Memilih-milih tawaran menjadi agen perusahaan kurir

Maret 9, 2008 at 11:30 pm 34 komentar

USAHA
Tabloid KONTAN No. 17, Tahun X, 30 Januari 2006

Agen-Agen Pengumpul Dokumen
Memilih-milih tawaran menjadi agen perusahaan kurir

Tercatat sebagai salah satu bisnis yang tetap prospektif dalam 20 tahun ke depan, bisnis jasa kurir tetap menjanjikan bagi pemain baru. Bagi yang modalnya pas-pasan, ada banyak tawaran menjadi agen perusahaan kurir besar.

Kapan Anda terakhir menerima surat via Pak Pos? “Sudah lupa, tuh, saking lamanya!” Begitulah barangkali jawaban sebagian besar orang. Soalnya, bila mau kontak orang tua di kampung, orang kini tinggal angkat telepon. Mau bilang,selamat bobo sama pacar di luar negeri, tinggal pencet ponsel dan ber SMS-ria dengan si dia. Bisa juga berkirim e-mail atau langsung saja chatting di internet. Langsung nyambung, dah.

Tapi, tak semua informasi dan data bisa dikirimkan secara elektronik. Dokumen atau paket barang, misalnya, tetap harus dikirim secara fisik. Anda yang baru pulang dari berhaji, misalnya, bisa saja mengabari sanak keluarga via telepon bahwa Anda telah dengan selamat di tanah air. Tapi, air zam-zam, celak arab, dan oleh-oleh lainnya dari tanah suci kudu Anda paketkan ke kampung halaman.

Ini menunjukkan, meski teknologi digital sudah begitu maju, jasa pengiriman paket dan dokumen secara fisik tetap diperlukan. Tak heran bisnis jasa kurir dan pengiriman barang tetap eksis, bahkan jumlah pemainnya terus bertambah dari waktu ke waktu. Bahkan, International Franchise Association mengategorikan jasa pelayanan kuris dan kargo ini sebagai satu dari sepuluh usaha unggulan sampai 20 tahun ke depan.

Jaringan kerja yang luas berikut pemahaman akan seluk-beluk pengiriman barang ke berbagai tempat wajib Anda miliki jika hendak membuka usaha jasa kurir sendiri. Belum lagi modal yang jumlahnya miliaran rupiah.

Maraknya tawaran menjadi agen kurir

Bagaimana dengan orang yang modalnya tak begitu besar dan tak memiliki jaringan luas? Inilah enaknya. Kue bisnis jasa kurir yang legit ini bisa pula dinikmati pengusaha bermodal pas-pasan. Sebab, untuk meluaskan jaringan bisnisnya, belakangan perusahaan jasa kurir dan cargo gencar mengundang para pengusaha untuk bekerja sama menjadi agennya.

Penawaran datang dari perusahaan lokal hingga kelas dunia. Sekadar menyebut contoh, ada RPX/Fed Ex (KONTAN, edisi 17 Oktober 2005) dan Star Express Logistic (KONTAN, edisi 6 Juni 2005) yang sudah cukup lama menawarkan peluang menjadi agen. Penawaran serupa juga masih terus ditawarkan perusahaan-perusahaan lain. Di antaranya yang tengah giat menjaring agen baru adalah Priority Cargo and Package (PCP), LTH International, dan Tiki JNE.

Umumnya dalam penawaran kerja sama keagenan ini, para agen tinggal membuka outlet yang ukurannya tak perlu terlalu luas. Lalu, si agen tinggal duduk manis menunggu datangnya pelanggan. Saban pagi dan sore, perusahaan induk akan datang untuk mengangkut paket-paket itu.

Proses pengiriman selanjutnya hingga paket sampai di tujuan, semua menjadi tanggung jawab si perusahaan induk. Agen tinggal menikmati komisi yang besarnya 10%-30%. Itu berarti si agen hanya menanggung biaya operasional gerainya, biaya pengepakan (packing), dan biaya pengambilan paket dari pelanggan.

