. Sebuah barbershop harus dilengkapi berbagai peralatan khas. Sebutlah lampu berulir dengan warna merah, putih, biru yang berputar-putar di depan toko. Barbershop juga harus memiliki tempat duduk khusus dengan satu kaki untuk potong rambut.

Lampu ulir dan tempat duduk itu bukanlah barang murah. Lampu barbershop saja harganya bisa Rp 1 juta-Rp 4 juta seunit. Adapun harga seunit bangku cukur mencapai Rp 8 juta. Belum lagi biaya untuk membeli berbagai perlengkapan dan peralatan. Di antaranya peralatan potong, mesin pemanas handuk, meja dan kacanya, dan perlengkapan-perlengkapan interior lainnya.

Untuk mengirit pengeluaran, Anda bisa mencari barang-barang seken dengan harga miring. Tapi, pastikan barang-barang itu tak hanya masih berfungsi baik tapi juga masih indah dipandang mata. Maklumlah, barbershop modern menyasar lelaki kelas menengah atas yang sangat memperhatikan kenyamanan dan image.

Selain modal, untuk membuka barbershop Anda mutlak memiliki tukang cukur yang andal. Para pria yang datang ke barbershop biasanya kepengin mendapatkan layanan yang rapi dengan cepat. Jalan pintas untuk memperoleh tenaga tukang cukup yang andal tentu saja dengan membajak tukang cukur yang sudah berpengalaman. ”Ketika mulai dari awal dulu, saya tidak mau sumber daya dengan kualitas co-pilot. Saya merekrut yang sudah pilot semua,” aku Bagus berbagai tip.

Gaji para pemotong rambut terlatih itu memang lumayan besar. Di barbershop milik Denny misalnya, selama 4-6 bulan pertama gerainya berdiri, para pemotong rambut memperoleh gaji Rp 50.000 per hari. Jadi, kalau si tukang cukur masuk selama 30 hari dalam sebulan, Denny mengeluarkan upah sebesar Rp 1,5 juta untuk seorang tukang cukur. Setelah barbershop mulai ramai, Denny mulai menerapkan sistem bagi hasil untuk para tukang cukurnya. ”Besarnya 40% dari pendapatan kotor untuk para tukang cukur itu,” kata dia.

Terakhir, tentu saja kita harus bisa memilih tempat yang tepat. Untuk menjamin kenyamanan pelanggan, pastikan ruang barbershop Anda memadai untuk menempatkan bangku cukur dan ruang tunggu tamu. ”Idealnya barbershop punya 4-5 bangku cukur,” ujar Bagus. Untuk menampung 4-5 bangku cukur, menurut Bagus, dibutuhkan ruang seluas 40 m2-45 m2.

Selain ruang yang memadai, yang paling penting adalah pemilihan lokasi yang tepat. Tempat yang kita pilih juga akan sangat mempengaruhi pendapatan. Lokasi yang bagus untuk barbershop modern adalah di mal atau pusat perbelanjaan yang ramai dikunjungi orang. Selain itu, lokasi-lokasi lain yang ramai disinggahi atau dilewati orang pun cocok untuk barbershop.

Bila lokasinya oke, menurut pengalaman para pemilik barbershop, usaha barbershop akan balik modal dalam waktu 2 tahun. ”Tapi kalau dalam dua tahun modal belum balik juga, sebaiknya usaha di lokasi itu ditutup saja, ”saran Denny yang memiliki beberapa barbershop di Jakarta. Bagaimana, Anda berminat?

Djumyati Partawidjaja, Kurniawan A., Agung A., Harris H.

Entry filed under: Bisnis. Tags: , .

Akhirnya… Membanding-bandingkan berbagai tawaran kerja sama usaha dan waralaba burger

18 Komentar Add your own

  • 1. riko  |  Juni 15, 2008 pukul 5:11 pm

    boleh juga nich/,,,,,,gimana kalo ko

    Balas
  • 2. A. Mustaqim Nasution  |  September 20, 2008 pukul 8:00 am

    Untuk jaman yg keras seperti ini, ada baiknya usaha ini untuk dicoba selain modalnya yg relatif terjangkau usaha ini sifatnya tidak “basi” yang harus habis seperti makanan.
    tapi usaha apapun modal utamanya adalah kesabaran dan ketekunan untuk mencapai semua impian.

    Wassalam.

    Balas
  • 3. Rico  |  November 7, 2008 pukul 8:53 am

    Wah kelihatannya menarik nih. Tapi kalo dilihat sistemnya untuk harian 50.000 apa udah termasuk uang makan? Kalo ngga masuk dikasi hariannya ngga? Apa totalnya harus 1,5 jt gitu? terus kalo udah sistem bagi hasil apa masih dikasih uang makan juga? THR gimana dan apa mnasih ada bonus?

    Balas
  • 4. bowo  |  Maret 30, 2009 pukul 7:55 pm

    Bila anda tertarik untuk memiliki/memulai/mengelola bisnis Barbershop anda sendiri ???……tetapi anda belum pernah atau tidak tahu seluk beluknya untuk memulai dari awal, mungkin penawaran dibawah ini bisa menjadi bahan pertimbangan anda……..karena anda hanya melanjutkan usaha yg sudah berjalan, tanpa bingung lagi untuk memikirkan dari segi infrastruktur, mulai dari renovasi bangunan, peralatan, furniture, SDM(tukang pangkas dan kasir), system kerja, bahan promosi, dll.

