Peluang usaha kelas gerobak dari Indomaret

Maret 6, 2008 at 9:38 am 46 komentar

USAHA
Tabloid KONTAN No. 43, Tahun X, 31 Juli 2006

Tinggal Cari Dagangannya
Peluang usaha kelas gerobak dari Indomaret

Indomaret menawarkan peluang usaha bagi para pengusaha mikro dan kecil yang ingin berjualan di gerai-gerainya. Indomaret akan menyediakan gerobak dan lokasi usaha dengan sewa terjangkau, sekaligus memberi pelatihan dan pembinaan usaha.

Menjadi orang kecil itu repot melulu. Itulah keluhan yang kerap terlontar dari bibir para pengusaha kecil atau yang biasa dikenal sebagai pengusaha mikro. Mereka tentu berniat membuka usaha untuk mengangkat taraf ekonominya. Namun, langkah mereka sering terhambat oleh modal yang terbatas. Akibatnya, kalaupun bisa membuka usaha, skalanya tetap kerdil lantaran mereka tak punya cukup duit mengembangkan usaha tersebut.

Di luar kendala modal, perkara lain yang sering jadi penghambat adalah: di mana mereka bisa membuka usahanya? Mau sewa tempat, mahalnya bukan main. Mereka pun terpaksa memilih lokasi usaha atau berdagang di emperan atau kaki lima. Namun, ini juga ada biayanya. Sebut saja jatah preman atau uang keamanan. Sudah begitu, mereka juga harus siap diuber-uber petugas ketenteraman dan ketertiban (tramtib).

Boleh jual apa saja, asal legal

Nah, buat para pengusaha mikro dan kecil, jaringan minimarket Indomaret masih membuka tawaran program kemitraan. Nama program ini: Mitra UMKM Indomaret. “Kami ingin membina pengusaha kecil jadi mitra usaha yang bisa mandiri dan berkembang,” kata Laurensius Tirta Widjaja, Direktur Operasional PT Indomarco Prismatama.

Walaupun program yang sudah berjalan setahun ini berlabel UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah), namun PT Indomarco Prismatama sebagai pemegang merek Indomaret lebih menargetkan pada pengusaha sektor mikro dan kecil. Lewat program ini, Indomaret membantu menyediakan lahan bagi para pengusaha mikro dan kecil untuk menjajakan produknya. Mereka akan diberi tempat di teras depan gerai Indomaret.

Indomaret tidak sebatas menyediakan tempat buat berjualan, namun juga menyediakan gerobak buat para pengusaha mikro dan kecil itu untuk menjajakan dagangannya. Tentu saja, gerobak dan tempat berdagang yang disediakan Indomaret tersebut tidak gratis. Para pengusaha yang menjadi mitra harus membayar biaya sewa gerobak dan sewa tempat. “Tapi, biayanya saya jamin tidak memberatkan,” ujar Laurens, panggilan akrab Laurensius.

Pernyataan tersebut diamini Gunawan, salah seorang pengusaha kecil yang sudah bergabung dengan program ini semenjak diluncurkan setahun yang lalu. “Modalnya bisa lebih kecil dibandingkan kalau menyiapkan sendiri,” papar Gunawan.

Menurut pria asal Surabaya ini, dengan memperhitungkan gerobak yang sudah disediakan Indomaret, modal awal yang harus disiapkan untuk berusaha bisa ditekan sampai separonya. “Sekarang membikin gerobak sendiri itu modalnya hampir Rp 2 juta, lo. Uang satu juta sudah enggak dapat,” ungkap Gunawan.

Karena gerobak sudah disiapkan Indomaret, para pengusaha mitra tinggal menyiapkan isi gerobak, alias barang dagangan. Pada dasarnya, Indomaret mengizinkan para pedagang menjual apa saja. “Asalkan barang yang diperdagangkan tidak dijual di Indomaret, dan barangnya tidak ilegal,” kata Laurens.

Indomaret nantinya menyediakan gerobak yang disesuaikan dengan barang dagangan si pengusaha. Ada tiga tipe gerobak yang ditawarkan Indomaret. Pertama gerobak tipe standar, yang penggunaannya cocok untuk berjualan es, pizza, jus, kue basah atau kue tradisional, jajan pasar, bahkan untuk berjualan nasi rames atau nasi padang. Untuk gerobak tipe ini pedagang harus membayar sewa sebesar Rp 50.000 per bulan.

Pilihan kedua adalah gerobak tipe etalase. Gerobak tipe etalase ini memiliki ruang pajang produk dari kaca dengan ukuran yang cukup luas. Karena itu, gerobak ini cocok untuk berjualan aksesori ponsel, baju, kosmetik, aksesori pakaian, juga majalah. Harga sewanya sebesar Rp 61.150 per bulan.