Dengan skim keagenan yang pasif begini, modal menjadi agen tidaklah besar, paling hanya beberapa juta rupiah. “Agen cukup menyediakan tempat usaha, line telepon dan faks, meja, dan kursi saja,” ujar A. Sutjipto, Marketing Agent PCP Jakarta.

Komponen biaya yang rada besar paling sewa tempat. Tapi, biaya sewa ini juga sebenarnya tidaklah besar. Sebab selain mensyaratkan si agen sudah harus memiliki badan usaha (PT, CV, UD, Koperasi), beberapa perusahaan mensyaratkan si agen harus memiliki usaha lain yang sudah eksis. Misalnya wartel, warnet, fotokopi, toko ponsel, toko kue, dan lain-lain. Dengan begitu, biaya sewa ruang bisa di share dengan usaha lain tersebut.

Namun, semakin banyaknya pemain di bisnis pengantaran dokumen dan paket ini membuat para pelakunya harus bersaing ketat menjaring pelanggan. Untuk itu perusahaan jasa kurir harus lebih aktif menjemput bola. “Kami mendorong para agen melakukan penjualan dan mendatangi pelanggan,” papar M. Johari Zein, Direktur Eksekutif Tiki JNE.

Menjadi agen aktif tentu membutuhkan modal yang lebih besar. Selain harus mempekerjakan lebih banyak karyawan, si agen juga harus menyediakan kendaraan untuk menjemput paket dari pelanggan, bisa berupa sepeda motor atau mobil boks. Tapi, potensi omzet dan komisi yang bakal diraih tentu lebih besar pula ketimbang agen pasif yang menunggu datangnya pelanggan.

Selektif memilih induk semang

Umumnya, persyaratan dan tata cara keagenan yang ditawarkan para perusahaan jasa kurir dan kargo itu tak jauh berbeda. Tapi, kita tentu harus tetap jeli memilih induk semang. Satu hal penting yang tak boleh kita lupakan: nama besar dan bonafiditas perusahaan induk menjadi hal yang amat penting dalam bisnis ini. Nama besar biasanya diperoleh karena kualitas pelayanan yang bagus dan jaringan yang luas.

Menyandang nama sebagai agen perusahaan yang bonafide tentu akan membuat Anda lebih gampang menjaring pelanggan. Selain itu, Anda tentu tak mau, kan, sibuk mengurusi komplain dari konsumen karena dokumen yang mereka kirim lewat Anda hilang, atau paketnya rusak di jalan? Meskipun urusan pengiriman barang ditangani perusahaan induk, jika ada masalah, konsumen biasanya akan melabrak agen yang langsung meladeninya.

Di luar itu, tentu perlu pula pelajari pula secara mendetail seluk-beluk kerja sama keagenan yang mereka tawarkan. Sebagai bahan masukan, berikut uraian singkat tiga penawaran keagenan jasa kurir:

Tiki JNE

Untuk mengerek omzetnya naik 15%-20% menjadi sekitar Rp 175 miliar tahun 2006 ini, Tiki JNE akan terus memperluas jaringan keagenannya. Tahun ini, kata Johari Zein, perusahaannya mencari 200 agen baru untuk wilayah Jakarta. Semua agen Tiki JNE harus aktif melakukan pemasaran dan memberikan layanan jemput paket ke tempat konsumen. “Pendekatan baru, nih. Pelanggan kan butuh kepuasan,”cetusnya.

Untuk menjadi agen aktif, sediakan modal sekitar Rp 50 juta. Modal segini untuk mempersiapkan gerai berikut semua perlengkapan untuk melakoni bisnis ini. Ini sudah termasuk deposit sebesar Rp 1,5 juta. “Deposit ini semata-mata untuk pengurusan izin dan biaya membuat sign board,” ungkap Johari.

Soal lokasi, bisa di pusat bisnis, di perumahan, atau di kawasan perkantoran. Yang penting lokasinya gampang diakses pelanggan, bisa dilewati kendaraan roda empat dan memiliki lahan parkir yang memadai.

Luas gerainya sendiri tak perlu gede-gede amat. Sekitar 4 x 3 meter sudah cukup. Sebab, agen tak membutuhkan ruang luas untuk menaruh paket. Setiap pagi dan sore pihak Tiki JNE akan mengangkut paket-paket itu.

