Membuka usaha salon keluarga

April 21, 2008 at 12:11 am 10 komentar

USAHA
Tabloid KONTAN No. 36, Tahun IX, 13 Juni 2005

Salon Plus yang Positif
Membuka usaha salon keluarga

Inilah usaha yang berpeluang menjadi tren baru: salon plus. Jangan berpikir negatif dulu. Ini adalah usaha gabungan salon dengan tempat bermain, kafe, dan pijat relaksasi. Dengan layanan komplet ini, bisnis salon plus menjaring seluruh anggota keluarga sebagai konsumen.

Ingin membawa anak dan istri ke salon plus? Ih, amit-amit dech. Jangankan mengajak ikut, mendengar Anda doyan main-main di salon plus saja, istri bisa mengamuk lalu menuntut cerai. Maklum, selama ini salon plus memang identik dengan hal-hal mesum, nakal, maksiat, pokoknya semua yang negatif, deh.
Tapi, cobalah bawa keluarga Anda ke salon plus yang bernama Natural Salon. Bisa dipastikan istri Anda tak bakal minta cerai. Bahkan, kehidupan keluarga bisa tambah harmonis. PT Natural Semesta, payung Natural Salon, memang menawarkan konsep salon yang berbeda.

Mengaku dirinya sebagai satu-satunya salon plus yang positif saat ini, Natural tak sekadar menyediakan layanan konvensional seperti: gunting, creambath, cuci rambut, dan perawatan muka. Menurut Naomi Susan, Direktur Pengelola PT Natural Semesta, pengelola Natural Salon, salonnya memakai konsep business inside a business yang menyasar keluarga sebagai konsumen. “Kami menampilkan hal-hal baru. Kalau salon biasa kan bukan hal baru,” timpal Yudy Wijaya, Direktur PT Natural Semesta.

Keunikan konsep salon Natural ini langsung mencuat begitu kita memasuki gerainya.

Suasana pantai langsung menyeruak, begitu Anda tiba di lobi. Anda juga akan disambut pegawai dengan pakaian bercorak pantai. Keruwetan dan kemacetan yang bikin gondok sebelumnya bisa langsung menguap.

Beberapa langkah saja menapaki lantai dari pasir putih, melodi Hawaiian akan langsung menyambut. Selain itu debur suara ombak dan suara kicauan burung pantai. Ah, rasanya tak seperti di salon. Tak jauh dari tempat perawatan rambut, terdapat juntaian nyiur plus buahnya. Sementara di kejauhan tampak sebuah perahu sedang berlayar di tengah riak gelombang.

Keunikan lain, Natural Salon mengusung konsep before and after. Lewat program ini, konsumen akan dipotret terlebih dulu untuk melihat kondisi sebelum dilakukan perawatan. Setelah itu, hasilnya dibandingkan lewat pemotretan setelah perawatan.

Suami dan anak bakal betah

Seperti dibilang Naomi, salon plus ini memberikan layanan plus untuk seluruh anggota keluarga. Para suami, yang biasanya paling malas mengantar istri ke salon, pasti bakal betah di Natural Salon. Pasalnya, di sini ada sarana pijat. Hmmm… pijat plus? Hush jangan ngeres dulu. Salon ini hanya menyediakan sarana pijat relaksasi. Jadi, sambil menunggu sang istri, para suami juga dapat sentuhan pijatan untuk menghilangkan stres.

Anak-anak usia balita juga bakal betah berada di Natural Salon. Mereka dapat bermain di mini playground yang tersedia pula di situ. Fasilitas ini benar-benar didesain sesuai dengan suasana pantai, lengkap dengan pasir putih untuk bermain, pohon kelapa, kayu-kayu, dan sebagainya. Sementara itu, sarana bermain yang disediakan antara lain halang rintang, arena panjat, dan rumah mini. Ada juga permainan video games, boneka elektris, dan sebagainya.

Bagi anak yang sudah remaja alias ABG, mereka bisa menikmati fasilitas studio foto yang bernama Nice Shot. Lewat studio ini, seseorang bisa disulap sesuai dengan fantasi yang mereka inginkan.

Kemudian, kalau semua kegiatan selesai, Anda sekeluarga bisa mencicipi hidangan di kafe Nice Soup. Kafe ini menyediakan makanan dan minuman khas pantai seperti kelapa muda dan fish and chips. Sesuai dengan nama kafe, kudapan unggulannya bernama Nice Soup. Ini adalah sop jagung yang disajikan dalam wadah berbentuk batok kelapa, yang terbuat dari roti.

Kuncinya: pemilihan lokasi

Ide pendirian Natural Salon telah tercetus sejak awal 2005 ini. Dalam waktu singkat, tepatnya April lalu, soft opening-nya sudah berjalan. “Investasinya tak sampai Rp 1 miliar,” terang Yudy tanpa menyebut angka pasti.

Menurut dia, sampai saat ini salon tersebut cukup laku. Bahkan, banyak pelanggan yang mengeluh acap kali kesulitan mendapatkan parkir, lantaran lahan parkir sudah lebih dulu diisi pelanggan lain. Memang untuk usaha semacam ini pemilihan lokasi menjadi kunci utama sukses. Di samping itu, tentu saja penentuan harga jual jasa salon.

