MANGUT LELE MBAH DARTO NGGENENG

Februari 28, 2008 at 2:44 pm 3 komentar

Gw pertama dapet inpo mangut lele ini dari pak bondan maknyuss di acara wisata kuliner,

Dan gw pengen banget nyobain, apalagi hari ini cuaca cerah simpati [gw gak pake ceria], sehingga gw dengan niat sepenuh hati pengen nyobain.

Letaknya emang di pelosok bantul dan mblusuk.

Petunjuk arah kalo dari kota Yogyakarta, lu ambil jalan Parangtritis sampe mentok ke bangjo perempatan ringroad selatan.

Lu bisa terus ke arah kampus ISI ato lu bisa ambil jalan belok kanan menuju ringroad selatan.

Kalo lu ambil jalan blok kanan ke arah ringroad, liat kiri jalan, setelah RS Patmasuri, lu ambil jalan yg belok kiri ke arah perum pelem sewu, terus ikuti aja jalan itu, sampe lu nemu papan billboard petunjuk SEGA GUDEG NGGENENG [yup jualannya emang gudeg, tp yg maknyuss mangut lele-nya]

Kalo ambil jalan terus, setelah sampe kampus ISI, lu liat kanan jalan, pojokan kampus isi lu belok kanan, ambil jalan itu sampe mentok, trus belok kiri, sampe ketemu billoard petunjuk-nya

Ntar lu ikutin aja arah billboard-nya, kalo lu parkir motor bisa parkir di lapangan badminton, kalo lu pake mobil lu parkir agak jauh-an, karena jalan ke arah rumah mbah Darto [ empunya sega gudeg nggeneng] cuma cukup buat satu motor doang

Gw td nyampe di sono jam 11 siang dan belon matang masakannya, padahal di tipi bilang buka mulai jam 11, Kata pegawainya biasanya emang buka jam 11, tp td pegawainya agak pada loyo, so belon mateng masakannya.

Akhirnya gw putusin, maen dulu ke tempat sodara gw.

Jam 12 siang gw cabut lagi kesono, dan langsung menuju arah dapur, di sini sistemnya self service, jadi lu ambil sendiri nasi dan lauk yang lu mau.

Karena manut referensi pak bondan gw ambil nasi plus mangut lele langsung dari wajan-nya.

Gw sengaja ngambil tempat duduk di dapur, selain karena pengen ngerasain pengalamanya juga karena pengen berbincang dengan simbah Darto.

Nah dari simbah Darto ini gw dapet inpo menarik :

  1. Simbah Darto, sejak di tayangkan di acara maknyuss dagangan-nya jadi lebih laris, dan dijuluki artis sama tetangga2nya disono.
  2. Pak Bondan di sana makan dengan nasi sedikit dan mangut lele, kuahnya yang dibanyakin.
  3. Pak Bondan waktu itu bayar 20k utk menu yg dia makan, normalnya sih cuma bayar 7k dan setelah itu pak bondan pesan lagi tp lewat utusan-nya senilai 50k.
  4. Simbah Darto sehari bisa abis rata2 15kg lele, mari iseng2 kita hitung bersama, 1kg lele bisa berisi 7 ekor, berarti 15kg = 105 ekor, 1 ekor dihargai 7k sehingga bisa dapet 735k, katakanlah ambil untung 30% maka simbah dapet duid 220k-an sehari, dari mangut lele. FYI hari ini simbah dapet pesenan sekitar 200-an ekor lele.

Btw rasa lele-nya sendiri menurut gw lumayan enak dengan semburat pahit akibat hasil lele yang lebih dahulu dibakar sebelon di mangut, kalo kuahnya sendiri cukup nendang.

Tips buat yg mau makan disono, lebih baik pake motor, dateng jam 11.30 siang, karena td gw selese jam 1 siang aja dah hampir habis lele-nya.

Overall gw kasih 7.5 dari 10 untuk masakan dan pengalaman makan-nya

DC :
Mangut lele + nasi = 7k
Es teh manis= 1k

Entry filed under: Kuliner. Tags: , , , , , .

Djunaidi menjalankan grosir kerudung Akhirnya…

3 Komentar Add your own

  • 1. bantal28  |  Februari 28, 2008 pukul 2:53 pm

    makannya sambil manggut-manggut ga??
    hueheheheh…

    Balas
  • 2. blogkage  |  Februari 28, 2008 pukul 2:57 pm

    @bantal28
    makannya seperti biasa dikunyah dulu baru ditelan ,heuheuehue

    Balas
  • 3. alpheus siswoyo  |  Oktober 28, 2008 pukul 12:54 pm

    nyamleng tenan, suk aku kesono ah nyobi

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Februari 2008
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  

Kategori

Add to Technorati Favorites