Agen akan menikmati komisi sebesar 20% dari omzet yang berhasil dia kumpulkan. Dengan asumsi si agen mampu mencetak omzet sebesar Rp 50 juta sebulan dan komisi 20%, keuntungan agen mencapai Rp 5 juta. Dengan begitu, dalam waktu sekitar 10 bulan agen akan balik modal.

Target ini tidak terlalu sulit dicapai. Buktinya, kata Johari, beberapa gerai Tiki JNE yang sudah eksis bisa mencetak komisi yang lumayan besar. Ada yang Rp 100 juta, 50 juta, Rp 20 juta, dan Rp 5 juta sebulan. “Yang di bawah Rp 5 juta juga banyak, tapi semuanya rata-rata di atas Rp 1 juta,” imbuhnya. Rahasia memperoleh komisi besar, tentu saja, lokasi yang pas dan kelihaian si agen memperoleh pelanggan tetap. Kalau bisa menggaet perusahaan besar sebagai pelanggan tetap, tentu lebih sedap.

LTH International

Perusahaan kurir yang dulu bernama Elteha ini memungut deposit sebesar Rp 5 juta dari calon agennya di awal kerja sama yang tak ada batas waktunya itu. Deposit itu sudah termasuk biaya mengurus perizinan, pajak, dan jasa pengacara.

Selain melayani pengiriman barang, “Agen LTH juga akan meladeni pengiriman uang dan barang berharga lainnya dengan fasilitas asuransi,” ujar Hendro Wahono, Direktur LTH International. Semua tarif layanan oleh agen mengikuti tarif yang ditentukan LTH pusat, dengan besar komisi agen 20%. Oh, ya, agen cukup menyetorkan omzet ke kantor pusat sekali sebulan.

Priority Cargo and Package (PCP)

Saat ini, PCP menawarkan peluang menjadi agen-agen untuk wilayah Jakarta saja dengan masa kerja sama minimal setahun.

Besarnya modal yang dibutuhkan untuk menjadi agen PCP, menurut Soetjipto, tergantung dari lokasi usahanya. Tapi, dia ogah menyebut angka. Secara umum, kalau si agen sudah memiliki bisnis lain yang ekses, modalnya kecil. Si agen paling tinggal menyediakan meja kursi dan tempat penampungan kiriman pelanggan sementara.

PCP tidak memungut deposit dari si agen. Dia malah menyediakan timbangan dengan kapasitas minimal 100 kg. Tapi, dengan begitu, si agen harus mengurus sendiri perizinan usahanya.

Seluruh agen PCP harus menggunakan tarif yang sudah ditetapkan oleh PCP. Si agen akan menikmati komisi, tergantung dari jenis layanan paketnya. PCP memiliki tiga jenis layanan. Satu, untuk pengiriman domestik, agen akan menikmati komisi 30% dari tarif. Dua, pengiriman international, komisinya 15%. Tiga, pengiriman domestik out of area dengan komisi 10%. Agen PCP harus langsung menyetorkan omzet yang diperolehnya hari itu juga kepada PCP pusat.

Mesti Sinaga, Ahmad Febrian, Yurike Patrecia

Tabel perhitungan donlod di sini

About these ads

Entry filed under: Bisnis. Tags: , , , , .

Menjajal tawaran minimarket syariah ala PNM Ringtone Cincha Lawra (MP3)

34 Komentar Add your own

  • 1. uyun  |  Mei 6, 2008 pukul 10:02 am

    saya ingin kerjasama menjadi agen tiki dan saya mempunyai modal 50 jt, surat izin usaha dan tempat yang cukup strategis di manado dan gorontalo, kira2 bagaimana kelanjutannya, uyun 0431335xxx

    Balas
  • 2. blogkage  |  Mei 6, 2008 pukul 2:35 pm

    @uyun
    keterangan lebih lanjut mengenai tiki silakan ke website mereka

    http://www.tikijne.co.id/

    Balas
  • 3. zul  |  September 19, 2008 pukul 12:10 pm

    saya berminat menjadi agen kurir untuk wilayah depok untuk sirat-surat billing bank, telpon dsb. gimana caranya?

