Tawaran waralaba Kedai Kopi dan It’s Coffee

Juni 1, 2008 at 5:17 am 26 komentar

WARALABA
Tabloid KONTAN No. 31, Tahun X, 8 Mei 2006

Menyeruput Kopi, Menenggak Hoki
Tawaran waralaba Kedai Kopi dan It’s Coffee

Usaha kedai kopi ternyata masih mampu mendatangkan untung lumayan yahud. Jika tak tahu harus mulai dari mana, Anda bisa menjajal waralaba Kedai Kopi dan It’s Coffee asal Yogyakarta. Modalnya Rp 175 juta sampai Rp 250 juta.

Di Yogyakarta lima orang anak muda yang masih kinyis-kinyis mencoba mewu-judkan hal yang sepertinya terdengar mustahil buat mereka. Teddie Dian Patria, Deni Neilment, Roni Wirayuda, Muhammad Ali Sofyan, dan Citot Tatar Kusnoto adalah sekelompok anak muda biasa yang gemar ngopi dan nongkrong hingga pagi. Tapi, siapa sangka, hobi mereka itu ternyata bisa melahirkan bisnis yang menguntungkan.

Di tahun 2003, menjelang kelulusan mereka dari bangku kuliah, lima sekawan itu nekat merintis usaha kedai kopi milik mereka sendiri. Mereka pun lantas mengadakan riset dan survei ke berbagai kota. Bermodal ongkos kereta maupun pesawat dari orang tua, mereka mondar-mandir ke Jakarta, Bandung, dan Semarang untuk menjajal semua warung kopi dari kelas kaki lima hingga kelas eksekutif muda. “Kami enggak tahu soal perkopian dan manajemen coffeeshop, tapi kami terus belajar,” ujar Teddie.

Mereka juga keluar-masuk perkebunan kopi untuk mencari jenis kopi yang ideal bagi lidah orang Indonesia. Blind test pun dilakukan. Mereka mengundang lebih dari 500 orang untuk mencicipi kopi dengan beragam variasinya. Singkat cerita, akhirnya, kelima sekawan itu berhasil menemukan 65 jenis minuman kopi. Sebagian besar minuman itu merupakan hasil campuran kopi dengan berbagai jenis bahan lainnya. “Tapi, tak ada campuran alkohol dalam kopi, lo,” tutur Teddie. Sebagai pendamping kopi, lima anak muda ini juga menemukan 32 jenis makanan ringan.

Cuma, ada satu masalah. Mereka tak punya modal yang cukup untuk membuka sebuah warung kopi. Sebagai jalan keluar, mereka pun kemudian membuat proposal untuk disodorkan kepada calon investor yang berminat memutarkan uang di warung kopi mereka. Dari 100 calon investor yang mereka datangi, hanya lima investor yang tertarik pada presentasi anak-anak bau kencur ini. “Modalnya terkumpul kurang dari 100 juta,” ujar Teddie. Modal itulah yang kemudian mereka gunakan untuk membuka sebuah gerai coffeeshop bernama Kedai Kopi Espresso Bar di bilangan Gejayan, Yogyakarta.

Menjelang akhir 2004, nama Kedai Kopi yang membidik pasar mahasiswa ini sudah kondang di kawasan Gejayan dan sekitarnya. Dalam satu malam, Kedai Kopi bisa menghidangkan tak kurang dari 200 cangkir kopi. Melihat kesuksesan gerai ini, para investor lain pun kepincut untuk menanamkan investasi di warung kopi yang serupa.

Tapi, lantaran ogah membikin cabang Kedai Kopi, anak-anak muda yang menamai dirinya Teammates Coffee Indonesia itu kemudian membangun warung kopi baru bernama It’s Coffe Espresso Bar. Target pasar yang mereka bidik: eksekutif muda. Waktu itu untuk membuat coffeeshop baru ini mereka menggelontorkan dana sekitar Rp 50 juta

Franchise tanpa franchise fee

Meskipun usianya belum genap dua tahun, kini nama Kedai Kopi dan It’s Coffee sudah lumayan moncer di Kota Gudeg. Tak urung, kesuksesan ini mengundang investor-investor baru yang berasal dari berbagai kota; mulai dari Solo, Semarang, Malang, Surabaya, Makasar, Balikpapan, sampai Medan. Demi merespon keinginan para investor, Teddie dan empat orang temannya membuat skema waralaba untuk para investor yang berminat membuka Kedai Kopi maupun It’s Coffee

Untuk bisa menjadi terwaralaba (frachisee), tentu saja, calon investor harus memiliki tempat. Biar cepat ramai, tempat ini harus strategis. Untuk Kedai Kopi, karena membidik pasar mahasiswa, idealnya berada di dekat kampus. Adapun It’s Coffee lebih baik berada di dekat kawasan perkantoran. Oh, ya, jangan lupa; lokasi gerai itu sebaiknya juga memiliki ruang parkir yang memadai.

