Melongok tawaran kerja sama SPBU Pertamina

Mei 6, 2008 at 12:06 am 71 komentar

USAHA
Tabloid KONTAN No. 13, Tahun X, 2 Januari 2006

Enakan Jadi Juragan Bensin
Melongok tawaran kerja sama SPBU Pertamina

Bila punya lokasi usaha strategis dan modal miliaran rupiah, Anda bisa menyabet peluang bisnis SPBU yang kini gencar ditawarkan Pertamina. Permintaannya besar, keuntungannya juga tinggi. Dalam 2-5 tahun Anda bisa balik modal. Tapi, bersiaplah menghadapi persaingan ketat dari pemain asing yang mulai menyerbu masuk.

Tak bisa dibantah, bahan bakar minyak (BBM) telah menjadi salah satu komoditas paling penting di dunia. Teramat banyak aktivitas manusia modern yang mutlak membutuhkan sumber energi ini. Kekurangan BBM bisa membuat kegiatan ekonomi macet, bahkan menimbulkan kerusuhan sosial.

Masih basah dalam ingatan kita, bagaimana kelangkaan BBM menjelang kenaikan harga pada Oktober 2005 lalu membuat masyarakat kalang kabut dan ribut. Toh, meski harus antre seharian dan harganya naik selangit, orang tetap memburunya.

Mengingat sampai saat ini Indonesia belum menemukan sumber energi pengganti BBM, prospek usaha SPBU bakal tetap gilang gemilang. Apalagi margin dan likuiditas bisnis jual beli BBM ini juga tinggi.

Di era monopoli, sudah menjadi rahasia umum, tanpa koneksi, orang belum tentu bisa jadi juragan SPBU, meski punya duit pecahan gede sekoper penuh. Untung, kondisi berubah. Sejak pemerintah mengizinkan masuknya pemain asing, kini justru Pertamina yang gencar menawarkan kerja sama pembangunan SPBU kepada masyarakat luas.

Ada dua persyaratan utama untuk menjadi mitra usaha SPBU Pertamina. Yakni, lokasi usaha dan modal miliaran. Calon mitra harus memiliki tempat usaha dengan luas minimal 1.500 m2. Lokasinya harus strategis, yakni banyak dilalui kendaraan, dan persaingan kios bensin di lokasi itu belum begitu tinggi.

Jika lokasi Anda benar-benar bagus, Pertamina akan menawarkan pola kerja sama Prime. Anda cukup menyediakan lahan, sedangkan modal investasi untuk membangun SPBU berikut peralatan akan disediakan Pertamina. Dengan begitu, Pertamina tentu akan memiliki sebagian saham SPBU itu.

Kalau lokasi Anda tidak termasuk primer, tapi masih memiliki prospek yang cukup baik, Anda bisa memilih pola kerja sama Reguler. Dalam pola ini, Anda harus memodali sendiri pendirian SPBU yang jumlahnya sekitar Rp 3 miliar. Investasi ini mencakup pembangunan SPBU dan kantor, berikut berbagai peralatan. Di antaranya mesin pengisian digital alias dispensing pump berikut tangki timbun untuk menyimpan setiap jenis BBM yang akan Anda jual.

Dana investasi itu juga sudah termasuk royalty fee untuk Pertamina. “Setiap lima tahun sekali kami akan mengevaluasi SPBU dan juga menarik royalty fee,” ujar Muhammad Harun, juru bicara Pertamina. Besarnya royalti ini sangat tergantung dari lokasi dan hasil negosiasi dengan Pertamina. Tapi, sebagai patokan, besarnya antara Rp 200 juta sampai Rp 500 juta per lima tahun.

Di luar investasi pembangunan SPBU itu, calon mitra juga harus menyediakan uang setoran alias deposit pembelian BBM kepada Pertamina. Besarnya minimal sebesar harga pokok pembelian BBM per hari oleh SPBU. Simpanan itu ditaruh di rekening setoran (escrow account) di bank. Banknya boleh bank apa saja, asalkan sudah disepakati sebelumnya dengan Pertamina. “Begitu stok BBM di SPBU tinggal sedikit, kami siap mengirimkan pasokan BBM dengan mendebet dari escrow account-nya,” terang M. Harun.

Penentuan besarnya deposit pembelian BBM ini harus diperhitungkan dengan cermat oleh pemilik SPBU. Deposit yang terlalu kecil bisa merepotkan. Pengusaha SPBU harus mengurus escrow account ini saban hari, di samping tak bisa dengan mudah menambah pasokan BBM jika sewaktu-waktu ada lonjakan permintaan. Tapi, simpanan dana yang terlalu banyak juga tak efektif.

Margin bersihnya sampai 70%

Oke, bila Anda tertarik dan memenuhi kedua syarat utama tadi, langkah pertama masuk ke bisnis ini adalah mengajukan aplikasi secara online. Formulir aplikasi bisa kita akses di wxx.pertamina.com.