    Balas
    • 4. Teddy bear  |  Februari 6, 2012 pukul 8:19 pm

      masalah itu mudah saja anda buat proposal untuk penawaran kerjasama kepada perusahaan yg anda tuju.

      Balas
  • 5. Ari.kurniawan  |  Oktober 26, 2008 pukul 7:59 pm

    Saya mau jd agen tiki di bekasi

    Balas
  • 6. Ari.kurniawan  |  Oktober 26, 2008 pukul 8:02 pm

    Saya mau kerjasama tiki ,kemana saya dapat menghubungi ?

    Balas
  • 7. rusmala dewi  |  November 12, 2008 pukul 12:46 pm

    saya minta info untuk alamat LTH dan Priority cargo and package (PCP) karena sy berminat untuk menjadi agen salah satu dari perusahaan tersebut. Trims

    Balas
  • 8. eddy.  |  Desember 10, 2008 pukul 5:38 am

    saya ingin menjadi agen tiki didaerah jl raya jombang ciputat tangerang. bagamana syaratnya ,brapa modalnya

    Balas
  • 9. Roby santika  |  Januari 15, 2009 pukul 8:39 pm

    Bagaimana menjadi agen LTH ? saya berminat ada nomor telpatau contact person-nya ? saya di Timika Papua

    Balas
  • 10. muhamad harun se  |  Februari 2, 2009 pukul 2:14 am

    saya sangat membutuhkan informasi mengenai persyaratan menjedi agen tiki. saya kepengin jadi agen tiki di daerah banyumas selatan

    Balas
  • 11. dwi yuli F  |  Februari 2, 2009 pukul 9:46 am

    slmt sore, sy ingin th bgmn cara mjd agen LTH dan JNE utk di Jkt dan Bekasi dgn modal yg paling murah. apa saja syaratnya ?, trm ksh. Dwi – Jkt

    Balas
  • 12. riza  |  Februari 2, 2009 pukul 3:54 pm

    saya ingin gabung dengan pcp untuk expedisi truking bagaimana caranya

    Balas
  • 13. andy  |  Februari 21, 2009 pukul 9:12 am

    saya ingin menjadi agen tiki,namun modal sebesar 50 jt terlalu berat buat saya apakah ada solusi yang lain megenai itu?dan apakah ada ketentuan jarak antara agen untuk membuka gerai tiki?

    Balas
  • 14. Veronica  |  Maret 16, 2009 pukul 11:10 am

    Kami menawarkan kerjasama handling cont FCL,LCL.break bulk & Trucking ke seluruh wilayah kota Makassar & Sulawesi dengan harga yang kompetitif,hub makassartranslogisctics@rocketmail.com

    Balas
  • 15. Veronica  |  Maret 16, 2009 pukul 11:12 am

    Terima kerjasama handling untuk wilayah makassar & Sulawesi , hub makassartranslogistics@rocketmail.com

    Balas
  • 16. Hadi  |  April 6, 2009 pukul 2:21 pm

    saya tretarik untuk menjadi agent Tiki JNE di Bajawa Flores Apa saja syarat syarat dari PT Tiki JNE untuk menjadi perwakilan Tiki JNE. Please contact saya via e-mail ri2nnhadi@gmail.com

    Balas
  • 17. Hadi  |  April 6, 2009 pukul 2:23 pm

    saya tretarik untuk menjadi agent Tiki JNE di Bajawa Flores Apa saja syarat syarat dari PT Tiki JNE untuk menjadi perwakilan Tiki JNE. Please contact saya via e-mail ri2n.n.hadi@gmail.com

    Balas
  • 18. Rosie  |  April 16, 2009 pukul 11:34 am

    saya ingin menjadi agen Tiki untuk wilayah Madiun, jawa timur… bagaimana caranya?

    Balas
  • 19. Radjali  |  Mei 5, 2009 pukul 3:37 am

    Saya mohon informasi perusahaan kurir yang membutuhkan kerjasama dalam pendistribusian paket kurir,saya bersedia untuk kerjasama dalam pendistribusian pengiriman tersebut dengan sistem komisi.