Setelah memiliki tempat, calon franchisee juga harus menyediakan modal duit tunai. Untuk membuka Kedai Kopi, modal awal yang harus dikeluarkan adalah sebesar Rp 175 juta. Modal pembukaan It’s Coffee lebih besar: Rp 250 juta. Sebagian besar dari duit ini, sekitar Rp 40 juta, akan digunakan untuk pengadaan perlengkapan, seperti mesin penggerus kopi, gelas, maupun oven microwave.

Enaknya, dengan menyetorkan modal segitu, calon terwaralaba dan semua calon barista (pelayan coffeeshop) sudah memperoleh pelatihan yang lengkap dari Teammates Coffee Indonesia; mulai dari cara meracik kopi, cara membuat makanan ringan (pastry) pendamping kopi, sampai manajemen kedai.

Bagaimana dengan franchisee fee? Inilah uniknya. Teammates Coffee Indonesia membebaskan biaya franchise. Sebagai pewaralaba (franchisor), ia hanya mengutip ongkos royalti atawa royalty fee. Tarifnya juga tak tinggi-tinggi amat, hanya 8% dari omzet kotor per bulan.

Modal kembali dalam satu tahun

Anda tertarik? Menurut Amir Karamoy, Ketua Dewan Pengarah Perhimpulan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI), prospek waralaba kedai kopi seperti itu masih cukup bagus. Ingat, belakangan semakin banyak pebisnis yang melakukan deal bisnis sembari kongko di warung kopi. “Ini menjadi sebuah tren dan fesyen tersendiri di Indonesia,” ujar Amir. Kata Amir, daerah yang cocok untuk mengembangkan franchise warung kopi adalah di Jabotabek, Bandung, Makasar, Surabaya, Semarang, dan Denpasar.

Cuma, agar sukses, kedai kopi itu harus memiliki nilai plus. Beruntung, baik Kedai Kopi maupun It’s Coffe memiliki nilai plus ini. Mereka memiliki kualitas kopi yang baik. Untuk kedua gerai itu, Teddie selalu memilih kopi nomor satu yang sekelas dengan kopi siap ekspor. Kopi ini segar karena digiling sendiri. Jika dalam seminggu kopi ini masih ada di kantong pembungkusnya, kopi itu akan dibuang dan diganti dengan yang baru.

Selain itu, Kedai Kopi maupun It’s Coffee juga menyediakan hotspot gratis bagi pelanggannya. Artinya, jika membawa laptop, setiap pengunjung bisa mengakses internet secara gratis; baik di pekarangan, di halaman parkir, atau di dalam warung kopi. Malah, di meja bar It’s Coffee, sudah disediakan satu unit komputer yang bisa digunakan dengan cuma-cuma.

Kopi enak, tempat nyaman, barista oke, hotspot gratis; kurang apa lagi? Semua ini bisa menjadi modal bagi para franchisee Kedai Kopi maupun It’s Coffee untuk menggaet pelanggan. Margin keuntungan warung kopi ini lumayan, lo. Jika Kedai Kopi Anda bisa mengantongi omzet Rp 30 juta sebulan, Anda diperkirakan bisa memperoleh keuntungan bersih sekitar Rp 13,8 juta (46%). Untuk It’s Cofee, asal bisa mencapai penjualan sekitar Rp 50 juta sebulan, keuntungan bersih yang Anda peroleh bisa mencapai sekitar 25 juta atau 50%. Dengan hitung-hitungan seperti itu, insya Allah, modal Anda akan kembali dalam waktu 10-13 bulan.

Femi Adi Soempeno (Yogyakarta)

Tabel simulasi perhitungan bisa di donlod di SINI

Tulisan Lain yang Berhubungan

Peluang waralaba kedai kopi Gloria Jeans Coffees

Menjajaki waralaba kedai kopi Cup & Cino

Membandingkan tawaran dua waralaba kafe [Miko Coffee , Beanstock Coffee and Tea]

About these ads

Entry filed under: Bisnis. Tags: , , , , , , , , , , .

Menjajaki waralaba kedai kopi Cup & Cino blogkage updates vol 3

26 Komentar Add your own

  • [...] Tawaran waralaba Kedai Kopi dan It’s Coffee [...]

