Kisah perjuangan David Herman Jaya membesarkan karoseri New Armada

Maret 28, 2008 at 12:11 am 49 komentar

PROFIL
Tabloid KONTAN No. 13, Tahun IX, 3 Januari 2005

Kibaran Bendera Karoseri New Armada
Kisah perjuangan David Herman Jaya membesarkan karoseri New Armada

Berbagai tempaan telah dialami David Herman Jaya sejak mendirikan dan membesarkan perusahaan karoseri New Armada. Ekspansi usahanya pun melebar ke berbagai sektor seperti furnitur, keuangan, dan perhotelan.

Lantaran dianggap belum cukup umur, David Herman Jaya harus mengajak pamannya saat mengurus izin mendirikan perusahaan. Maklum, waktu itu David baru berusia 21 tahun dengan pendidikan terakhir di SMA Bhineka Tunggal Ika, Yogyakarta. Mungkin, David sendiri tak menyangka bahwa keberaniannya di tahun 1973 itu berbuah sukses besar. Perusahaan itu sekarang adalah salah satu pemain ternama di bisnis karoseri otomotif. Coba siapa yang tak kenal dengan merek dagang karoseri New Armada.

Ibarat buah yang jatuh tak jauh dari pohonnya, ihwal terjunnya David ke bisnis karoseri sebenarnya tak lepas dari usaha orang tuanya. Sejak masih duduk di bangku SMP, David sudah terbiasa membantu ayahnya yang memiliki usaha angkot dan bengkel bernama “Las Tiga”. Namun, sebelum mendirikan usaha karoseri, David sebenarnya sempat berdagang pakaian dan payung di Pasar Rejowinangun, Magelang. Sebagai anak muda yang masih mempunyai semangat besar, kala itu usaha David menjadi pedagang pakaian terbilang cukup sukses. Ia berdagang pakaian hingga ke Yogyakarta, Purworejo, dan Purwokerto.

Suatu ketika, sewaktu ia masih menjadi pedagang pakaian, David ingin membuat karoseri dari Mitsubishi T120 pick up menjadi minibus. Tak tanggung-tanggung, ia memanggil 30 orang tukang, yang sudah terbiasa bekerja di bengkel karoseri, dari Madiun. “Itulah awal New Armada berdiri,” kenangnya. Hasil mengubah mobil bak terbuka menjadi minibus ini ternyata langsung menarik konsumen. Buktinya, lima minibus yang dibuatnya langsung dipesan oleh temannya yang memiliki usaha travel. Harga satu unit mobil pada waktu itu adalah Rp 1,5 juta sampai Rp 2 juta. Padahal, David mengaku pertama membuat karoseri hanya untuk dipakai sendiri. “Enggak mikir dijual,” katanya. Peminat karoseri New Armada pun terus berdatangan dan menjadi pelanggan loyal. “Travel Rahayu dari dulu sampai sekarang pesan di sini, “imbuhnya.

Beralih ke pembuatan mobil khusus

Usaha karoseri yang semula menempati areal di sekitar rumah pun dirasa tak lagi cukup. Rumah tetangga pun dibeli David. Tapi, dua tahun kemudian, lokasi bengkel itu pun tetap dirasa kurang. Akhirnya pada 1976 David membeli lahan bekas pabrik bihun di Mertoyudan, Magelang. Di situlah resmi berdiri PT Mekar Armada Jaya yang dikenal dengan merek dagang New Armada. “Nama itu saya ambil dari merek cerutu milik tetangga saya yang sudah ekspor saat itu,” jelasnya. Usaha pakaiannya dilimpahkan kepada adiknya.

Kendati baru berdiri, New Armada berhasil mendapat order besar saat Pemilu 1982. David terpilih sebagai koordinator pengadaan mobil pemilu bagi camat seluruh Indonesia. “Saya cuma dikontrak, yang dapat order PT Berdikari,” tuturnya. Walhasil, ribuan unit Mitsubishi T120 berwarna oranye berhasil diproduksi New Armada bersama perusahaan karoseri di kota lain.

Hampir sepuluh tahun sejak 1980-an, David merasakan puncak kejayaan usaha karoseri. Kapasitas produksi New Armada saat itu mencapai 1.000 unit per bulan. Jumlah karyawannya 4.000 orang. Pada 1990 David menambah luas areal pabrik menjadi 18 hektare.

Namun, masa kejayaan New Armada mulai terasa surut tatkala para Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) mulai memproduksi sendiri mobil penumpang. “Kami hanya bisa memproduksi sisa dari yang dikerjakan ATPM,” ujar David. Lantas New Armada memproduksi kendaraan untuk keperluan khusus, seperti bus, angkutan kota, dump truck, mobil boks, mobil roti, ambulan, mobil puskesmas keliling, mobil pemadam kebakaran, mobil sampah. “Kami enggak bisa buat mobil standar, karena ATPM sudah buat sendiri,” ujarnya.