Untuk aplikasi yang disetujui, Pertamina akan menyusun rencana bisnis (business plan) untuk SPBU di lokasi Anda. Dalam rencana bisnis inilah akan ditentukan berapa banyak dispensing pump dan tangki pendam yang harus Anda sediakan. Dus, juga akan diketahui lebih detail berapa besar modal dan royalty fee yang harus Anda bayar.

Oh, ya, rencana bisnis ini hanya akan dianggap layak jika Anda diperkirakan bisa menjual minimal 15 ton (15.000 liter per hari). Angka perkiraan ini diperoleh berdasarkan pemantauan Pertamina atas arus lalu-lintas dan persaingan kios bensin di lokasi Anda.

Anda bisa memberikan tanggapan ataupun menegosiasi isi business plan itu. Bila semuanya beres dan semua dokumen yang Anda butuhkan sudah lengkap, Anda akan menandatangani kontrak kerja sama dengan Pertamina. Kontrak kerja sama ini berlaku selama 15 tahun dan akan dievaluasi setiap lima tahun sekali.

Selanjutnya, Anda tinggal membangun SPBU sesuai dengan spesifikasi Pertamina. Bila tak bisa mencari kontraktor sendiri, “Si mitra bisa menggunakan kontraktor yang biasa kami pakai,” ujar Ahmad Faisal. Proses pembangunan ini umumnya memakan waktu sekitar empat bulan.

Sementara pembangunan SPBU berlangsung, Anda bisa merekrut tenaga kerja. Sebagai acuan, untuk SPBU dengan luas 1.500 m2 dan memiliki empat pompa, Anda membutuhkan 16 pegawai pengisi BBM dengan dua giliran. Selain itu, Anda juga membutuhkan kasir dan supervisor. Kalau ditotal jumlahnya menjadi sekitar 20 orang. Tenaga kerja yang Anda rekrut ini akan dilatih Pertamina. Nah, bila semua beres, Anda tinggal membuka SPBU baru milik Anda sendiri.

Tingkat keuntungan yang akan diperoleh pengusaha SPBU sudah dipatok Pertamina. Misalnya Rp 172 per liter untuk premium dan Rp 215 per liter untuk solar. Meski untung jualan solar lebih besar, kita tentu enggak bisa ngotot hanya menjual solar. Sebab, pemilihan jenis BBM yang akan kita jual tergantung dari kebutuhan BBM di lokasi itu. Di jalan protokol atau kawasan perumahan di Jakarta, misalnya, permintaan premium lebih besar daripada solar.

Semakin besar volume BBM yang berhasil Anda jual setiap hari, semakin besar pula keuntungan yang mengalir ke brankas Anda. Berdasarkan data Pertamina, rata-rata SPBU di Indonesia saat ini bisa menjual 30 ton atau 30.000 liter BBM saban hari. Untuk kota-kota besar seperti Jakarta, penjualannya rata-rata mencapai 50 ton sehari. Nah, jika SPBU Anda bisa menjual 15-30 ton BBM per hari, dengan margin bersih sampai 70%, Anda bisa balik modal dalam waktu 2-5 tahun.

Namun, ada satu hal yang harus diantisipasi mitra Pertamina. Masuknya pemain-pemain asing, yang umumnya memiliki standar pelayanan yang tinggi, akan meruncingkan persaingan. Untuk bisa bertahan dari serbuan mereka, pemilik SPBU Pertamina juga harus memberikan pelayanan prima. Minimal, tidak boleh lagi ada yang mengoplos atau menipu literan BBM yang mereka jual.

+++++

Bersiap Menghadapi Perang Sengit

Persaingan bisnis kios bensin di Indonesia mulai memanas setelah pemerintah membuka pintu lebar-lebar bagi masuknya pemain asing. Sesuai dengan ketentuan UU Migas No. 22 tahun 2001, Pertamina tak lagi memonopoli bisnis migas di tingkat konsumen.

Kehadiran UU ini langsung disambut antusias para pemain asing. Menurut data Badan Pelaksana Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas), setidaknya ada lima perusahaan minyak raksasa dunia yang berminat membangun SPBU di Indonesia.

Mereka adalah Petronas, Shell, BP, ExxonMobil, dan Caltex/Chevron Texaco. Dari kelima nama ini, Shell dan Petronas yang telah memegang izin prinsip. November lalu Shell membuka gerai pom bensin pertamanya di Karawaci, Tangerang.

Di luar pemain asing, pemerintah telah meloloskan lima perusahaan lokal, yakni PT Sigma Rancang Perdana, PT Pandu Selaras, PT Elnusa Petrofin, PT Elnusa Harapan, PT Krida Petragraha, dan PT Raven Sejahtera (KONTAN, 15 Agustus 2005).

Untuk menghadapi perang sengit yang bakal terjadi di bisnis eceran BBM, Pertamina buru-buru memperkuat jaringan pemasarannya di tingkat ritel. Mulai awal Desember 2005 lalu, Pertamina menawarkan program kerja sama pembangunan SPBU kepada masyarakat luas.