    Balas
  • 2. Membandingkan tawaran dua waralaba kafe « blog-nya kage  |  Juni 6, 2008 pukul 1:11 am

    [...] Tawaran waralaba Kedai Kopi dan It’s Coffee [...]

    Balas
  • 3. Indra  |  Agustus 19, 2008 pukul 5:08 am

    Gimana cara menghubungi pihak manajemen Teammates Coffee Indonesia. Karena saya tertarik utk membukanya dikota saya

    Balas
  • 4. Arief K  |  September 20, 2008 pukul 3:46 pm

    kebetulan saya tinggal di bandung, dan saya menyewa tempat di jalan wastukencana no 18 ( cukup pusat kota) saya lagi mencari patner utk buka kedai kopi didaerah tersebut dengan membidik market menengah, karena disebelahnya sudah ada showroom homethather, silahkan jika ada yg tertarik menghubungi saya di 0818723684, thanks

    Balas
  • 5. kejarsetoran  |  September 21, 2008 pukul 6:10 pm

    gw sih hanya nyari yg mo kerjasama buka usaha..

    Balas
  • 6. agus  |  Oktober 14, 2008 pukul 6:20 am

    saya tertarik dengan bisnis ini. saya ingin membuka outlet di mall di jakarta. tolong diberikan contact person dari pihak manajemen Teammates Coffee Indonesia.
    terima kasih…

    Balas
  • 7. Guffy  |  Oktober 24, 2008 pukul 5:56 am

    Ayo kita kerjasama! Hubungi kami di 085 645 207 207 atau 031 8854348. Saya di Sidoarjo-JAWA TIMUR!

    Balas
  • 8. Guffy  |  Oktober 24, 2008 pukul 6:01 am

    Sama sama enaknya nanti kalo kita bisa kerjasama. Dalam hal ini anda tak perlu lagi khawatir dengan kami. Kami juga mau diajak kerjasama di bidang penjualan aneka masakan. Tolong segera hubungi kami. Di 085 645 207 207 atau 031 8854348 E-mail: masakanremaja@yahoo.co.id

    Balas
  • 9. COFFEE BREAK  |  Desember 7, 2008 pukul 3:07 pm

    PERINGATAN :
    BERITA DAHSYAT !!!

    Telah dibuka kesempatan bisnis (BUSINESS OPPORTUNITY) coffee shop. dengan konsep terbaru di Indonesia.

    Dapatkan harga fee mulai dari 50jt – 1 M

    Informasi hubungi :
    PT COFFEE BREAK INDONESIA
    085.234.998808

    Kesempatan terbatas untuk waktu yang terbatas.

    Silahkan hubungi kami untuk event INDONESIA BARISTA CHAMPIONSHIP AWARDS 2009

    *Khusus Dewasa

    Balas
  • 10. rizki  |  Januari 2, 2009 pukul 8:04 am

    ada yg tau dimana kursus barista yg bgs di surabaya?

    Balas
  • 11. tika  |  Januari 4, 2009 pukul 1:05 am

    ayo rame2 kita kerjasam,,,3-4 orang kan lumyan buat nutup 170 jt ntu,,,,

    tertarik,,hub,gw d 081371010270

    Balas
  • 12. andreas  |  Januari 7, 2009 pukul 3:19 am

    saya tertarik untuk membuka kedai kopi di semarang, , , ,
    munkin dari anda sekalian bisa membimbing saya untuk memulai usaha ini, , ,misal dlm hal contoh proposal, , ,apa yang dibutuhkan, , ,etc.

    contact:
    cicakdidinding@gmail.com

    saya mohon bantuan. . .
    terima kasih. . .

    Balas
  • 13. COFFEE BREAK  |  Januari 21, 2009 pukul 4:28 am

    CARZY PROMO !
    Menyambut awal tahun 2009

    COFFEE BREAK
    membuka kesempatan untuk :
    – Para pebisnis (entrepreneur), mahasiswa, investor atau siapun Anda untuk memiliki coffee house dengan harga special..

    Hanya Khusus untuk 20 MITRA..
    – BONUS : MESIN KOPI, POTONGANH FEE MANAGEMENT, FREE FEE ROYALTY !

    SEMUANYA MUNGKIN HANYA DI COFFEE BREAK?

    wait!
    Jika Anda ingin menjadi Barista?
    Segera gabung bersama kami…

    Semuanya mungkin…Hanya ada di COFFEE BREAK?