David pun harus menelan kenyataan pahit. Pemerintah kala itu menilai mobil buatan karoseri-karoseri yang ada, tidak laik jalan. Alasannya, kaca mobil yang dipakai kala itu belum memenuhi standar. “Mestinya kami dididik, tapi kami ditinggal, kan enggak benar itu,” keluh David. Padahal, David berharap perannya dalam sejarah otomotif di tanah air dihargai. Tapi, David tak putus asa melihat kenyataan itu. Ia justru berani investasi puluhan miliar untuk membeli mesin-mesin agar hasil karoserinya bisa sejajar dengan mobil-mobil buatan ATPM.

Langkah David bukannya tanpa perhitungan. Didukung teknologi yang makin canggih, New Armada mampu menjadi mitra ATPM yang bisa diandalkan. Terbukti, kini New Armada menjadi pemasok puluhan komponen mobil dari berbagai merek, seperti pintu mobil beserta pelapisnya, panel, kap mesin, bodi mobil, dan lain-lain.

Seiring dengan perkembangan pasar, pada 2003 David membeli lahan seluas 7 hektare di Tambun, Bekasi, Jawa Barat. “Kami mendekatkan diri dengan lokasi ATPM agar supply cepat,” ujarnya memberi alasan. Sementara ini, baru 30% areal pabrik di Tambun yang sudah digunakan. Rencananya, kapasitas penuh akan dilakukan tahun 2006 mendatang. Saat ini total kapasitas produksi karoseri New Armada sebesar 400–500 unit per bulan. “Tahun ini mau saya tingkatkan menjadi 750 unit,” ujar David.

Ekspansi ke berbagai sektor

Dalam perjalanan 30 tahun memimpin New Armada, David telah melebarkan sayap bisnisnya ke berbagai sektor. PT Mekar Armada Jaya telah beranak-pinak menjadi beberapa anak perusahaan. Pada 1981 berdiri PT Bumen Radja Abadi, sebuah dealer resmi Mitsubishi yang kini telah memiliki tujuh cabang di Jawa dan Bali. Lantas, tahun 1987 David mendirikan Vulgo Mobil sebagai dealer resmi Daihatsu, Isuzu, BMW, Nissan Truk, dan Peugeot. Lalu, tahun 1990 ia mendirikan bank perkreditan rakyat (BPR). Kini ada tujuh BPR dengan tiga bendera: PT BPR Artha Mertoyudan, PT BPR Artha Melati Indah, PT BPR Artha Mekar Sokaraja. Lokasi BPR mencakup Magelang, Muntilan, Yogyakarta, Sokaraja, Purwokerto, Purworejo, Temanggung, dan Salatiga.

Sektor keuangan yang dirambah tak sebatas BPR. David juga mendirikan perusahaan pembiayaan. Ada dua bendera: Vulgo Finance (1991) dan Armada Finance (1992). Pada tahun 1990 kibaran bendera New Armada di bidang karoseri makin kencang setelah membeli perusahaan karoseri Alexander.

David juga mengambil alih perusahaan furnitur PT Citra Classic Furniture, pada 1990. “Itu ekspor ke Amerika, pasar lokal hanya sedikit,” ujar David. Ekspansi yang baru-baru ini dilakukan David adalah di bidang perhotelan. Bulan Oktober lalu di bawah bendera PT Armada Investama David mendirikan Resort and Spa Laras Asri seluas 25.000 m2 di Salatiga.

Pria kelahiran Magelang, 5 Maret 1952, itu hingga kini masih belum tahu akankah putranya bakal menggantikan tampuk pimpinan New Armada. Putra tertua David saat ini berusia 21 tahun. “Saya berharap anak bisa membantu lebih baik, tapi kalau enggak bisa ya enggak apa-apa,” ujar ayah lima putra ini.

+++++

Stres Dua Minggu Akibat PHK

Selama memimpin New Armada, David Herman Jaya alias Liem Wan King pernah mengalami masa paling berat. Hal ini ia alami tatkala harus memberhentikan karyawan yang sudah bekerja puluhan tahun. Krisis moneter tahun 1998 benar-benar memukul telak usaha karoseri. Order yang diterima New Armada tinggal 10%. Padahal, ada 4.000 orang karyawan yang harus digaji. “Kami hampir kolaps, kas dihabisin untuk gaji karyawan,” kenang David.

Karyawan pun sadar bahwa tak ada pekerjaan, mereka meminta gaji dipotong. Tapi, David menilai pemotongan gaji tidak mendidik karyawan. “Saya stres dua minggu menjelang ambil keputusan memecat itu,” ujar David. Ia pun menyampaikan sendiri keputusan ini kepada karyawan dari level manajer ke bawah. “Kalau enggak saya sendiri, enggak bisa beres,” jelasnya. Jumlah karyawan yang di-PHK saat itu mencapai lebih dari 2.000 orang.

Namun, antara tahun 1999 hingga 2001 New Armada sempat ekspor mobil minibus ke Arab, Bangladesh, Srilanka, dan Kenya. Ekspor lantas dihentikan karena ada regulasi baru di negara tujuan ekspor. “Mesti bikin pabrik di sana, saya ngeri, di Kenya orang membunuh nggak ada hukumnya,” jelas David. Saat kondisi otomotif membaik, sebagian karyawan tersebut dipanggil kembali. Kini New Armada mempekerjakan sekitar 2.500 orang di pabrik Magelang dan 400 orang di pabrik Tambun.

