Peluang usaha motor bak beroda tiga

Juni 17, 2008 at 12:36 am 22 komentar

USAHA
Tabloid KONTAN No. 5, Tahun X, 31 Oktober 2005

Banyak Bisnis di Boncengan Roda Tiga
Peluang usaha motor bak beroda tiga

Dengan menggandeng prinsipal sepeda motor, Anda bisa merakit kendaraan roda tiga. Memang, sih, modalnya mencapai miliaran. Tapi, dengan strategi jitu modal Anda bisa kembali kurang dari setahun.

Hayo, apa saja kendaraan bermotor roda tiga? Ada bajaj, bemo, helicak, motor becak, apa lagi, ya? Ditambah satu lagi: motor bak alias motor beroda tiga yang di belakang pengemudi ada bak untuk mengangkut barang.

Munculnya produk baru ini jelas tak ujug-ujug, tapi memang karena permintaan. Maka, banyak produsen yang menekuni bisnis sepeda motor roda tiga. Salah satunya PT Vivamas Qingqi Motor, dealer motor China yang membesut Samson Super di Indonesia tahun 2002. Merek lain yang mengeluarkan motor bak terbuka adalah Tossa.

Mula-mula Samson keluar dengan kapasitas mesin 100 cc. Lalu dinaikkan menjadi motor bak 150 cc, dan mampu mengangkut beban sampai 400 kg dengan kecepatan tertinggi 65 km per jam. Penjualannya cukup pesat. PT Vivamas bisa menjual 500-600 unit motor bak roda telu setahun. Maklumlah, angkutan ini memang praktis, bisa untuk angkutan sayur ataupun dagangan kelontong.

Tak cuma motor bak “bugil” yang berseliweran di jalan. Sepeda motor bak tertutup dan modifikasinya juga mulai banyak. Nah, model beginian pasarnya jauh lebih luas. Sudah begitu, yang diangkut juga beragam. Makanya banyak produsen yang berbondong-bondong membesut motor beginian, sebut saja merek Kaisar dan Fukuda.

Memang, para produsen itu tak mengerjakan pembuatan bak sendiri. Mereka hanya merancang sepeda motor roda tiga, kemudian untuk modifikasi diserahkan kepada pihak lain. Kaisar, misalnya, menggandeng PT Trimitra Sukses Makmur yang juga berfungsi sebagai dealer utama sepeda motor roda tiga China itu.

Jonlie Nauli, salah satu pemilik Trimitra, menjelaskan bahwa produk yang bernama Triseda itu tidak asal menempelkan motor pada boks di belakangnya, tapi dirancang khusus. Sekadar contoh, rangka penyangganya mulai dari depan hingga belakang.

Motor roda tiga bermesin 150 cc ini tidak menggunakan rantai. Sebagai gantinya, montir Trimitra memasang gardan. Hasilnya, sebagaimana mobil, motor ini bisa bergerak maju mundur. “Kami juga merancang dengan tingkat diferensial ban yang tinggi,” ungkap Jonlie. Maksudnya, putaran roda belakang kiri dan kanan tidak sama. Dengan begitu, jika memutar di putaran tidak ngesot. Sedangkan kalau di jalan lurus dan berjalan ngebut tak ada hambatan.

Kuncinya: inovasi, promosi, dan presentasi

Dari sisi ekonomis, penggunaan sepeda motor roda tiga ini jauh lebih hemat. Perbandingan harga, misalnya, satu mobil setara dengan enam sepeda motor. Lainnya, pajak kendaraan yang dibayar tiap tahun lebih murah hanya Rp 150.000. Bandingkan dengan mobil yang bisa di atas Rp 1 juta setahun.

Dari segi kelincahan, motor jelas lebih gesit. Jalan sempit dan jelek bisa diterobos. Dan, di tengah kenaikan harga BBM yang menggila, motor jauh lebih hemat. Perbandingannya 1:30 alias 1 liter untuk 30 km. Bandingkan dengan mobil yang 1:7 atau 1 liter hanya untuk 7 km.

Harga sepeda motor roda tiga ini memang sangat bervariasi. Vivamas, misalnya, melego mulai harga Rp 13 jutaan sebiji. Sementara, Trimitra menjual bak terbuka mulai dari Rp 14 jutaan. Adapun untuk yang tertutup harganya mulai dari Rp 18 juta sampai Rp 28 jutaan. “Harga kita benar-benar efisien. Tiger saja sudah Rp 23,5 juta. Produk kita kan buat usaha,” ujar Jonlie berbau promosi.

Bagaimana hitung-hitungan dengan prinsipal? Gampang. Sebagai dealer, Trimitra bisa memasukkan harga motor dari prinsipal Kaisar sebagai harga pokok penjualan. Jadi, anggap saja sebagai “bahan baku”.