Kalau tidak laku bisa pindah tempat

Pilihan ketiga adalah gerobak tipe food. Ini cocok untuk berjualan produk-produk makanan yang penyajiannya membutuhkan perangkat memasak. Misalnya, bakso, siomay, burger, mi ayam, martabak, dan sebagainya. Gerobak tipe food ini dilengkapi dengan wadah untuk meletakkan kompor, plus satu meja lipat ukuran 150 cm x 20 cm. Biaya sewanya sebesar Rp 62.700 per bulan.

Semua biaya tadi hanya untuk biaya sewa gerobak. Selain itu, mitra UMKM Indomaret juga harus membayar sewa teras, yang besarannya antara Rp 150.000 hingga Rp 250.000 per gerai per bulan, tergantung lokasi dan ramai tidaknya gerai Indomaret tersebut.

Berkaitan dengan urusan sewa-menyewa ini, Indomaret mensyaratkan kerja sama minimal tiga bulan dengan pengusaha yang tertarik menjadi mitranya. Oleh karena itu, mitra UMKM Indomaret harus membayar sewa minimal untuk tiga bulan pertama. Sebagai insentif, Indomaret memberikan fasilitas gratis sewa selama satu bulan. “Itu kami berikan sebagai masa free trial buat dia,” ujar Laurens.

Mitra bisa memilih lokasi di salah satu toko Indomaret untuk membuka gerainya. Namun, biasanya pihak Indomaret menyarankan untuk membuka gerai di Indomaret yang berdekatan dengan tempat tinggal si mitra.

Kalau setelah usaha berjalan ternyata terbukti barang dagangannya di wilayah tersebut tidak laris, mitra bisa meminta pihak Indomaret untuk melakukan relokasi bagi usahanya. “Kami akan mencarikan dia tempat di Indomaret lain, yang pasarnya cocok dengan usaha yang digelutinya,” tambah Laurens.

Memang, program ini sudah berjalan setahun. Namun, peluang untuk bergabung menjadi mitra UMKM Indomaret sendiri masih terbuka luas. Pasalnya, Indomaret mengharapkan satu toko Indomaret bisa ditempati oleh dua sampai tiga mitra. Saat ini penyewa teras di Indomaret, termasuk mitra UMKM, baru 2.242 penyewa; sementara per akhir Juni 2006 Indomaret sudah membuka 1.564 toko yang bisa menampung 3.128-4.692 mitra UKM. Artinya, masih ada peluang untuk sekitar 886-2.450 penyewa teras.

Jumlah ini akan terus bertambah seiring terus bertambahnya jumlah gerai Indomaret. “Sampai akhir tahun 2006 kami menargetkan paling tidak toko Indomaret akan mencapai 2.000,” tambah Laurens. Masih banyak kesempatan, kan?

+++++

Jadi Mitra sekaligus Binaan

Selain memberikan peluang untuk membuka usaha, Indomaret juga memberikan pembinaan bagi mitra UMKM-nya. “Indomaret akan memberikan pelatihan-pelatihan kepada mereka,” ujar Laurensius Tirta Widjaja, Direktur Operasional PT Indomarco Prismatama, pemegang merek Indomaret. Pelatihan itu meliputi bagaimana menjalankan bisnis, mengatur manajemen keuangan, serta bagaimana memasarkan dagangan. Indomaret juga memberikan saran kepada mitra mengenai produk apa yang cocok untuk dijual di wilayah tertentu.

Indomaret pun memfasilitasi pelatihan si mitra dengan pihak di luar Indomaret. Misalnya, mengikuti pelatihan dari Bogasari. Untuk mengikuti pelatihan-pelatihan ini, mitra sama sekali tidak dipungut biaya. “Kami tidak akan melepas mitra kami. Kami akan terus berikan pendampingan,” papar Laurensius.

Karena Indomaret sudah mempersiapkan lahan dan sarana berjualan, mitra tinggal menyiapkan barang dagangannya saja. Dan, itu tentu menekan modal yang perlu dikeluarkan mitra, sehingga balik modalnya juga bisa lebih cepat. Seperti yang dialami Gunawan, mitra UMKM Indomaret yang berjualan jajanan pasar. “Saya sudah balik modal dalam empat bulan,” tutur dia.

Harris Hadinata

About these ads

Entry filed under: Bisnis. Tags: , .