Di tengah kesibukannya, David tetap menyempatkan diri menjadi pengurus organisasi sosial. Antara lain sebagai Ketua Yayasan Kesetiakawanan Warga Magelang, Ketua Umum DPD Perwakilan Umat Buddha Jawa Tengah, Ketua I Asosiasi Karoseri Indonesia. Untuk organisasi hobi, David menjadi Pembina Perhimpunan Mobil Kuno Indonesia wilayah Jawa Tengah.

Sri Sayekti, Femi Adi Soempeno

Entry filed under: Bisnis. Tags: , , , , , .

Photo-Photo masa lalu Hanung Bramantyo i’m back

49 Komentar Add your own

  • 1. erlin kurniasih  |  April 19, 2008 pukul 1:03 pm

    new armada

    Balas
  • 2. Endang Sudiana  |  Mei 8, 2008 pukul 7:20 am

    Saya sangat terkesan dengan history bapak, apalagi saat ini bapak juga masuk sebagai pembina WALUBI yang aktivitasnya bersifat kemanusiaan, yang jarang sekali ada pengusaha sukses yang mau bekiprah di lembaga kemanusiaan, saya salut, kalau boleh saya memberi masukan pada bapak, jangan terlalu percaya kepada orang terdekat dalam bisnis bapak ( karyawan ), sejarah mencatat, banyak orang ternama gugur oleh orang terdekatnya, terakhir, bila bapak berkenan, saya ingin sekali ikut lebih mengembangkan PT MAJ, saat ini saya diposisis DEPUTY GENERAL MANAGER, thanks. goodlaucks.

    Balas
  • 3. Sila  |  Juni 2, 2008 pukul 12:51 pm

    ada website NewArmada gak???
    tolong dong infonya…..

    Balas
  • 4. evi  |  Juni 25, 2008 pukul 5:15 am

    pleaseeee…beri aku foto2 bapak yg ber ibu jari 2(maaf)..
    soalnya saya akan tunjukan ke anak saya(kebetulan dia seperti bapak)beribu jari 2..
    sementara apabila dia di ejek dia selalu down..

    saya ingin menampilkan orang2 sukses yg bercirikan tangan seperti dia co bintang film india(hitrik roshan)

    Balas
  • 5. Agung Nugroho  |  Agustus 6, 2008 pukul 6:30 am

    Hanya salut yang dapat saya sampaikan setelah membaca history bapak. Karena bisa bertahan dan keluar dari masalah yang dihadapi. Tentunya itu tidak lepas dari kerja keras dan rahmat Tuhan YME serta rasa tanggung jawab yang besar terhadap hajat hidup orang banyak(karyawan). Apalagi saat harus memberhentikan ribuan karyawan yang telah memberi kontribusi yang sangat besar bagi usaha dan kehidupan kita.
    Tentunya kita mengakui bahwa pasang surut dalam dunia usaha adalah lumrah,kadang di atas atau di bawah. Yang penting,pas sedang berada di atas (jaya), jangan lupakan yang di bawah baik itu karyawan atau siapapun yang membutuhkan,karena sebagian kecil rejeki kita adalah milik mereka ( wah maaf…jadi menggurui nih, sekali lagi maaf, saya hanya ingin ikut menyampaikan pesan orang tua saya kepada saya)
    Sekali lagi selamat dan sukses selalu…..

    Balas
  • 6. freddyanto sani  |  Agustus 9, 2008 pukul 9:13 am

    Saya salut pada semangat juang bapak dan kegigihan pak David dalam membangun perusahaan, saya jg baru mencoba untuk membangun usaha sendiri,dan saya sangat tertarik untuk dapat belajar dan bekerja sama dengan Bapak. jika bapak tertarik ,saya ingin menawarkan produk2 variasi mbl, dalam hal ini lampu2 stop belakang seperti Inova,kijang Lgx,tempat plat nomor dan variasi lainnya.sebelumnya saya ucapkan terima kasih

    Balas
  • 7. Dody Hendra Sutomo  |  September 17, 2008 pukul 3:30 am

    Dear Pak David,
    saya sangat terharu dengan perjuangan Pak David……..tetapi bagi saya NEW ARMADA tidak ada apa-apanya……..yaitu PERUSAHAAN KAROSERI yang sudah tidak BERMUTU,tidak BERKWALITAS,tdk Profesional dan Sama SEKALI TIDAK MENGERTI ESTETIKA.
    MUNGKIN INI AKIBAT TIDAK ADANYA CONTROL…….!!!!
    BUKTINYA SAYA BIKIN KENDARAAN AMBULAN DARI BASIC MITSUBISHI L200……..DIBUAT SANGAT JELEEEEEK SEKALI.!!!!
    pokoknya saya minta ganti kendaraan baru lagi…..!!!!!!