Dengan keunggulan dan kehematan itu, banyak pebisnis yang memanfaatkan si roda tiga ini. Misalnya, untuk servis keliling, perpustakaan, bak sampah, puskesmas, rental VCD/DVD, perawatan mobil, alat angkut sepeda motor (bisa untuk dua unit motor), angkutan di tempat pariwisata, atau tempat jualan mi instan. Produk ini juga bisa digunakan sebagai iklan berjalan, karena bodinya bisa dipasangi logo perusahaan, asal masih dalam koridor: panjang 1,5 meter, lebar 1,15 meter, dan tinggi 1 meter.

Berbagai perusahaan dan instansi pun berbondong-bondong memakainya. Sebut saja Top One, Pennzoil, Esia, Video Ezzy, Aqua, Burger Edam, penerbit Mizan, beberapa penjual roti dan tukang sayur. Sejumlah pemda memakainya untuk angkutan sampah. Serbaguna, memang.

Tapi, untuk mendapatkan order jelas tak bisa dilakukan hanya dengan ongkang-ongkang kaki. Trimitra aktif melakukan presentasi ke kantor-kantor. “Hanya kita yang jualan motor pakai presentasi,” ucap Jonlie yang jebolan Direktur PT Daya Adira Mustika (DAM) – distributor tunggal motor Honda untuk Jawa Barat.

Selain itu, promosi juga harus aktif dilakukan, menyebar brosur atau memasang iklan di surat kabar maupun majalah. Khusus untuk Trimitra, tahun depan mereka mulai berpromosi via layar kaca.

Tak kalah penting, omong kosong kalau penjualan sepeda motor tak diimbangi dengan layanan purnajual dan suku cadang. Trimitra bahkan menyediakan layanan darurat 24 jam. Nah, lantaran bentuknya yang ajaib, seluruh produsen menjamin bahwa produk ini bisa menggelinding di seluruh Indonesia. “Kalau ditilang lantaran bentuknya, kami yang mengurus,” kata Jonlie. Sayang, khusus di Jakarta, produk ini sebagai satu moda transportasi masih diharamkan oleh Gubernur Sutiyoso.

Tahun depan 1.000 unit sebulan

Kalau Anda berminat mendirikan usaha semacam Trimitra atau Vivamas, menurut Jonlie, peluang masih terbuka lebar. “Pasarnya masih luas,” ucapnya. Ia bercerita, ketika pendirian awal tahun ini, ia hanya bermodalkan Rp 1,5 miliar dengan dua orang karyawan. Tapi, sekarang ia sudah berkembang memiliki 50 pegawai. Lalu ia pun menggandeng Kaisar.

Makanya, kalau ada pemain baru, dia juga perlu menggandeng salah satu prinsipal. Biasanya, sih, motor China, bukan Jepang. Bagi Jonlie, soal citra motor China yang dianggap tak berkualitas, itu bukan masalah. Sebab, komponen lokal produknya sudah 50%. Tentu saja Anda juga harus mempersiapkan pusat perakitan kecil-kecilan.

Setelah itu, si pengusaha juga mesti siap mendidik SDM-nya. Maklum, inilah tim kreatif bisnis ini. Setelah memiliki SDM yang oke, dia harus giat menjual produk ini ke mana pun. Kalau sudah mapan, jaringan harus diperluas. Jangan lupa menggandeng lembaga pembiayaan untuk memudahkan pembeli mencicilnya.

Soal kapan balik modal, itu sangat bergantung pada kegigihan dan strategi Anda. Lihat saja Jonlie, kendati baru mulai beroperasi awal tahun, bulan Juni kemarin mengaku sudah balik modal.

Ini lantaran saban bulan ia berhasil melego 300-an unit ke seluruh Indonesia. “Tahun depan target saya 1.000 unit sebulan,” tekadnya. Dengan margin laba yang menurutnya lumayan, sekitar dua digit, wajar saja kalau tak sampai setahun ia sudah mereguk nikmatnya titik impas. Hayo, Anda berminat?

Ahmad Febrian

Tabel simulasi perhitungan bisa di donlod di SINI

About these ads

Entry filed under: Bisnis. Tags: , , , , , , , , , , .

Kini, Suzuki juga buka kios sepeda motor The 99

22 Komentar Add your own

  • 1. immanuel sembiring  |  Juli 14, 2008 pukul 8:06 am

    kami berminat membeli motor bak beroda tiga mohon alamat yang dapat dihubungi

    Balas
    • 2. simon  |  Februari 26, 2012 pukul 11:13 am

      Tepatnya di sini almatnya. saya pernah belinya disini . hargnya lumayan, karena sudah dapat discount.
      Gedung ASean Tower, jln, samanhudi No 10. Jakarta Pusat. tlpnya 3802865.