    Dijual atau dipindah tangankan Barbershop yang sedang berkembang berlokasi disalah satu hypermarket di Jakarta barat, yg mempunyai segmen pelanggan untuk menengah keatas, dengan lokasi yg mempunyai potensi berkembang yg sangat luas dan ruangan yg cukup representatif dan nyaman bagi pelanggan.

    Lokasi: prime location yg strategis di Jakarta Barat
    Segmen market: menengah keatas
    Alasan dijual: salah satu owner akan pindah keluar negeri

    Untuk peminat serius, bisa menghubungi email dibawah sebagai berikut, untuk mendapat informasi lebih detail : court_male@yahoo.com

    NB: dan apabila anda belum pernah mengelola barbershop sebelumnya, kami dengan senang hati akan memberikan advis dan masukan-masukan bila dibutuhkan.

    Balas
  • 5. yudi ape  |  April 23, 2009 pukul 3:16 am

    saya tertarik buka usaha barber ini cuma kendala nya di equipmentnya saja, bisa kasih bocoran gak dimana yang ngejual alat2 cukur yang lengkap di kota bandung. TQ…:D

    Balas
    • 6. Fandi  |  Agustus 4, 2012 pukul 4:10 am

      halo bro jalan bareng yuk gmn buka usaha itu

      Balas
  • 7. indra  |  Mei 1, 2009 pukul 4:30 am

    di Jogja ada BARBERSHOP yang namanya cukup keren dan tarifnya juga tergolong sangat murah. gimana gak murah cuma mengeluarkan duit Rp. 6000 perak sudah dapat layanan potong +keramas + message habis itu dikasih hair tonic lagi, wah benar-benar-benar nyaman deh….buat kamu kaum adam tak saranin nyoba aja dech namanya PROFESSOR CUKUER barbershop. terletak di Jl. Gedongkuning utara. kurang lebih 10 m arah selatan 1/4 lampu merah.
    pertamakali sih gue nyoba-nyoba potong rambut disana abis itu bikin ketagihan. peace…!

    Balas
  • 8. Martin H  |  Juni 10, 2009 pukul 6:58 am

    sy mau buka barbershop kira2 berapa modalnya .Thx MH

    Balas
  • 9. yoga  |  Juni 16, 2009 pukul 5:57 pm

    kalo modal tipis kira kira bisa jalan ga ya potong rambutnya…
    kasih kiat kiat khusus dong…maksih..

    Balas
  • 10. erick permana  |  Juni 22, 2011 pukul 7:15 am

    tks tas infonya..dan kalau utk perlengkapan potong sprt gunting dll itu ada yg jual seken tidak dan brp hrg utk asut setnya..

    Balas
  • 11. deni  |  September 16, 2011 pukul 5:54 am

    wahhh… asyik dung kebetulan nama dan profesi sama cuman beda ramdani dan saya hamdani… say masih merintis semoga kedepan saya bisa menjadi seperti ramdani. amin

    Balas
  • 12. andi  |  November 4, 2011 pukul 4:28 am

    DICARI SEGRA UNTIK KERJASAMA
    TUKANG POTONG RAMBUT, TINGGAL DAERAH BOTONG DEDE ATAU DEPOK BARU.

    HUBUNGI :085716351717 ATAU 085782075262

    Balas
  • 13. Ekarya Ocean Center  |  Desember 26, 2011 pukul 5:37 pm

    bro sy butuh tenaga pangkas ada tdk? pls info ke 082145364379

    Balas
  • 14. Ekarya Ocean Center  |  Desember 26, 2011 pukul 5:42 pm

    klo ada info barber shop yg mau di jual tlg info ke ane jg
    082145364379/ekarya_cv@yahoo.com

    Balas
  • 15. bahar  |  Februari 26, 2012 pukul 2:21 pm

    modal utama buka usaha ini adalah skill yg oke…. yg tau perkembangan tren jaman.. disamping itu servis penting banget terutama kenyamanan…. ak buka usaha ini dr nol dan sekarang lumayan oke hasilnya

    Balas
  • 16. Ali Jauhari.  |  Februari 27, 2012 pukul 3:06 am

    Hello….
    Saya baru mau mencoba utk membuka usaha barbershop.
    Saya akan mencoba buka utk 2 kursi dulu.
    Apakah anda bisa memberikan informasi kepada saya dimana saya bisa mendapatkan tempat jual kursi barber yg seken dan dimana tempat jual perlengkapan2 alat2 gunting utk suatu barber shop.
    Dan apa mudah saya mendapatkan tenaga 2 tukang cukurnya ?

    Sebelumnya Saya ucapkan terimakasih banyak atas perhatiannya.
    Saya tunggu kabar dari Anda ……..

    Salam,

    Ali Jauhari.

    Balas
  • 17. Ivan.Y  |  Mei 7, 2012 pukul 7:01 am

    Bro, mau nanya untuk karyawan barber yang sudah melewati 3 bln, ada di buat peraturan-peraturan perusahaan ga untuk karyawan, kalau ada boleh di emailkan contohnya ke saya ?

    Balas
  • 18. freeRBS  |  Mei 12, 2012 pukul 1:59 pm

    Halo,

    Saya bermaksud memperkenalkan aplikasi pencatatan transaksi usaha yg saya kembangkan. Menurut saya usaha barbershop ini memerlukannya, aplikasi ini 100% gratis..anda tinggal menggunakan dengan masuk ke alamat http://www.freerbs.com

    Anda dapat mengajukan pertanyaan mengenai penggunaan aplikasi tersebut ke alamat email : support@freerbs.com

    Terima Kasih,

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Maret 2008
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Kategori

Add to Technorati Favorites