    TTD,
    DODY HENDRA SUTOMO,SE
    PUCHASING

    Balas
  • 8. Dody Hendra Sutomo  |  September 17, 2008 pukul 3:38 am

    Dear Pak David,

    kalo memang Pak David perduli dengan perusahaan KAROSERI NEW ARMADA ini.
    Segera tuntaskan masalah ini, karena saya sangat memerlukan MOBIL AMBULAN tsb. kalo saya bisa kirim Photo Hasil KAROSERI NEW ARMADA yang JELEK ini pasti Pak David Juga tidak bakalan mau menerimanya.
    saya yakin Pak David pun tidak bakalan mau menerima MOBIL AMBULAN yang benar2 tidak BERKWALITAS!!!!

    Note :
    SAYA TUNGGU JAWABAN SEGERA!!!!!!!!!!!

    ttd,

    Dody Hendra Sutomo,SE
    HP. 0816 – 198 8276

    Balas
  • 9. Ezry  |  Oktober 30, 2008 pukul 8:50 am

    Salut untuk Bpk.David ternyata semua kerja keras akan mendapat hasil yg jauh lebih baik

    Balas
  • 10. Dody Hendra Sutomo  |  November 6, 2008 pukul 4:28 am

    Jakarta, 6 November 2008

    Kepada Yrh,
    Bpk. David Herman Jaya
    di tempat.

    Kepada seluruh pembaca dari kisah perjuangan Pak David yg memang Dia adalah salah seorang contoh Orang Sukses di Indonesia memang saya secara Pribadi pun SANGAT TERHARU oleh Perjuangan dan kegigihannya….. Kamipun ingin sekali mengikuti Jejak Beliau, akan tetapi kami sangat menyayangkan sekali kepada Team New Armada yg sekarang ini ….yg mana Team New Armada saat ini benar-benar sangat tidak Berkwalitas,tidak mempunyai Orang QC yg baik dan bukan orang-orang yg profesional lagi yg berada didalamnya.
    Kenapa kami bilang demikian “Karena dialami oleh kami sendiri disaat kami membuat project Ambulance dari Basic Mobil Mitsubishi L 200 sampai saat ini tidak bisa diselesaikan …… karena kami anggap hasil kinerjanya benar-benar JELEK SEKALI seperti Hasil yg saya dapat di BENGKEL-BENGKEL DUCO dipinggir jalan yg memang tidak memiliki Manajemen yg baik,peralatan yg terbatas,tempat yg terbatas dan modalnyapun sangat terbatas …….. tetapi itu kan wajar namanya juga ( Bengkel Traditional ) …… tetapi bahkan Bengkel-bengkel dipinggir jalanpun sekarang sudah banyak yg memiliki Kwalitas yg baik.
    Jadi kami ini adalah salah satu CUSTOMER yg benar-benar SANGAT DIKECEWAKAN, SANGAT TIDAK PUAS SEKALI oleh Hasil Kerja Team NEW ARMADA.
    Saya meliliki Foto-Foto hasil pembuatan Mobil AMBULANCE yg dibuat oleh New Armada sebagai Bukti…… tidak adanya Kwalitas,Mutu,Kerapihan,Estetika QC yg ZERROOOOO sama sekali…..!!!!!
    Demikian surat ketidak puasan saya sebagai Customer ini dibuat, atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan teimakasih,

    Salam Hormat,

    Dody Hendra Sutomo
    Menara Batavia, 7th Floor
    Jl.K.H.Mas Mansyur Kav.126
    Jakarta 10220 Indonesia
    PT.BW PLANTATION Tbk

    Balas
    • 11. anggra  |  Desember 12, 2011 pukul 9:18 am

      alangkahlebih baik bila anda melayangkan surat langsung kepada pemilik..bukan dengan sistim publik seperti ini

      Balas
  • 12. Waskito A  |  November 24, 2008 pukul 4:25 am

    Jakarta, 24 November 2008

    Bpk Dody Hendra Sutomo Yth,

    Pertama-tama saya perlu menyampaikan keheranan saya atas tulisan-tulisan Bapak. Menurut saya anda sudah bertindak tidak proporsional dan profesional.
    Saya bukan siapa-siapanya New Armada, tapi setahu saya apabila bapak tidak puas dengan hasil kerja pesanan anda maka seharusnya saat itu juga anda complain dan tidak perlu berteriak-teriak tidak karuan diluaran.
    Saya yakin pelanggan New Armada tidak akan terpengaruh dengan provokasi anda, karena reputasi New Armada saat ini tidak dibangun dalam waktu semalam. Ribuan pelanggan sudah mengenal produk New Armada selama puluhan tahun.
    Percuma anda melakukan black campaign seperti ini.
    Silahkan datang baik-baik, sampaikan keluhan anda dengan disertai data-data yang cukup. Jika complain anda benar maka saya yakin New Armada akan bertanggung jawab atas complain tersebut.
    Mudah-mudahan tulisan anda bukan sekedar membawa pesan sponsor dari perusahaan lain yang tidak nyaman dengan kepopuleran New Armada.

    Thanks

    Balas
  • 13. ACIAK  |  Desember 11, 2008 pukul 6:33 am

    ANGKAT TOPI BUAT PAK DAVID , PRODUK NEW ARMADA YANG SELAMA INI SAYA KENAL CUKUP BAIK DAN BERSAING DI PASARAN.