    Segera hubungi marketing di 0341-7700020 atau SMS di 085.234.998808 SEGERA!

    INGAT HANYA untuk 20 MITRA SAJA DI SELURUH INDONESIA !

    *Promo ini berlaku hingga bulan Februari 2009

    SEGERA !
    hubungi marketing di 0341-7700020 atau SMS di 085.234.998808

    Jangan sampai pesaing Anda, di kota Anda mendahului Anda…

    PROMO ini berlaku untuk 1 kota 1 MITRA !

    ” sudahkah Anda coffee break hari ini ?”

    Balas
  • 14. Dwi  |  Januari 24, 2009 pukul 9:51 am

    Tolong diberi kontak person managenen Kedai Kopi dan It’s Coffee asal Yogyakarta. soalnya saya tertarik buat usaha dibidang yang sama.

    Balas
  • 15. Aken  |  Februari 5, 2009 pukul 7:23 am

    No contact Coffee Break kok sulit dihubungi.
    Saya tertarik buka coffee shop di Bali, bisa diemail di
    bali.kopi@yahoo.com
    terima kasih att’nya

    TOLONG KIRIM SEGERA

    Balas
  • 16. John  |  Februari 10, 2009 pukul 2:15 pm

    coffe break dimana saya bisa ikut kursus Barista?

    Balas
  • 17. adi  |  Maret 18, 2009 pukul 2:45 am

    mana simulasi perhitungannya? koq gak bisa di download? aq butuh banget ni..

    Balas
  • 18. indra  |  April 3, 2009 pukul 10:56 am

    saya tertarik ingin buka usaha coffe shop di bali tapi dengan konsep yang sederhana (ekonomis), kira bisa bantu sya mengenai pembuatan proposal dan hal-hal yang harus diketahui terkait dengan coffe shop. trims

    Balas
  • 19. tryvo  |  Mei 2, 2009 pukul 8:34 am

    Hallo Guys,

    Aku sedia Fresh Roast Arabica grade 1 Export Quality , green bean diambil hanya dari yang lolos Cup test dari Exporter medan.

    Aku menyediakan kopi specialty / single origin dari Takengon , Lintong, Siborong-borong dan Mandailing. Harga sangat terjangkau dibandingkan dengan brand , kwalitas bisa di rasakan….^_^ – “lidah ga bisa bohong kan…hehe”

    Bagi yang butuh arabica fresh roast bisa langsung contact aku di 0812.65.080.182. atau email aku di TRYVO@HOTMAIL.COM , nanti aku kirim price list dan foto2x nya.

    Cheers ! ^_^

    Balas
  • 20. soraya  |  Juni 1, 2009 pukul 3:46 pm

    saya hobby sekali ngopi kebetulan di kota saya belum ada cofeeshop,dapatkah saya membuka usaha cofee break di sini,bagaimana proses dan berapa modal untuk itu.info tlg dikirim di e-mail saya atau di no 085334057505- tq

    Balas
  • 21. waralaba2009  |  Juli 24, 2009 pukul 8:04 am

    MAU USAHA FRIEDCHICKEN?
    HATI-HATI DENGAN WARALABA FRIEDCHICKEN YANG MENGAMBIL UNTUNG BESAR DARI USAHA ANDA!

    KUNJUNGI LINK BERIKUT INI

    http://waralaba-friedchicken.blogspot.com/

    Balas
  • 22. tutie  |  Juli 13, 2011 pukul 4:58 am

    mau dong contact person pihak Kedai Kopi dan It’s Coffee…
    pgn ikutan berbisnis coffee shop nih…

    Balas
  • 23. Adistie Mina Nicoesia  |  Juli 15, 2011 pukul 4:30 am

    coffe break dimana ya saya bisa ikut kursus Barista..,,,,

    Balas
  • 24. supryadi  |  Februari 6, 2012 pukul 8:11 pm

    tolong dong. . , bagi2 cara buka kedai/warung kopi. Saya juga pengen banget buka warung kopi di sekitar sini. Kayaknya asik tuh. .

    Balas
  • 25. legi hariyanto  |  Maret 31, 2012 pukul 8:15 am

    wah saya sangat tertarik dgn bisnis ini. Tapi modal saya masih kurang..bagaimana caranya ya.

    Balas
  • 26. aqiqah  |  Oktober 7, 2012 pukul 4:01 am

    Penawaran wara laba yang manis tapi butuh modal besar..mudah” an bisa segera dapaet modal dan bisa Action…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Juni 2008
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Kategori

Add to Technorati Favorites

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.