Sampai minggu ketiga Desember 2005 ini, “Kami sudah menerima 10 aplikasi pembukaan SPBU baru,” ujar Ahmad Faisal, Kepala Divisi Bahan Bakar Minyak PT Pertamina. Untuk tahun 2006, Pertamina menargetkan ada 200 SPBU baru dengan pola kerja sama ini.

Selain itu, Pertamina juga memperluas cakupan bisnis SPBU-nya. Bila lokasi memungkinkan, yakni luas dan strategis, mitra SPBU Pertamina akan memperoleh akses untuk membuka berbagai unit usaha non-BBM. Di antaranya:

C Store Pertamina Bright

Ini adalah toko ritel yang menjual aneka makanan, camilan, dan berbagai minuman yang bisa langsung dibawa pulang atau dinikmati pembeli dalam perjalanan. Gerai yang buka 24 jam sehari ini memiliki beberapa produk khas, seperti burger, hotdog, dan popcorn.

Pertamina Speed Service Station

Gerai ini menawarkan pelayanan bengkel cepat bagi pengunjung SPBU. Di sini pengunjung bisa mengganti oli, ganti atau cek absorber dan berbagai suku cadang lainnya. Untuk operasional gerai ini, Pertamina menjalin kerja sama dengan Shop & Drive yang bernaung di bawah PT Astra Otopart Tbk.

Cuci mobil

Pengusaha SPBU juga bisa menambahkan layanan cuci dan salon mobil di gerainya.

Mesti Sinaga, Asih Kirana, Haris Hadinata

Tabel simulasi perhitungan bisa di donlod di SINI

About these ads

Entry filed under: Bisnis. Tags: , , , , , , .

Sukses Endang dan Suparti berdagang kue kering Hajatan Besar Kraton Yogyakarta [1]

71 Komentar Add your own

  • 1. HOMERUS ARSAD  |  Juni 14, 2008 pukul 1:49 am

    Saya ingin mengetahui perhitungan/cash flow untuk permodalan pendirian SPBUhingga s/d BEP dan profitnya selama 5 tahun, terutama modal awal berapa jika saya mempunyai tanah sendiri.
    Lokasi di Lombok tepatnya di Kota Tanjung Lombok Utara +/- 4000 m2, siapa yang bisa saya hubungi di Kota Mataram, nama & nomor HPnya terima kasih.

    Balas
  • 2. PRIMAWATI  |  Juni 17, 2008 pukul 3:49 pm

    Dalam hal ini saya memiliki lokasi yang strategis dan berkembang pesat. Tapi kendala saya disini adalah capital atau jumlah uang yang diperlukan untuk membangun atau started pointnya yang sangat tinggi. kalau ada patner bisnis yang berminat silahkan hubungi saya segera. lokasi ada dalam kabupaten Badung BALI.yang mana merupakan kabupaten berpendapatan tertinggi di indonesia. berharap bisa mewujudkan bisnis ini segera dengan anda.

    terima kasih…

    -PRIMA

    Balas
  • 3. POLTAK  |  Juni 21, 2008 pukul 5:23 pm

    Janganlah tergiur dengan keuntungan yang diberikan untuk menjadi mitra PERTAMINA, di PERTAMINA masih banyak nya siluman siluman yang masih merajalela, memang keuntungan yang didapati rp. 180/liter tetapi BBM yang hilang di curi oleh para sopir mobil tanki yang notabene masih dalam tanggung jawab pihak PERTAMINA seharusnya (tetapi dalam hal ini PERTAMINA tidak mau bertanggung jawab) tidak dihitung sebagai suatu cost yang harus ditanggung oleh pemilik SPBU , (pencurian yang dilakukan oleh sopir tanki ini melebihi dari 1 % dari keuntunagn si pemilik SPBU) , dimana tanggung jawab PERTAMINA

    Balas
    • 4. ada  |  Juli 14, 2011 pukul 5:10 pm

      25 % dari harta milik kita adalah milik org lain… kalau masalah seperti itu lillahita’ala, yg bisa kita lakukan hanya mengantisipasinya saja,

      Balas
  • 5. Rudy Hartono  |  Juni 25, 2008 pukul 7:54 am

    Secara overall semua usaha ada point positive dan negative. untuk SPBU klo ada uang lebih sih ok juga tetapi tergantung dari management. Saya juga pengusaha SPBU di Jawa dan mungkin kalau ada yang berminat untuk join / menjual SPBU yang sudah berjalan dapat menghubungi saya di email : rudy_hartono88@hotmail.com

    Balas
    • 6. Warikhin Muhammad  |  Juli 1, 2011 pukul 9:00 am

      dijual spbu jombang omzet 25 – 30 ton/hr harga 17M

      Balas
  • 7. zulkhairi  |  Juli 9, 2008 pukul 3:19 pm

    saya mau menawarkan spbu dengan harga murah, ada tiga lokasi, cimanggis, bekasi, jagakarsa, apabila ada yang berminat bisa hubungi saya di no 085234903345

    Balas
  • 8. a.ujang  |  Juli 12, 2008 pukul 8:03 am

    Aww temen2 pengusaha spbu (yg baru).