    Balas
  • 14. arif suyono  |  Desember 17, 2008 pukul 3:59 pm

    New Armada adalah contoh buruk management perusahaan yang tidak profesinal sama sekali. Dijalankan dengan tangan besi seorang David Herman Jaya alias Liem Wan King. Hampir 80% karyawannya adalah karyawan yang dikontrak selama bertahun-tahun yang masa kontraknya diperpanjang per 6 bulan sekali. Mereka ini sering kali diberhentikan semau perusahaan dengan alasan habis kontrak. Karyawan kontrak juga tidak mendapatkan hak cuti sama sekali. Ada banyak pelanggaran hak asasi dan UU Ketenagakerjaan di PT. New Armada. PHK yang semena-mena, bahkan seragam aja harus dipotong gaji.
    Bener gak Pak Wan KIng ????
    Mudah-mudahan cepet sadar Pak Wan King…

    Balas
    • 15. anggra  |  Desember 12, 2011 pukul 9:21 am

      ahh itu menurut anda pak..tapi saya kerja disitu selama 2 tahun tidak seperti itu tuh…

      Balas
  • 16. sabran  |  Januari 6, 2009 pukul 6:29 am

    salut atas perjuangan bpk david,, dan atas keramahan mas evan serta mas yoyok semoga tetap sukses dan tambah kreatif

    Balas
  • 17. sabran  |  Januari 6, 2009 pukul 6:32 am

    setiap perjuangan butuh kesabaran dan kearifan semoga bisa lebih sukses dan jeli dalam persaingan.

    Balas
  • 18. sabran  |  Januari 6, 2009 pukul 6:53 am

    salam buat mas evan dan mas yoyok dari teman lama? email ya
    semoga new armada tambah sukses

    Balas
  • 19. wahyudi s  |  Januari 15, 2009 pukul 1:48 pm

    tanya, apa bisa pesan bodi untuk daihatsu 87? berapa harganya? tolong informasinya via e-mail saya

    Balas
  • 20. Rheysa  |  Januari 16, 2009 pukul 1:25 pm

    saya seorang drafter kalo berkenan boleh saya ikut menjadi tim sukses NEW ARMADA

    Balas
  • 21. Afandi  |  Februari 13, 2009 pukul 10:32 am

    Bagi yang kecewa dengan hasil kerja maupun management New Armada, harap sabar karena memang demikian etos kerja dari group New Armada, Kalau tidak demikian mereka tidak akan kaya. Dengan menipu seperti itulah mereka bisa hidup dan bertahan.

    iklaskan saja, mereka memang orang-orang yang tidak punya malu.

    Balas
    • 22. anggra  |  Desember 12, 2011 pukul 9:22 am

      new armada dibangun tidak semalam dua malam bung
      produk new armada seperti toyota, hino, suzuki…semuanya bisa anda lihat sendiri bagaimana produk buatan mereka

      Balas
  • 23. kirik  |  Februari 15, 2009 pukul 1:23 pm

    ngapain kalian……ribut2 disini, kalo ga sika dengan new armada ya jangan beli produknya…..

    tapi ya yg namanya perusahaan itu makin sukses perusahaannya makin besar pula badai yang akan menerjangnya,

    Balas
  • 24. ernawati  |  Maret 13, 2009 pukul 1:19 pm

    to pak dodi,pak sebaiknya bpk ga usah marah2 kaya gitu,jangan jelek2kin armada bpk kan dulu anak sekolahan kan…?apa dulu ga di ajarin etika yg baik,armada tdk kaya gitu bapak,saya itu karyawan new armada,7th saya mencari uang di armada.walaupun gaji sy dulu kecil tp ak sngat bertrimakasih sekali sama armada,sampai aku bsa nikah punya anak, semua biaya itu hasil dari aku bekerja di armada.aku sangat berterimaksih banget sma armada sampai aku mengundurkan diri aku masih mendapat pesangon.maka dari itu klau ada yg jelek2kin armada aku tdk terima.aku doakan semaga new armada TETAP JAYA.sehigga masyarakat magelang semuanya bisa bekerja di armada.sukses new armada group,salam buat bpk david hermanjaya

    Balas
    • 25. ateng  |  Februari 27, 2012 pukul 2:51 pm

      new armada memang goblok???

      Balas
  • 26. Agus  |  April 23, 2009 pukul 12:54 am

    Dear Pak David,
    Seorang kolega saya dari luar, mencari partner untuk berpatungan mendirikan industry otomotif, apakah perusahaan bapak berminat ?
    jika berminat dapat menghubungi saya, terima kasih

    Balas
  • 27. Darwi  |  Mei 20, 2009 pukul 3:22 am

    Salut buat pak david herman atas krj kerasnya..sy dengar d perusahaan bpk sedang dbuka lowker baru.kl ada peluang saya ingin mnjadi bagian dr new armada.saya sarjana teknik mesin lulus 2004..mohon untuk dpertimbangkan.