      Balas
  • 3. wati  |  Juli 17, 2008 pukul 4:06 am

    minta alamat no. telp. yang jual motor roda 3 donk…

    Balas
  • 4. jefal  |  Juli 19, 2008 pukul 2:56 pm

    minta alamat dan no telp yang jual motor roda 3

    Balas
  • 5. manda  |  Agustus 7, 2008 pukul 4:20 am

    Saya sedang mencari motor dgn bak tertutup dibelakangny, bisa minta alamatnya dan tlp dealernya? dan sy jg ingin buat box delivery utk motor, dmn ya kira2

    Tnx

    Balas
  • 6. Haris  |  September 3, 2008 pukul 2:33 am

    Saya sedang cari dealer motor roda 3 dengan bak terbuka, tolong minta alamatnya dong, saya didaerah rawa belong – kebon jeruk jakarta barat.
    Thank’s ya….

    Balas
  • 7. djoko hantono  |  September 22, 2008 pukul 6:00 am

    tolong minta alamat dealer yang terdekat yntuk motor roda tiga bak terbuka, saya di Meruya, jakarta barat

    Balas
  • 8. jonathan  |  Oktober 11, 2008 pukul 5:38 am

    Untuk daerah Surabaya
    TEKAD MOTOR – dealer resmi Vivamas
    Jl. Kapasari no.6 sby
    031-3710666/3720666

    *Juga melayani penjualan luar kota, luar pulau

    Balas
    • 9. Aqing  |  April 4, 2011 pukul 6:17 am

      saya minta company profile beserta catalog motor tiga roda yang anda punya, saya mau beli beberapa unit untuk di kirim ke Timor Leste, mohon responx.

      Salam,
      Aqing
      Timor Leste
      +670777 000 1

      Balas
  • 10. donny  |  Oktober 28, 2008 pukul 8:43 am

    saya tinggal di daerah ciputat..
    tolong infonya tentang dealer terdekat yang menjual motor roda tiga dengan bak terbuka, mohon secepatnya d kabari.
    terima kasih

    Balas
  • 11. sikki  |  November 13, 2008 pukul 3:57 am

    mau dong alamat dealer tossa terdekat klau bisa d jakarta selatan motor 3 roda merk apa saja terutama tossa kaisar

    Balas
  • 12. Adi  |  November 13, 2008 pukul 2:41 pm

    Coba klik di website : http://www.motorkredit.com disana jual segala motor… ada juga yg 3 roda bro…

    Balas
  • 13. tamba  |  Januari 27, 2009 pukul 2:20 am

    Selamat Pagi,
    Aku tinggal di daerah Kebon Jeruk, jika mau beli Fukuda (Motor Roda Tiga) bak tertutup, dimana yach…?
    Mohon Informasinya. Atas bantuannya trimakasih.

    Balas
  • 14. laily  |  Februari 4, 2009 pukul 5:26 am

    Selamat siang, mohon infonya kalau ada motor roda 3 yang bukan untuk berdagang, tetapi bisa digunakan untuk kegunaan pribadi; butuh untuk mengantarkan anak.

    Terima kasih

    Balas
  • 15. made santika  |  Maret 14, 2009 pukul 8:16 am

    saya mau motor rods tigs untuk motor sampah mohon informasi dan harga sampai di bali

    Balas
  • 16. arman  |  April 28, 2009 pukul 9:47 am

    Kira-kira kalo kondisi jalan banyak tanjakannya kuat gak ya????

    Balas
  • 17. suparman  |  Juni 10, 2009 pukul 9:37 am

    ko ga ada alamat yang di jakarta ya…
    saya lagi butuh kendaraan roda 3…..
    kasih tau dong yang wilayah jakarta atau ciputat

    Balas
  • 19. Bie Khing  |  Oktober 26, 2011 pukul 9:34 am

    Bgmn dgn perbandingan kualitas motor dengan biaya maintenance? Krn motor2 tiga roda kan mesinnya pake mesin Cina yg notabene (apalagi dipatok dgn harga murah banget) identik dgn gampang rusak. Dgn mesin 150cc utk angkut beban mx. 500kg, apa gak keterlaluan tuh beratnya? Apalagi pake roda yg besar dgn gardan.

    Balas
  • 20. simon  |  Februari 26, 2012 pukul 11:12 am

    Tepatnya di sini almatnya. saya pernah belinya disini . hargnya lumayan, karena sudah dapat discount.
    Gedung ASean Tower, jln, samanhudi No 10. Jakarta Pusat. tlpnya 3802865.

    Balas
  • 21. Ridwan Adam  |  Maret 6, 2012 pukul 2:58 pm

    dealer tossa di bandung dimana?

    Balas
  • 22. sunarto  |  Mei 4, 2012 pukul 11:28 am

    Orang bilang suku cadangnya susah didapat
    Rusak dikit aja, membutuhkan biaya yg banyak

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Juni 2008
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Kategori

Add to Technorati Favorites

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.