BIKIN PASPOR

Januari 30, 2008 at 1:41 am 6 komentar

Kali ini gw mo cerita pengalaman gw bikin paspor tanpa calo

Karena ini kali pertama gw bikin paspor so gw tanya2 dulu sama mbah gugel
utk prosedur dan syarat2 bikin paspor

Nah syarat-syarat yg kudu di siap-in adalah,

1. KTP [kartu tanda penduduk] asli dan potokopi

2. KK [kartu keluarga] asli dan potokopi

3. Akte kelahiran asli dan potokopi

4. Ijazah terakhir asli dan potokopi

5. Akte perkawinan atau surat nikah asli dan potokopi

6. Surat ijin dari instansi berwewenang, bagi yang akan bekerja di LN.

7. Paspor lama, bagi pemohon yang telah memiliki paspor.

8. Surat ijin dari instansi yang bersangkutan bagi Pegawai Negeri Sipil. [lebih aman kalo pake materai]

TIPS

lu potokopi aja di luaran, coz kalo lu potokopi di sono [di kantor imigrasi] bakal kena getok, Rp. 1000 /lembar

nah kalo elu potokopi di luar paling kena Rp. 100 / lembar

PROSEDUR

lu dateng langsung ke kantor imigrasi [kalo yg di Jogja, deket ama bandara adisutjipto]

selanjutnya beli formulir, di deket parkiran mobil, Rp.7000/formulir

abis itu lu naek ke kantor imigrasi, trus belok kanan, buat liat petunjuk pengisian formulir

jangan lupa masukin pula syarat2 yg diperlukan ke dalam map formulir [ masukin semua, asli dan kopian-nya]

lanjut ke loket satu, serahin map lu kesana, ntar bakal di check pendahuluan, setelah OK, lu bakalan di suruh nunggu wawancara

nah kalo nama lu di panggil, segera lu ke ruangan wawancara, paling ditanya2 mengenai kerjaan, sama mau bikin buat paspornya

pengalaman gw, pas ditanya kerjaan, gw jawab forex trader, eh…pewawancaranya kagak tau apaan tuh forex…please deh

ditanya mo dipake kemana paspornya ? gw jawab yg penting punya dulu, eh kagak boleh ya udah gw jawab mo dipake buat umroh

karena pewawancaranya masih kagak percaya, walhasil gw harus bikin surat pernyataan yg di bikin ortu gw, yg intinya bhw mereka akan berangkat umroh dengan gw , plus dilampiri potokopi KTP nyokap
[alhamdulillah, gw bikin paspor barengan nyokap gw, jadi kagak perlu bolak- balik ]

dokumen asli bakal dibalikin pas wawancara.

abis itu lu balik lagi ke loket 1, buat cari tahu jadwal poto, lu bakal dapet kertas resi,nah gw dapet giliran poto 5 hari setelah gw masukin formulir [ di itung dari hari berikutnya]

setelah 5 hari…..

bawa juga dokumen asli lu, lu langsung ke loket 1 , serahin kertas lu, nah ntar lu bakalan di suruh nunggu buat bayar [gw nunggu 0,5 jam, walaupun loket pembayaran sepi ]

nah lu bayar deh
resminya sbb :

Biaya Paspor :
Paspor 48 hal. : Rp. 270.000,- dengan rincian :
– Blanko paspor : Rp. 200.000,-
– Biaya foto : Rp. 55.000,-
– Biaya sidik jari : Rp. 15.000,-

ketambahan 5 rb : buat biaya cover, jadi lu bakalan kena Rp. 275.000

setelah bayar, lu bakalan nunggu lagi buat giliran poto

setelah di panggil lu masuk ke ruang poto, di poto pake kamera digital canon powershot, 4 MP-an yg terhubung ke komputer, abis itu bakalan di ambil sidik jari lu, semua jari, pake mesin, jd jangan takut kotor kena tinta

nah abis itu lu bakalan di beritahu kapan paspor lu jadi, FYI gw kudu nunggu ke esokan hari-nya buat ambil paspor gw padahal gw dah selesai poto jam 10.30 WIB

karena males bolakbalik, gw minta nyokap gw telpon anak temennya yg kebetulan gawe di imigrasi buat ngambilin paspor gw dan nyokap gw

Total Biaya : IDR 283k
formulir : 7k
paspor : 275k
parkir : 1k [kedatangan gw yg kedua kagak ada petugas parkir-nya ]

Entry filed under: news. Tags: , , .