    Kami punya wacana utk membuka spbu baru,tapi kami nggak tau siapa yg harus dihubungi karena kami takut nantinya tertipu oleh orang2 yg tidak bertanggung jawab.
    Oleh karena itu kami mohon informasinya kalau temen yg baru mempunyai spbu mau berbagi informasi kemana kami harus bergerak,kami rencana mo buka didaerah lampung.
    Utk itu kami ucapkan trimakasih sebelumnya,dan selalu sukses utk anda. wass.

    Balas
    • 9. Warikhin Muhammad  |  Juli 1, 2011 pukul 9:02 am

      insyaallah kami akan bantu anda untuk buka spbu baru atau kalau berminat beli spbu yang sdh beroperasi hub. 081330762946 email: warikhin@yahoo.com

      Balas
  • 10. novi istyorini  |  Juli 14, 2008 pukul 9:27 am

    mw tny donk harga baru dispensing pump bwt spbu kira-kira berapa?
    trz bangun pelindung pompa bensin kira-kira habis berapa?
    tolong bangeeeet ya……

    Balas
  • 11. iwan  |  Agustus 15, 2008 pukul 1:50 pm

    saya punya tanah dipinggir jalan lintas timur palembang-jambi km.74 luas tanah 1.3h. cocok untuk bikin usaha SPBU,harga nego. hub. iwan.165@plasa.com

    Balas
  • 12. infan  |  September 13, 2008 pukul 12:03 pm

    Bila anda ingin mempunyai SPBU pertamina sampai dengan pembangunannya, kami siap membantu dan siap jadi kontraktornya.
    Saya sudah berpengalaman membangun dan mengurus sampai SPBU ataupun AMPS siap beroperasi.
    Mungkin saya bisa memberikan solusi terbaik bagi anda.

    Balas
  • 13. AQIUN  |  Oktober 6, 2008 pukul 9:29 am

    berapa modal untuk membuka spbu ???????

    Balas
  • 15. MIUT  |  Oktober 10, 2008 pukul 10:37 am

    TOLONG BANTU SAYA.

    LOKASI STRATEGIS YANG BAIK MEMBUAT SPBU ITU SEPERTI APA????
    BISA TOLONG ANDA BUATKAN DESAIN LOKASI SPBU YANG BAGUS….

    SAYA BUTUH CONTOH SATU UNIT SPBU,LENGKAP DENGAN PROGRAM KERJA DARI SPBU ITU, SERTA ADAKAH DAMPAK DARI DIDIRIKANNYA SPBU ITU TERHADAP LINGKUNGAN??

    TOLONG JAWAB PARTANYAAN SAYA.TERIMAKASIH.

    Balas
  • 16. hendra  |  Oktober 15, 2008 pukul 5:40 am

    mohon info pemilik SPBU yang ada di jogja, kami perlukan untuk menimba pengalaman pengelolaan SPBU, trims

    Balas
  • 17. ola  |  Oktober 20, 2008 pukul 10:47 am

    klo investasi spbu di daerah kira-kira modalnya berapa ya? tks

    Balas
  • 18. ganda  |  Oktober 20, 2008 pukul 12:24 pm

    banyak sekali penawaran2 yang gak bener, kalo temen2 punya info kemene saya harus bergerak kalio ingin mendirrikan usaha ini?

    Balas
  • 19. adelia  |  Oktober 22, 2008 pukul 8:54 am

    saya punya penawaran SPBU di daerah pamanukan subang,,
    bagi yang berminat hub saya di 081318183295

    Balas
  • 20. todung  |  Oktober 29, 2008 pukul 6:35 am

    mohon dapat dikirim kepada email saya “flowchart pengembangan dana dalam bisnis SPBU/unit”, atau ke website saya: todung.wordpress.com. Thanks

    Balas
  • 21. zainal Arifin  |  November 11, 2008 pukul 7:37 am

    No Coemment

    Balas
  • 22. tunggal_pm  |  November 22, 2008 pukul 3:17 pm

    Informasi penting bagi para pengusaha atau perorangan yang ingin mengembangkan usahanya atau berinvestasi, kami menjual tanah sangat strategis, keuntungan yg akan di dapatkan :

    · Lokasi depan pasar,
    · 200 m dari stasiun kereta api,
    · Dilewati angkutan umum antar propinsi,
    · Dekat dengan kantor kecamatan,
    · Bersebelahan dengan kantor polisi,
    · Lokasi sangat ramai
    · Lokasi bebas banjir,
    · Peluang besar bagi para pengusaha yang ingin mengembangkan usahanya di bidang otomotif, SPBU, supermarket,
    · Dan masih banyak keuntungan lainnya.

    Jangan lewatkan kesempatan ini, kami memberikan kesempatan kepada para pengusaha besar atau perorangan untuk membeli tanah kami, kami jamin anda tidak kecewa. Kami menjual cepat tanah seluas 980 m2 ini dengan harga yang terjangkau. Lokasi tanah terletak di jalan raya paron no 26 ngawi jawa timur.untuk informasi selengkapnya hubungi hp 08568859375, 02192167005, 0218207895 dengan saudari ibu syawal.