Menjajal waralaba toko satu harga Valu$ Menjajal tawaran minimarket syariah ala PNM

46 Komentar Add your own

  • 1. titov  |  Maret 11, 2008 pukul 9:56 am

    wah, inpho yg menarik, tengkyu.. :)

    Balas
  • 2. blogkage  |  Maret 11, 2008 pukul 11:04 am

    @titov
    u’re welkam

    Balas
  • 3. Irfan  |  Maret 15, 2008 pukul 5:23 am

    Tolong berikan informasi nomor telpon Indomart yang bisa dihubungi!

    Thanks
    Irfan

    Balas
  • 4. blogkage  |  Maret 15, 2008 pukul 10:04 am

    @irfan
    silakan masuk ke website resmi mereka
    http://www.indomaret.co.id/idm/mail.php

    ato ke :
    Kontak Person : Bp. Markus
    Alamat : Jl Ancol Barat 1 No 9 – 10 Jakarta Utara
    Telephone : 021- 6909471
    Fax : 021- 6914480

    sumber: http://www.smfranchise.com/franchisor/indomaret.html

    Balas
  • 5. Tomi P Utomo  |  Maret 30, 2008 pukul 7:41 am

    Saya tinggal di malang jawa-timur.
    Saya minta alamat/contact person untuk menanyakan ttg Gerobak Indomaret di malang. Tks

    Tomi

    Balas
  • 6. donie  |  Maret 30, 2008 pukul 8:31 pm

    kalo mau buka usaha tapi saya bukan pengusaha yang termasuk umkm boleh g? misal saya hanya mau berjualan dari hasil kulakan bukan barang buatan sendiri…. thanks b4

    Balas
  • 7. donie  |  Maret 30, 2008 pukul 8:33 pm

    kalau di gerai indomart daerah kampus unnes sekaran-semarang usaha/jualan apa yang cocok (prospek) dan belum ada?

    Balas
  • 8. blogkage  |  April 1, 2008 pukul 12:02 am

    @Tomi,donie
    utk pertanyaan yang teknis silakan anda hubungi CP indomaret di atas, atau anda hubungi indomaret terdekat dengan tempat anda tinggal, thx

    Balas
  • 9. elia nora  |  Juni 2, 2008 pukul 10:49 am

    saya baru saja lulus kuliah, saat ini saya sibuk mencari kerja tapi saya ingin sekali membuka usaha.saat ini posisi saya di jakarta barat tepatnya kalideres. saya ingin rekomendasi dari anda untuk dapat melaksanakan usaha kecil saya. saya ingin membuka usaha jajanan pasar.saya meminta pertolongannya, saya telah membaca artikel anda dan saya tertarik untuk tawaran yang diberikan.Terimakasih

    Balas
  • 10. Norman  |  Juni 4, 2008 pukul 7:53 am

    Ada yang tahu pengrajin grobak?

    Balas
  • 11. hasan parido  |  Juni 23, 2008 pukul 8:16 am

    wah boleh tuh sya ingin buka juga,tolong dong saya harus menghubungi siapa? tolong dong kasih no tlp nya

    Balas
  • 12. Ibnu Hasyim  |  Juli 25, 2008 pukul 3:59 am

    Sila hubungi saya jika mahu dagang di Kuala Lumpur.
    tel Malaysia KL 013 2053054 (handphone)

    Balas
  • 13. mas ageng  |  Agustus 28, 2008 pukul 4:05 am

    ok banget tuh. saya tinggal di daerah rajeg tangerang tolong dong informasi seputar usaha yang prospektif. saya rencana mau berjualan ayam goreng tepung (fried chicken) kira-kira prospeknya bagaimana, dimana gerai yang cocok disekitar domisili saya, rencana setelah lebaran mau mulai (Oktober/November). saya sangat berharap informasinya. terimakasih.

    Balas
  • 14. fitra  |  Agustus 28, 2008 pukul 11:40 am

    Dengan hormat,
    Bagus juga ni indomaret salut dah ada lapak buat dagang namun harganya sewanya masih sekitar 315rb/bln belum biaya modal kerja plus pegawai tp gpp it’s ok saat ini saya sedang kumpulkan modal agar bisa dagang dpn indomaret…buat rekan yang perlu usaha bisnis modal dibawah 300Rb perak plus biaya iklan perbulan cukup 100rb/bln silahkan cari info gratisnya disini http://www.Go-Investor.com/?id=mfitra jika sudah terkumpul modal cukup pastilah ikut dagang dpn indomaret…
    Trims yang buat yang punya Blog ini…
    Salam Hangat,
    Fitra
    Jakarta Pusat