    Balas
  • 20. aja  |  April 21, 2011 pukul 6:28 am

    tertarik menjadi agen tki. saya dipurwakarta berminat,namun apa ada solusi biayanya. Rp.50 Jt rasanya saya berat.

    Balas
  • 21. agus suwandi  |  April 29, 2011 pukul 5:54 pm

    saya berniat menjadi agen tiki jne dari dulu saya ingin menjadi agen tiki jne tolong hubunggin saya di no.02193415431-083898894728

    Balas
  • 22. Lanny Waliry  |  Juli 1, 2011 pukul 11:24 am

    Saya mau buka agen TIKi. Tempat saya di daerah Bulungan, Jakarta Selatan. Persisnya di depan Blok M Plaza. Saya ingin kerjasama dengan TIKI.. Mohon dibalas ya. Thanks. Lanny

    Balas
  • 23. franky  |  Juli 28, 2011 pukul 4:37 pm

    saya mau jadi agen tiki/pahala/elteha / apa aja, saya punya tempat dipinggir jalan ramai ruko 50 m2, usaha saya agen cetakan dan masih banyak tempat kosong. ruko milik ortu, kiranya ada yang mau menghubungi saya gimana caranya jadi agen titipan kilat yang termurah modal awalnya karna dana saya sangat terbatas. Trims y jika ada yg menghub saya di email franky_taniara1@yahoo.co.id

    Balas
  • 24. nurul  |  Agustus 24, 2011 pukul 5:47 am

    saya mau buka agen tiki di wilayah tabanan bali,mhn kirim syarat2nya email ke nurulita_hidayati1@yahoo.com

    Balas
  • 25. fenlan  |  Desember 2, 2011 pukul 2:32 pm

    Kalau ngga punya siup dan yg laen gimana?. Apakah bisa menjd agen jne?

    Balas
  • 26. dedy  |  Januari 1, 2012 pukul 7:29 am

    Sy punya tempat, sy minta syarat dan ketentuan apa untuk jd otlet tiki.. Di batam. Sungai panas

    Balas
  • 27. linda E. Hidayat  |  Januari 24, 2012 pukul 8:27 am

    saya ingin jd agen di rumah (komplek), bgimn caranya…apakah ada yg dibw 5jt utk jd agennya, tlg dibls…mksh

    Balas
  • 28. Teddy bear  |  Februari 6, 2012 pukul 8:23 pm

    berangkat pagi bawa dokumen pulang sore bawa duiiiit….

    Balas
  • 29. arnold  |  Juni 21, 2012 pukul 8:35 am

    saya ingin bergabung dengan LTH dan PCP

    Balas
  • 30. Zainul paridi  |  Juli 31, 2012 pukul 3:02 pm

    Saya ingin jdi agen Tiki di lombok timur bgaimana crax….?

    Balas
  • 31. eko nugroho  |  Agustus 2, 2012 pukul 8:22 am

    saya punya motor ingin jadi kurir, semoga ada yang membutuhkan” Eko Nugroho/ 081519522466. Thanks

    Balas
  • 32. mulad jogja  |  September 29, 2012 pukul 1:40 pm

    saya minat jadi agen jne tapi modal Rp 50jt terlalu banyak buat saya gimana solusinya dan jarak antar agen harus berapa km…?

    Balas
  • 33. Irsyad muis  |  Desember 6, 2012 pukul 12:39 pm

    saya mw Daftar sbg Agebn JNE ntuk wilayah Pekan Baru ( Lokasi Kandis ) ,Bgaimna Prosedur dan cara jadi Agen tsb ,dgn siapa saya harus berkomunikasi ntuk Wilayah tsb ,,.,
    No Contact sya : 081365417148 Email : irsyadmuis44@gmail.com

    Balas
  • 34. Irsyad Moeiz  |  Desember 6, 2012 pukul 12:42 pm

    Mhon di confirmasi mazz tawaran saiaa

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Maret 2008
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Kategori

Add to Technorati Favorites

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.