    Balas
  • 23. suhariadi  |  Desember 2, 2008 pukul 4:58 am

    saya pengusaha di lombok mataram, mencari info spbu yang akan dijual dilombok, kalo ada hub. saya di E_mail : suhariadi_sh@yahoo.co.id, thanks

    Balas
  • 24. Ryan nashari  |  Desember 25, 2008 pukul 4:26 am

    saya cari rekan utk diajak kerjasama dalam ìnvestasi usaha SPBU.saya cari lokasi yg strategis di area jawa timur…jika ada tlg bs diemail spesìfikasi lkpnya ke fitriannasharianto@yahoo.com atau hub 03191503311/08563004012.thank regards

    Balas
  • 25. medi  |  Januari 1, 2009 pukul 2:23 am

    saya punya lahan kisaran 2h. Lokasi jln lintas bengkulu ke lampung. Tlng beri solusi untk saya.

    Balas
  • 26. Teguh  |  Januari 5, 2009 pukul 4:29 am

    saya cari rekan utk diajak kerjasama dalam ìnvestasi usaha SPBU.saya punya lokasi yg strategis di area jawa tengah…jika ada tlg bs diemail spesìfikasi lkpnya ke fteguh_desu@yahoo.com atau hub 081805861118.

    Balas
  • 27. munandar  |  Februari 15, 2009 pukul 3:33 am

    berapa modal yang di butuhkan utk membuka usaha SPBU???

    Balas
  • 28. Wawan  |  April 3, 2009 pukul 7:55 am

    Saya punya lahan utk SPBU, Lokasi strategis jalur angkutan umum dan proyek, jg prusahaan sawit. Lokasi trletak di jalan Buntok-Palangkaraya (-/+) Km.31 (Kalimantan Tengah), Luas tanah : 3 Ha (P=300 x L=100)m2, bagi yg brminat tuk kerjasama/ beli lahan, hub: pa wawan (05316727271)

    Balas
  • 29. Rahmat  |  April 6, 2009 pukul 6:06 pm

    saya berminat buka spbu tapi bukan baru, ada pemilik yang mau menjual.apakah ada regulasi dari pertamina mengenai pemindah tangganan pemilik?????

    Balas
    • 30. Warikhin Muhammad  |  Juli 1, 2011 pukul 9:06 am

      dijual spbu yang sdh beroperasi. 081330762946 email :warikhin@yahoo.com

      Balas
  • 31. Ernesto Siagian  |  April 7, 2009 pukul 4:50 am

    Abang popeye

    Sedikit saya mau menyinggung soal kebijakan pemerintah terhadap pengusaha asing, terlihat dan selalu terbukti jelas bahwa kita adalah rata-rata pemimpin kita itu idiot. Kenapa? Bagaimana tidak idiot karena mereka malah membiarkan pengusaha asing masuk di lini-lini strategis di negara kita, tandanya kalau kita sendiri tidak bisa mengatur dan mengolah sumber daya alam kita dengan baik dan benar.. Penjajah sesungguhya bukan dari negara asing melainkan penjajah sejati adalah saudara-saudara kita yang brengsek..

    Balas
  • 32. aries  |  April 29, 2009 pukul 8:41 am

    rumah saya pedesaan, tapi perhitungan saya sangat bagus bwt SPBU.
    saya tertarik untk buka SPBU 1 pompa premium dan 1 pompa solar
    kira2 berapa estimasi modalnya?
    mohon balasan trims.

    Balas
  • 33. alen lokmanjaya  |  Mei 3, 2009 pukul 10:05 am

    DIJUAL SPBU 74.927.46 PERTAMINA PALAKKA POROS KOTA BONE
    JL MT HARYONO POROS BONE MAKASSAR
    KABUPATEN BONE
    OMZET 35.000 LITER
    RP.15M NETT, 5 TAHUN BEP.
    SHM LT 3036
    5 DISPENSING PUMP TOKHEIM, 10 NOZZLE
    4 NOZZLE SOLAR, 6 PREMIUM
    3 KANOPY,
    TANGKI PENDAM 15T X 4
    TAGNKI PENDAM 30T X 1
    PEMADAM BESAR 2 BH, 9 KG 4 BUAH
    GENZET YANMAR 16.800 WATT
    AIR COMPRESSOR 3 HP KRISBOW
    KANTOR, KIOS OLI, PERALATAN KANTOR, MESIN FAX, BRANGKAS BESAR, TOILET 3 BUAH, KAMAR 2 BUAH. ADA RUMAH DINAS, TANAH KOSONG PENGEMBANGAN LOKASI.

    Balas
    • 34. muhammad sholeh  |  Oktober 21, 2011 pukul 3:03 am

      bisa gak di angsur 5 th

      Balas
    • 35. Amrullah am  |  Mei 3, 2012 pukul 5:17 am

      Mohon info berapa harga SPBU di palakka kabupaten bone, dan bagaimana melakukan kontak dgn pemilik untuk melakukan proses transaksi. Terimakasih

      Balas
    • 36. Alen Lokmanjaya  |  Mei 29, 2012 pukul 11:21 am

      Iklan SPBU Pertamina 74.927.46 Palakka, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan dijual adalah salah info.
      SPBU tersebut tidak ada rencana dijual.
      Demikian dan terima kasih.