    Balas
  • 28. JaWaD aL-kAvV  |  Juni 5, 2009 pukul 4:42 pm

    TOP>>>>!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    saya bangga dan merasa kagum terhadap apa yang telah bapak lakukan ,,,,,,,,,,
    Pak ,apakah NEW ARMADA bisa menerima murid dari SMK bagian BODI OTO untuk magang?????????
    kalo memang bisa saya ingin magang di perusahaan yang bapak kendalikan………
    Terima kasih ……..
    saya tunggu jawaban dari bapak secepatnya,,,,,
    hubungi saya…
    085742790075

    Balas
  • 29. jawad  |  Juni 6, 2009 pukul 2:10 pm

    pakah di perusahaan bapak menerima untuk magang???

    Balas
  • 30. dudut  |  Juni 21, 2009 pukul 10:42 am

    PT.MEKAR ARMADA JAYA tuh mang pabrik pelit,pabrik yg manajemennya aneh.bnyak kboongan oleh orang2 atasan.gajiannya aja itungan harian,dbyarnya tiap 2 minggu skali,kalo bnyk lbur gmana nasib karyawan kontrak g jelaz,UMRnya mana?bhkan yg sdah karyawan ttap.di gaji harian.sharusnya kontrak max 2 thn,ssdah itu ttap,tpi ini mlah kontrak lge,parahnya hrian lepas.seragam aja beli hrgannya 106 rb 1 stel,sepatu safety beli,di kredit lge,mang armada itu pabrik apa prusahaan kredit?y gtu deh pabrik ecek2,di luar aja kliatan bgus tpi di dlamnya amburadul,SPSI aja g ada…jangan gtu pak liem dan kronco2nya,jngan nekan kami ekonomi lemah,diatasnya foya2,anak buahnya step smua…fasilitas klinik dprusahaan perlu bnget pak,tpi nich g ada.makan jg g berkualitas,gmana bsa sjahtera dan makmur kryawannya,shingga mutu dan kualitas produknya jdi jelek,krna g ada smangat dan mkanan sehat,mkanan kya di penjara,yg atasan mlah enak tempatnya.bner2 diskriminasi,apa krna kta2 pribumi dan atasan2 cina,seenaknya menjajah rakyat ekonomi lemah,..mhon diprhatikan ksejahteraan karyawan kontrak&tetap,UMR wjib,ksehatan harus,SPSI&KLINIK kshatan mesti,seragam&sepatu gratis minim 6 blan skali,..agar seimbang SDM dan produk New armada,jngan atasannya aja yg happy tpi buruhnya keki…mhon kbijaksanaannya pak

    Balas
  • 31. dudut  |  Juni 21, 2009 pukul 10:50 am

    bru tau ada yg dpet pesangon,gw aja abez kontrak g dpet pesangon…ow wajarlah mbak ernawati staff kantor,gw buruhnya.bner2 ngebedain.bonus tahunan aja g ada,bnus hari raya cma 1x gaji,pdahal pabrik bsar…tpi bobrok didalamnya.

    Balas
  • 32. dudut  |  Juni 21, 2009 pukul 10:55 am

    ahiak ahiak…PT.MEKAR ARMADA JAYA ITU PABRIK TEMPE,yg pekerja2nya kuli2 pasar…kacian deh nasib karyawan2 alias kuli2 armada,si boz2 cma mikirin perutnya sendiri tdak mikirin rakyat kecil.

    Balas
  • 33. F Rudi Hartono  |  Juni 26, 2009 pukul 2:45 pm

    Saya pengamat karoseri di Indonesia, kebetulan asli magelang. Salam sukses buat Bp David yang telah membawa karoserinya tetap eksis sampai sekarang ditengah persaingan karoser2 baru. Hal yang perlu saya komentari dari hasil product2 karoseri yang telah dihasilkan tentunya masih banyak yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan, dgn usia yang sudah lebih dari 30 tahun tentunya new armada sudah bisa menghasilkan kualitas product yg jauh lebih bagus dari karoseri lain yang era berdirinya masih lebih muda. Yang saya amati sekarang ini banyak PO 2 bus sudah beralih ke karoseri lain yang secara kualitas dan model jauh lebih baik. Saran saya tingkatkan terus kualitas dan lebih berinovasi dalam menciptakan model, hal itu yg nantinya akan mengembalikan kepercayaan pelanggan dan masa kejayaan lalu akan tercapai kembali. Jayalah New Armada