Untuk layanan salon, Natural Salon mematok tarif mulai dari Rp 15.000 sampai Rp 450.000. Sekadar contoh, cuci blow ditukar dengan lembaran rupiah sebanyak Rp 17.500 dan creambath seharga Rp 25.000. Fasilitas studio foto dibanderol antara Rp 50.000 hingga Rp 1,5 juta.

Natural Salon menargetkan dalam sehari sedikitnya dapat omzet Rp 3 juta. “Kami enggak terlalu muluk-muluk,” cetus Yudy. Menurut Yudy, 50% dari omzet itu bisa diperoleh dari usaha salon. “Margin usaha terbesar diperkirakan akan datang dari kafe,” sambungnya.

Yudy menghitung, pengeluaran terbesar adalah gaji dan komisi pegawai. Kalau digabungkan bisa mencapai di atas 50%. “Gaji direktur baru dibayar penuh kalau target Rp 3 juta sehari tercapai,” tegas Yudy. Dengan berbagai strategi yang ditempuh, Yudy optimistis kalau usahanya bisa balik modal dalam tempo dua tahun.

Tertarik mendirikan salon plus yang positif ini?

+++++

Bakal Membuka Waralaba

Yakin konsep salon keluarganya menarik, para pengelola Natural Semesta berencana melebarkan sayap lewat cara waralaba. Saat ini Natural Semesta sudah menggandeng 10 calon mitra baru.

Uniknya, calon terwaralaba bisa memilih mau membeli waralaba keseluruhan unit usaha, atau hanya satu bagian usaha secara parsial. Maksudnya, kalau ada yang hanya ingin membuka kafe, Natural akan memberikan hak waralaba untuk kafenya saja. Dengan begitu terwaralaba tak perlu merogoh koceknya kelewat dalam.

Sayangnya, Naomi Susan, Direktur Pengelola PT Natural Semesta, menolak menyebutkan biaya waralaba dan fee royalti yang akan ia pungut. Yang jelas, kata dia, ada dua alternatif sistem waralaba yang sedang dikaji. Ada yang fee awalnya besar tapi fee bulanannya kecil, ada yang sebaliknya.

Menurut hitungan Yudy Wijaya, Direktur PT Natural Semesta, modal para terwaralaba dapat dipastikan akan balik dalam waktu kurang dari dua tahun. “Karena kami kan sudah mengetahui di mana saja faktor error atau kesalahan selama ini. Semua pengalaman akan kami bagi kepada terwaralaba,” lanjutnya.

Ahmad Febrian

Tabel simulasi perhitungan bisa di donlod di SINI

About these ads

Entry filed under: Bisnis. Tags: , , , , , .

Menjadi investor di Salon Alfons Sandra Dewi Menikah !!!

10 Komentar Add your own

  • 1. thalitha  |  Juni 10, 2008 pukul 7:11 am

    saya mahasiswa politeknik negeri bandung,,
    saya maw membuat tugas akhir dengan judul penelitian harga pokok jasa salon,,
    tapi saya masih bingung untuk membuatnya,,
    tolong bantu saya yah..

    Balas
  • 2. Dina  |  Juni 18, 2008 pukul 8:53 pm

    Saya tertarik sekali dgn usaha anda,,apa kita bisa bekerja sama?

    Balas
  • 3. allin  |  Juli 16, 2008 pukul 6:54 am

    hai… saya allin di manado
    saya tertarik dengan usaha anda..
    bisahkah anda memberikan informasi lebih lengkap khususnya info tentang tato kuku kurang nempel tapi tetap menggunakan cat kuku?
    dengan fasilitas cap dan piringan tempat cetakan.
    mohon informasi lengkapnya ya…

    Balas
  • 4. bunga Avryliana  |  Januari 7, 2009 pukul 6:29 am

    saya udah buka usaha salon tapi saya ingin memperbesar usaha saya,,,tolong beri tau cara – cara untuk memperbesar bisnis salon saya?? dan beri tau informasi tentang cara Rebonding yang baik… Terima kasih

    Balas
  • 5. dini  |  Maret 28, 2009 pukul 10:31 pm

    saya ingin membuka salon tp gk punya modal dan saya masih tinggal sama orang tua saya

    Balas
  • 6. dee_na  |  April 22, 2009 pukul 4:35 am

    gmn awal buka usaha?? perlu modal yang bnyak en99k?????

    Balas
  • 7. singka  |  Juli 25, 2009 pukul 4:11 pm

    Saya sangat tertarik dengan usaha salon yang adanda buat, dan saya ingin mengikuti jejak anda.

    Balas
  • 8. zi zi  |  Mei 4, 2011 pukul 2:07 pm

    interesting… :)

    Balas
  • 9. widuri  |  September 2, 2011 pukul 3:25 pm

    apa sih trik untuk membuka usaha salon bagi sy yang boros…

    Balas
  • 10. widuri  |  September 2, 2011 pukul 3:26 pm

    apa sih trik untuk membuka usaha salon bagi sy yang boros …

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

April 2008
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Kategori

Add to Technorati Favorites

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.