      Hormat saya,
      ALEN LOKMANJAYA.

      Balas
    • 37. alen lokmanjaya  |  April 2, 2013 pukul 1:20 pm

      berita spbu pertamina 74.927.46 diatas tidak dijual, tidak benar & tidak jelas sumbernya.

      Balas
  • 38. alen lokmanjaya  |  Mei 3, 2009 pukul 10:06 am

    DIJUAL SPBU 74.927.46 PERTAMINA PALAKKA POROS KOTA BONE. HUBUNGI 0811444677.
    JL MT HARYONO POROS BONE MAKASSAR
    KABUPATEN BONE
    OMZET 35.000 LITER
    RP.15M NETT, 5 TAHUN BEP.
    SHM LT 3036
    5 DISPENSING PUMP TOKHEIM, 10 NOZZLE
    4 NOZZLE SOLAR, 6 PREMIUM
    3 KANOPY,
    TANGKI PENDAM 15T X 4
    TAGNKI PENDAM 30T X 1
    PEMADAM BESAR 2 BH, 9 KG 4 BUAH
    GENZET YANMAR 16.800 WATT
    AIR COMPRESSOR 3 HP KRISBOW
    KANTOR, KIOS OLI, PERALATAN KANTOR, MESIN FAX, BRANGKAS BESAR, TOILET 3 BUAH, KAMAR 2 BUAH. ADA RUMAH DINAS, TANAH KOSONG PENGEMBANGAN LOKASI.

    Balas
  • 39. alen lokmanjaya  |  Mei 3, 2009 pukul 10:07 am

    DIJUAL SPBU 74.927.46 PERTAMINA PALAKKA POROS KOTA BONE. HUBUNGI 0811444677.
    JL MT HARYONO POROS BONE MAKASSAR
    KABUPATEN BONE
    OMZET 35.000 LITER
    RP.15M NETT, 5 TAHUN BEP.
    SHM LT 3036 M2
    5 DISPENSING PUMP TOKHEIM, 10 NOZZLE
    4 NOZZLE SOLAR, 6 PREMIUM
    3 KANOPY,
    TANGKI PENDAM 15T X 4
    TAGNKI PENDAM 30T X 1
    PEMADAM BESAR 2 BH, 9 KG 4 BUAH
    GENZET YANMAR 16.800 WATT
    AIR COMPRESSOR 3 HP KRISBOW
    KANTOR, KIOS OLI, PERALATAN KANTOR, MESIN FAX, BRANGKAS BESAR, TOILET 3 BUAH, KAMAR 2 BUAH. ADA RUMAH DINAS, TANAH KOSONG PENGEMBANGAN LOKASI.

    Balas
  • 40. alen lokmanjaya  |  Mei 3, 2009 pukul 10:10 am

    DIJUAL SPBU 74.927.46 PERTAMINA PALAKKA POROS KOTA BONE. HUBUNGI 0811444677.
    JL MT HARYONO POROS BONE MAKASSAR
    KABUPATEN BONE
    OMZET 35.000 LITER
    RP.15M NETT, 5 TAHUN BEP.
    SHM LT 3036 M2
    5 DISPENSING PUMP TOKHEIM, 10 NOZZLE
    4 NOZZLE SOLAR, 6 PREMIUM
    3 KANOPY,
    TANGKI PENDAM 15T X 4
    TAGNKI PENDAM 30T X 1
    PEMADAM BESAR 2 BH, 9 KG 4 BUAH
    GENZET YANMAR 16.800 WATT
    AIR COMPRESSOR 3 HP KRISBOW
    KANTOR, KIOS OLI, PERALATAN KANTOR, MESIN FAX, BRANGKAS BESAR, TOILET 3 BUAH, KAMAR 2 BUAH. ADA RUMAH DINAS, TANAH KOSONG PENGEMBANGAN LOKASI.
    KOTA BONE, DEPAN PASAR SENTRAL, DEPAN TERMINAL PETTAPUNGGAWAE, KOMPLEKS PERUMAHAN, BISNIS, RUKO.

    Balas
  • 41. willy  |  Mei 22, 2009 pukul 2:58 pm

    saya ingin membuka SPBU, bagaimana caranya, apa saja persyaratannya dan berapa modal awal , serta luas tanah..untuk di Banjarmasin siapa contact person di pertaminanya ? mohon infonya

    Balas
  • 42. Faisal  |  Juni 3, 2009 pukul 2:39 pm

    Mohon petunjuk Pertamina SPBU, saya mau kerjasama SPBU lokasi di Bogor.
    Trimakasih atas perhatiannya.