    Balas
  • 34. rendi aja  |  Juni 26, 2009 pukul 3:34 pm

    armada tu emank jelek…yakin deh….tolong diperiksa

    Balas
  • 35. Dody Hendra Sutomo  |  Oktober 6, 2010 pukul 9:19 am

    Yth,
    Para Commentator Blog
    Bp.David Hermanjaya
    di
    tempat.
    Kawan-kawan Blog saya atas nama pribadi tidak bermaksud menulis hal2 yg sipatnya black campange tetapi saya hanya menyayangkan saja jika melihat history awal berdirinya New Armada yg sudah dengan susah payah oleh Bp.David Herman Jaya bangun sehingga menjadi sebuah Perusahaan Karoseri ternama di Indonesia. Tetapi dirusak oleh beberapa gelintir orang di opertionalnya yang tidak peduli dengan kwalitas apalagi QC (Quality Control) yg sudah tidak berfungsi.
    Saya menulis disini anggaplah sebagai Kritik membangun buat New Armada khususnya buat Bp.David Herman Jaya.
    Kalo kawan-kawan tahu dunia bisnis seperti yg Bp.David Herman Jaya jalani saat ini adalah:
    “Jika ada customer Karoseri yg kecewa terus Diam dan tidak ngomong sama sekali apa keluhan2,kekecewaan serta kepuasan yg dialaminya dan tidak Complain dan habis itu mereka tidak datang lagi ketempat tsb, dan akhirnya customer pindah ke lain Karoseri.”
    Berarti Losses Customer …. itu yg berbahaya bagi New Armada jadi ngga bisa mengontrol.
    buktinya setelah saya Compalin Pak David Herman Jaya langsung berkomunikasi dengan baik sama saya dan Bp.David langsung menanggapi Complain dari saya dan langsung di tindak lanjuti.
    Saya Complain ke Pak David karena saat saya Complain di Jakarta dengan salah satu Direktur Marketingnya tidak di tanggapi…..makanya saya langsung berhubungan via Telp dengan Bp.David Herman Jaya alias “Liem Wan King” dan akhirnya Complain diterima dandiselesaikandengan TUNTAS.
    Berarti New Armada tidak mau kehilangan Bisnis Karoserinya….itu yg saya harapkan dari New Armada.

    Demikian penjelasan dari saya mudah2an para bloger yg menulis bisa memahami……dan ini menjadi masukan buat keberlangsungan NEW ARMADA.

    Salam,

    Dody Hendra Sutomo.

    Balas
    • 36. anggra  |  Desember 12, 2011 pukul 9:29 am

      ngomong langsung lah anda dengan perusahaannya bukan di publik kayak gini…ini namanya anda bukan komplain tp menjelek- jelek kan

      Balas
  • 37. Bunga Lima Benua  |  Mei 19, 2011 pukul 6:33 am

    siang Pak , saya may bertanya berapa harga untuk membuat sebuah karoserie new armada untuk mobil isuzu elf 4 roda

    Balas
  • 38. Ary Praptono  |  Juli 13, 2011 pukul 8:32 am

    salam kenal aja buat semua,…….

    Balas
  • 39. puyink  |  September 22, 2011 pukul 12:30 pm

    lulusan ap aj yg bisa msuk ke pt new armda pak???

    Balas
  • 40. puyink  |  September 22, 2011 pukul 12:31 pm

    lulusan ap sja yg bisa msuk bekrja ke pt new armda pak???

    Balas
  • 41. andhika  |  Oktober 6, 2011 pukul 2:37 pm

    hebat !!!!
    kagum saya dengan Bp david
    New armada sekarang ada di tambun…
    sering saya lewat dan lihat PT New Armada
    semoga semakin hari semakin bersinar dan takkan pernah surut usaha karoserinya

    Best regards
    andhika ( CV anugrah raya / stud welding sistem )
    081386785856

    Balas
  • 42. ahmad fauzi  |  Oktober 6, 2011 pukul 11:36 pm

    seharusnya seorang pengusaha apabila mau mendirikan perusahaan harus tahu dulu undang-undangnya.lebih-lebih menyangkut soal ketenagakerjaan.jangan anggap karyawan itu sebagai tenega sesaat.jadilah sebagai warga negara baik dan bermanfaat bagi sesamanya.

    Balas
  • 43. Rozaq setiabudi  |  November 15, 2011 pukul 3:55 pm

    selamat malam, saya Rozaq setiabudi D1 POLINES class kerjasama dengan New Armada,slama saya berada di new armada magelang, saya terkagum dengan perusahaan bapak,industri karoseri terbesar di Asia Tenggara. mesin2 produksi sudah memadahi, apa lagi setelah mngetahui awal mula bapak mendirikan karoseri nwe armada, saya salut terhadap perjuangan bapak. semoga bis jadi suri tauladan bagi kita semua. amientt….
    tp setelah beberapa hari saya keliling di line2, ternyata kebersihan di toilet karyawan tidak terurus,tidak ada ptugas kebersihan, mgkin juga kesadaraan karyawan masih kurang dalam penerapan 5R. ea semoga ada gerakan dari pihak2 tertentu agar dalam bekerja lebih nyaman, dan proses kerja berjalan dengan lancar, produuktifitas meningkat. amientt…………
    semoga kedepaan New Armada lebih baik lagi. tetap berjaya.

    Rozaq setiabudi
    D1 POLINES/NEW ARMADA………..

    Balas
  • 44. arif hakim  |  November 30, 2011 pukul 2:12 pm

    SAYA BELUM TAHU BENAR SOAL KAROSERI-2AN TAPI BODON SAYA BISA MENILAI BUS2 ATAU KENDARAAN BAGUS APA TIDAK DARI BENTUKNYA…BIASANYA SAYA TERUSKAN DENGAN MEMBACA NAMA PABRIK KAroserinya….dan saya juga belum paham seluk beluk new armada..cuma…saya punya 2 teman kantor yang istrinya sama-sama phk karyawati new armada..jadi ada masalah apa di sana? jika memang ada yang perlu dibenahi tolong dibenahi biar arti sukses betul2 menempati makna yang sebenarnya…salam sukses..

