Toko Buku Diskon

Februari 8, 2008 at 12:03 am Tinggalkan komentar

Kali ini gw pengen nulis hal yg agak serius

Toko Buku Diskon, merupakan toko buku yg buku2 jualannya di diskon antara 10% – 30%

bagaimana hal ini bisa di lakukan ?

berdasar artikel di tabloid KONTAN No. 48, Tahun X, 4September 2006

Umumnya, toko buku diskon memperoleh pasokan buku dari para agen. Pola kerjasama dengan agen bisa berupa konsinyasi atau titipan. Dalam pola ini, si agen menitipkan buku ke gerai-gerai. Dalam jangka waktu tertentu-biasanya bulanan si agen secara rutin memasok stok baru sambil menarik kembali sisa stok lama yang tak laku.

Keuntungannya, si pengusaha tak perlu membeli stok terlebih dahulu. Selain itu, stok tak perlu menggunung karena pihak agen rutin mengambil sisa.Tetapi diskon yang di berikan lebih sedikit.

Pola lain, beli putus dari agen. Dengan pola ini, pemilik toko dapat memainkan diskon yang lebih besar. Kalau memakai pola konsinyasi, agen hanya memberikan diskon rata-rata 30%, dengan beli putus agen bisa mendapatkan diskon yang lebih besar,Selain diskon yang lebih besar, jika pedagang buku sudah punya hubungan baik dengan pemasok, dia tak harus membayar tunai alias bisa kredit.

Namun, dalam sistem beli putus ada risiko. Yakni, jika buku tak laku, stok akan menggunung. Karena itu, umumnya pemilik toko hanya membeli buku-buku yang laris-manis di pasaran. Misalnya, buku pelajaran sekolah, kuliah, kamus, atau buku best seller.

Namanya saja toko buku diskon, tentu salah satu daya tariknya terletak pada
harganya yang miring. Jika ingin menservis pelanggan dengan harga supermurah, tak ada salahnya menjual buku seken. Seken bukan berarti sudah kuno, kumal, dan lecek, lo. Melainkan, sudah pernah dibaca atau setidaknya dipakai oleh pemiliknya.

Ini tambahan dari gw, selain hal tersebut di atas, untuk menambah pemasukan juga bisa memanfaatkan space ruangan di toko, seperti yang dilakukan olehTogamas.

Dengan cara membuat petak-petak tanpa sekat di ruangan tokonya untuk disewakan, macem-macem penyewanya, ada yang jualan kacamata, makanan, aksesori komputer, dsb.

Entry filed under: Bisnis. Tags: , , .

Musim Rambutan REVIEW TOKO BUKU DISKON

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Februari 2008
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  

Kategori

Add to Technorati Favorites