    Balas
  • 43. zen  |  Juni 20, 2009 pukul 2:12 am

    saya rencana mau usaha spbu di lombok timur

    Balas
  • 44. Wawan  |  Januari 2, 2010 pukul 7:27 pm

    Di jual lahan seluas 6 Ha, di Jalan Tembus Buntok-Palangkaraya Km.31 Kalimantan Tengah, cocok utk lahan SPBU dan kelapa sawit, di dalam tanah terdapat bahan tambang, bagi yg berminat hub: pa Wawan (081352868620)

    Balas
  • 45. ARIEF  |  April 3, 2011 pukul 10:49 am

    saya mau tanya untuk modal membangun 1 SPBU butuh modal berapa yah???

    Balas
  • 46. Achiung  |  Mei 5, 2011 pukul 4:49 pm

    Saya melihat lokasi di jawai selatan, kabupaten sambas kal-bar, lokasi nya sangat bgs dibangun SPBU Karena dijawai selatan ini masih blm ada pom bensen., tempat nya ramai penguna para penguna besin, klo ad ya ingin tau n punya modal hubngi di no ini 085264715131.

    Balas
  • 47. mujiono  |  Mei 17, 2011 pukul 1:21 am

    tolong kasih tau dana total / bersih untuk membangun SPBU.?

    Balas
  • 48. mujiono  |  Mei 17, 2011 pukul 1:23 am

    tolong kasih tau dana total / bersih untuk membangun SPBU.?
    kirim ke email saya ya??

    Balas
  • 49. H.Bambang Turyanto  |  Mei 19, 2011 pukul 1:53 am

    saya ingin membuka usaha SPBU, tp untuk sementara hanya mempunyai sebidang tanah, cukup strategis letaknya di jalan raya antar kabupaten,depan pasar ,luas tanah 7000 m2..untuk mendapatkan kerja sama bagaimana solusi paling tepat ? mohon infonya

    Balas
  • 50. asti  |  Mei 23, 2011 pukul 6:39 am

    apakah luas tanah 700m2 cukup untuk dijadikan spbu? lokasi strategis d jalan lingkar selatan cilegon timur – anyer. dan belum ada spbu sama sekali.

    Balas
  • 51. Zeero Supriadi  |  Juli 21, 2011 pukul 2:51 am

    salam,
    mau tanya mas, dimana bisa liat peta/titik yang akan di bangun SPBU di daerah kab.bombana sulawesi tenggara. terima kasih sebelumnya.

    Balas
  • 52. TASMAN JEN  |  Agustus 7, 2011 pukul 7:18 am

    KALAU ADA PENGUSAHA SPBU DI DAERAH PEKANBARU SEKITARNYA YANG AKAN BERENCANA MENJUAL ATAU KERJASAMA,MOHON HUBUNGI SAYA KARENA KAMI SUDAH LAMA MENGINGINKAN USAHA DIBIDANG INI,SALAM TASMAN JEN

    Balas
  • 53. Maran Marcellinus Aseng  |  September 18, 2011 pukul 12:28 pm

    Saya mau mendirikan sebuah APMS (Minyak tanah, solar dan Bensin) di suatu kecamatan terpencil di silayah kabupaten Landak Kalimantan Barat.
    1. Bagaimana caranya?
    2. Berapa biaya yang diperlukan untuk pem,buatan APMS?
    3. Apa saja persyaratannya yang harus saya penuhi?
    4. Adakah pemodal yang dapat bekerjasama dengan saya?

    Balas
  • 54. erwin  |  November 3, 2011 pukul 8:57 am

    menarik sekali penawarannya

    Balas
  • 55. Emilda S  |  November 22, 2011 pukul 3:27 am

    saya berminat mendirikan SPBU Khusus Sepeda Motor untuk wlayah Bengkulu bisa dapat Info dimana ya ????….

    Balas
  • 56. Areif Rahman Hakim,Se  |  Januari 18, 2012 pukul 8:15 am

    Saya berencana membuka usaha spbu,di tapung hulu kab.kampar prop.riau,volume kendraan cukup ramai di lokasi yg di rencanakan.asumsi penjualan bbm 25000 sapai 35000 ltr setiap hr,sy ingin tau mengurus perizinan siapa yg hrs dihubungi di pertamina.sy ingin tau jg type A.B.C.D.E.berapa dispenser dan berapa bajet nya.areif rahman hakim,se hp081365736409

    Balas
  • 57. Jalu Tajam  |  Januari 27, 2012 pukul 2:55 pm

    saya punya lahan 1500 m ,ingin membuka usaha pompa bensin lokasi nya di manado sulut sangat strategis bagaimana caranya ya?siapa yang saya harus hub ?

    Balas
  • 58. Herino Barte  |  Maret 16, 2012 pukul 4:29 pm

    brp besarnya keuntungan yg dihasilkan apabila dalam setiap harinya bisa menghabiskan 15,000,000 liter?
    dan berapa harga yg ditawarkan pertamina per 15.000.000 liternya?
    terima kasih

    Balas
  • 59. ARief  |  Maret 19, 2012 pukul 6:31 pm

    Boro2 Buat SPBU mikirin nya bikin kantong Benjot, hayoh sapa deh yang mau kasi saya satu aja SPBU…

    Balas
  • 60. Ady Romboe  |  Mei 23, 2012 pukul 3:53 pm

    SAYA INGIN MEMBANGUN SPBU.
    BERAPA MODAL YANG HARUS SAYA SIAPKAN MINIMAL?