    Balas
  • 45. parulian  |  Januari 31, 2012 pukul 4:27 pm

    Yth, Bapak David Herman Jaya di Tempat

    Semoga Bapak sehat selalu dan Tuhan menyertai kehidupan Bapak dan Keluarga .

    Dengan ini kami merasa salut dan bangga atas upaya kerja keras dalam membangun perusahaan PT. Mekar Amada Jaya sampai sekarang dan saya sudah membaca riwayat perusahaan yang patut dicontoh . Bagaimanapun Bapak tentu tidak bekerja sendiri dan sangat besar kesuksesan pastilah melibatkan karyawan yang sudah setia dan komitmen bersama membangun perusahaan PT. Mekar Armada Jaya .
    Dengan ini dengan hormat , perlu kami sampaikan atas beberapa hal terkait dengan di PHKnya karyawan Bapak bernama Rusman Sianturi ,karyawan PT. Mekar Armada Jaya beralamat di Jl.Diponegoro No.107 Km.38 Tambun Bekasi , dibagian Staff Operasional Kendaraan , masuk kerja 01 Mei 1995 ( sudah bekerja 16 tahun 7 bulan dan di PHK tanggal 30 Desember 2012 dengan alasan memasuki pensiun ) Surat PHK ditandatangani oleh Bp Suhartono Senior Dept Head HRD & GA .

    Dengan ini dengan hormat disampaikan kepada Bapak :

    1. Wajar dan patut perusahaan PT.Mekar Armada Jaya memberikan hak pesangon sesuai dengan UU No.13 tahun 2003 pasl 167 ayat 5
    2. Sesungguhnya Sdr Rusman Sianturi masih berusia 52 tahun dan masih produktif , sehingga terdapat 3 tahun lagi masa kerja ybs ( usia pensiun 55 tahun )dan telah menimbulkan kerugian bagi Sdr Rusman Sianturi karena kehilangan pendapatan selama 3 tahun
    3. Rusman Sianturi adalah karyawan dengan konduite kerja baik dan setia selama bekerja dan mengabdi di perusahaan PT. Mekar Armada Jaya terbukti sudah bekerja selama 16 tahun lebih , sehingga wajar dan patut dihargai .Sejak di PHK tanggal 30 Desember 2012 sampai sekarang sudah tidak bekerja lagi dan sudah menjadi beban keluarga .
    4. Sebagai Serikat Buruh SBSI / LBH HUKATAN SBSI , kami berpendapat ada kekeliruan management atas penyelesaian hak Sdr Rusman Sianturi yang diPHK atas alasan pensiun dan kami selaku Kuasa Hukum dari LBH HUKATAN SBSI Jakarta sudah menyurati management PT.Mekar Aramada Jaya sebanyak 2 kali dengan surat tertanggal 10 Januari 2012 dan surat tertanggal 26 Januari 2012 akan tetapi tidak ditanggapi.
    Dengan ini dengan Hormat, demi tegaknya hukum dan keadilan serta kepatutan , kiranya Bapak berkenaan memberikan hak Sdr Rusman Sianturi sesuai dengan pasal 167 ayat 5 UU No.13 tahun 2003

    Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya ,

    Hormat Kami ,
    Kuasa Hukum

    Parulian Sianturi, SH
    LBH HUKATAN SBSI
    Jl. Cipinang Muara Raya No.33 Jatinegara Jakarta Timur 13420
    Tlp.021 – 70984671, Fax : 021 – 8577646
    email : parulian _sianturi@yahoo.com

    Balas
  • 46. andri  |  Februari 15, 2012 pukul 9:38 am

    Dody hendra sutomo…poitik tikus…cari muka biar dapat simpati…..dan di tarik pak davit jadi staffnya………………..

    Balas
  • 47. anugerah  |  April 24, 2012 pukul 5:33 pm

    Di setiap perjuangan pasti ada keberhasilan,saya anugerah ingin menawarkan prodak yg bisa saya buat,saya punya team dari bekasi,dengan latar pengalam besik masing2,ada ahli bikin wings box,holer,carcarier(kanza),teleler,dumtruck,mixer,hiblow,triple deck,lostbak dll,bila perusahaan bapak berminat merekrut team kami,kami siap sebagai sapkon,atau borongan dengan produk yg di inginkan,untuk menghubungi kami silahkan hubungi no kami,087782156466

    Balas
  • 48. lukman magelang  |  Agustus 10, 2012 pukul 9:08 am

    t.0.p be.ge.te bt 0m .David herman jaya..sukses sllu,new armada is the best..

    Balas
  • 49. Okta Via  |  Desember 23, 2012 pukul 3:23 am

    salut..

    Balas

Berikan Balasan

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Maret 2008
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Kategori

Add to Technorati Favorites

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.