Iklan Fren NASI GORENG KAMBING PAK DAKIR

6 Komentar Add your own

  • 1. beasiswa  |  Juli 9, 2008 pukul 9:54 pm

    ribet banget yah, katanya seh, nggak lebih tiga hari…. bila tanpa calo, emang duit nggak dimakan, tapi waktu dan energi terkuras, gmana kalau domisili pembuat passpoer ada di pelosok, bisa bolak balik ribuan kali. Dalam kasus ini Di Sumut,membuat paspor bisa memakan waktu enam bulan. Khususnya bagi mereka yang tinggal di gunung. di kantor imigrasi I medan, orang yang buat paspor tanpa calo malah diusir dan nggak digubris. dulu saya pernah mengantar teman untuk mengurus paspor tanpa calo. Eh malah nggak digubris oleh loket-loket. Saat kesekian kali, kami menemukan loket yang kebetulan dijaga oleh orang yang kayaknya pernak-pernik pangkatnya (petugas imigrasi) banyak banget di dada dan samping, eh kami malah disemprot: “Dasar nggak tahu diri udah diladeni!!!!!!” sambil meludah “Tuihhhhh bilang (ngasih uang) terima kasih aja nggak mau,”

    Sambil ngomel-ngomel menerima berkas kami, dia berpesa, “Ya udah datang seminggu lagi”.

    Setelah seminggu, katanya belum, seminggu lagi… katanya belum… seminggu lagi katanya belum…. akhirnya teman saya itu mengalah dan dengn pura-pura cool dia bertanya, berapa pak biar beres????

    Kenapa dia pura-pura cool??? karena teman saya itu sebenarnya udah di atas ambang kesabaran, kalau ada pisau mungkin dia akan angsung menikam orang bandel tersebut.

    Akhirnya selesai juga paspornya selama 1,5 bulan. Dengan tidak merasa bersalah, si bandel orang imigrasi tersebut tersenyum dan minta maaf kalau ada kata yang salah.

    Jadi biaya yang habis:

    1. biaya paspor: 750 k
    2. biaya parkir dan makan bakso karena sering sekali disurung tunggu: 10 k x 7 kali
    3. biaya hotel/penginapan, karena teman saya itu berasal dari kampung pedalaman sekali.
    4. Biaya obat sakit kepala, karena keseringan orang imigrasi membentak dan memperlambat, teman saya itu selalu pusing dan sakit kepala. Untuk dia tidak membelli pisau.
    5. biaya lain-lain yang tidak terkira.

    kejadian itu terjadi tahun 2001 di kantor imigrasi i medan, jalan binjai.. hampir tidak jauh dari sarang korupsi lainnya yang nggak kalah ganasnya yaitu kantor depag sumut

    Balas
  • 2. puji agung  |  Februari 4, 2009 pukul 3:05 am

    tks atas informasinya kebetulan ogut juga mo bikin fasfor buat istri…
    wahh emang tuh birokrasi tambel ban…bilangnya gak ada korupsi tapi malah diperlambatatau malah dipersulit. tambel ban juga kayak gitu ban bocor disobek suruh ganti ban baru……edannnn

    tks atas informasinya kebetulan ogut juga mo bikin fasfor buat istri…

    Balas
  • 3. uswatun khasanah spd  |  Juli 6, 2009 pukul 4:11 pm

    gue jg pernah mo buat paspor……………..untuk gue, anak n adik. tapi GATOT alias gagal total……………….karena banyaknya syarat itu?……………….tapi ini gue mo coba buat lagi, mudah-mudahan lancarlah………..tolong dong pak imigrasi jangan ribet kalo yang buat orang baik2 seperti saya…………………..

    Balas
  • 4. ustadz bekam  |  April 3, 2011 pukul 5:08 pm

    ane mah kalo mo memperpanjang paspor mau minta tolong pak Gayus aja biar cepet kelar

    Balas
  • 5. rinvip  |  Juli 3, 2011 pukul 1:58 pm

    jadi kalo mau buat paspor untuk jaga2 aja ga boleh ? ane mau bikin buat persiapan aja, siapa tau ada rejeki jd kan lgsg jalan😀

    Balas
  • 6. anisah  |  Maret 18, 2012 pukul 12:44 pm

    saya mau bkin pspor untk anak sya,,,,prsatan’y apa aj,,,,tolong d’beri taukan,,,mksih,,,

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Januari 2008
S S R K J S M
    Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Kategori

Add to Technorati Favorites