    Balas
  • 61. Sony  |  Mei 25, 2012 pukul 2:10 pm

    Bagi yang berminat utk bangun SPBU dimana saja diwilayah NKRI, kami siap memberikan solusinya sampai serah terima kunci. Dengan pembayaran system termin.
    Jika berminat kirimkan saja ke email sony_benhil@yahoo.com

    Balas
  • 62. Sony  |  Mei 25, 2012 pukul 2:13 pm

    Bagi yang berminat utk menjadi pemilik SPBU dimana saja diwilayah NKRI, kami siap memberikan solusinya sampai serah terima kunci. Dengan pembayaran system termin.
    Jika berminat atau ingin sharing kirimkan saja ke email sony_benhil@yahoo.com

    Balas
  • 63. suhartono  |  Juli 8, 2012 pukul 2:29 pm

    bagaiman biaya yang dibutuhkan untuk membuka SPBU..
    biaya keseluruahan… dan bentuk kerja samax seperti apa..? tolong infox
    kirim ke abiloke@yahoo.co.id

    Balas
  • 64. fery francisco  |  Agustus 7, 2012 pukul 5:11 am

    Saya ingin bertanya untuk membangun pertamina 1 kios besin 1 kios solar berapa kira-kira biayanya????,,,,,dan jika ada yang berminat saya jupa punya lahan strategis buat pertamina ….di perbatasan bengkulu-padang sumbar ,,,mohon informasi perkiraan harganya,,tlpn 087741962723 wasalam

    Balas
  • 65. Agus  |  Agustus 7, 2012 pukul 3:12 pm

    Saya karyawan spbu pertamina d daerah pinggiran kab.jember jatim ,saya hanya mau crtakan pngalaman sya slama krja udh 7 thun d spbu in y krna sya udh lma krja dsni n jbtan sya udh spervisor jd sya tau keuntngan yg ddpat d spbu saya, pkoknx intinx klo saya pnx mdal n rezeki psti dch saya d’ragu lgsg buka usaha spbu cz untngnx gede bgt.trims

    Balas
  • 66. ben  |  Desember 5, 2012 pukul 6:49 am

    saya berencana ingin membuka SPBU baru.saya berada di daerah Kabupaten Kepulauan Anambas provinsi Kepulauan Riau,,saya mempunyai lokasi 6oom2..kira2 berapa budget yang harus dipersiapkan untuk memulai usaa SPBU ini,dengan 3 dispensing pump,2 unit untuk premium dan 1 unit untuk solar..tlong informasi RAB nya donx….Klu ada yang bisa ngasih info,,kirim info ke email : benz_tpa@yaoo.com……thanx

    Balas
  • 67. saleh  |  Desember 15, 2012 pukul 4:44 am

    Beberapa yang ingin kami tanyakan :
    1. Diamanakan pertamaa kali kami dapat berkonsultasi untuk rencana pembangunan SPBU
    2. Maaf Kami dengar katanya cukup sulit untuk membuka SPBU, karena harus ijin pejabat setempat dan katanya cukup dipersulit. karena SPBU banyak dimiliki para penjabat dan kroninya.

    mahon bantuan jawaban ……..ke mslh485@gmail.com

    Balas
  • 68. Nur  |  Maret 22, 2013 pukul 2:58 am

    Kami berlokasi di kalimantan selatan, berencana mendirikan SPBU, kalau bisa hanya dengan modal lahan saja. berhubung lokasi lahan kami didaerah yang strategis. mohon informasinya siapakah yang biasa kami hubungi sebagai langkah pertama, dan seterusnya dan apa-apa yang harus kami persiapakan? mohon bantuannya infonya untuk mencegah adanya penipuan. terima kasih.

    Balas
  • 69. alif  |  Maret 26, 2013 pukul 4:02 pm

    saya tinggal di jalur lintas provinsi tepatnya di desa tepian baru KM 110 kecamatan bengalon, saya memiliki sebidang tanah 2500 m2 tepat di pinggir jln raya lintas provinsi dan kabupaten.mau join dengan saya?

    Balas
    • 70. alif  |  Maret 26, 2013 pukul 4:12 pm

      saya cari investor untuk buka APMS atau SPBU saya punya tanah bersertifikat letaknya di pinggir jalan raya lintas provinsi dan kabupaten uk tnh 2500M2,disekitar lokasi ada 5 perusahaan sawit,al,PT.KBN,PT.AnugrahPt.Bima,Palma,Pt.KAN,Dinamika.lokasi sangat strategis.minat hub.081348725229

      Balas
  • 71. NUR ISNAENI  |  April 4, 2013 pukul 9:33 am

    saya memiliki tanah seluas 3500 m saya ingin menjalin kerjasama dengan pertamina lokasi saya di cirebon saya harus menghubungi kemana.tks

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Kategori

Add to Technorati Favorites

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.