    Balas
  • 15. Acay  |  September 15, 2008 pukul 4:05 am

    Saya ingin ikut gabung dalam program gerobak indomaret. Domisili di villa pertiwi-depok.. Saya harus kontak ke siapa? (081807127097) berapa biaya untuk gerobak tipe 3? Trims

    Balas
  • 16. inovasi36  |  November 5, 2008 pukul 4:46 am

    Berdasarkan Pengalaman dengan Mitra Mitra Kami, INOVASI36 menawarkan konsep Booth/mini counter dengan Sistem Knock Down.
    Booth/mini counter dengan konsep knock down adalah Booth/mini counter yang sifatnya mudah dibongkar-pasang
    Kebab Turki Baba Rafi, Pisang Goreng Ta B’Nana, Ayam Goreng Fatmawati, Motor Bridal, MagFood Amazy, Bakmi Gila, Home Mate Ice Cream, adalah sebagian dari Mitra kami.
    KAMI MENAWARKAN HARGA MULAI DARI 4jt Rupiah UNTUK PEMBUATAN BOOTH/MINI COUNTER KNOCK DOWN!
    http://www.inovasi36.co.cc
    HUBUNGI KAMI SEKARANG JUGA DI 021 9264 2232 UNTUK MENDAPATKAN DESAIN EXCLUSIVE GRATIS UNTUK BOOTH ANDA

    Balas
  • 17. c'ugun  |  November 10, 2008 pukul 11:33 am

    p’ klo bkin grobak bwt roti bkr pling brp?

    Balas
  • 18. Juni MS  |  November 17, 2008 pukul 5:45 am

    Saya tinggal di Pekanbaru, saya tertarik, mohon info program gerobak Indomaret di Pekanbaru. Alamat dan CP nya juga. Thanx

    Balas
  • 19. Nia  |  Desember 9, 2008 pukul 7:01 pm

    Saya mo tanya nih..
    1. kalo indomaret yang di sebelah kampus mercu buana sama juga ga sewa tempat nya dengan indomaret2 yg lain? soalnya saya pernah tanya disana sewa tempatnya 500 ribu/bln..
    2. Kalo yang sudah punya gerobak dan alat-alat nya sendiri bisa ga sewa tempat saja di indomaret?

    Balas
  • 20. sujarwo  |  Januari 19, 2009 pukul 7:34 am

    Terima kasih Manajemen Indomaret yang begitu memperhatikan pedagang kecil.
    Saya ingin jualan Kebab, Barger dan Bakmi Ayam apakah saya bisa sewa gerobaknya saja, lokasi dirumah sendiri alamat Pisangan Baru Utara Jatinegara, Jakarta Timur

    Contact Person dengan siapa ya atau No telpon yang bisa dihubungi. Terima kasih banyak ya Indomaret, sukses selalu.

    Balas
  • 21. indahmei  |  April 4, 2009 pukul 12:09 pm

    Aduh seneng deh nemu blog ini. Aku tinggal di banyumanik semarang, pengen banget gabung ma indomaret.
    PT. Indomarco semarang di mana?, contact person siapa?. Thx.

    Balas
  • 22. Ryandha_phone  |  April 5, 2009 pukul 5:30 am

    Kmi mau cari gerobak ponsel agar bisa jualan pulsa & hp di pinggiran jalan karena tempat kami yg sekarang kami tempati mau digusur

    Contact Person dengan siapa ya atau No telpon yang bisa dihubungi. Terima kasih banyak ya Indomaret, sukses selalu

    Balas
  • 23. dea  |  Mei 4, 2009 pukul 3:36 am

    saya tertarik dengan gerobak dari indomaret. Bagaimana seumpama hanya sewa gerobaknya saja tapi tidak menempati usaha di depan indomaret. Apakah bisa ditempat usaha sendiri? Bagaimana harga sewa menyewanya? terimakasih

    Balas
  • 24. Hana  |  Mei 27, 2009 pukul 5:07 am

    Mau donk,bs ga sewa gerobaknya aja,buat somay,ama etalase buat jus. hub.in sapa ya? Mksh

    Balas
  • 25. erna  |  Mei 10, 2011 pukul 4:10 am

    bisa g saya dikirimkan no call center indomaret yang ada di pekan baru karena saya merasa tertarik ingin membuka usaha gerobak tetapi saya belum memiliki modal.

    Balas
  • 26. Nafisa Fairuza  |  Juni 30, 2011 pukul 5:55 am

    saya sangat tertarik apa yang disediakan program Indomart atas mitra kerja bagi yang pingin usaha bermodal pas-pasan

    Balas
  • 27. adhie  |  Juli 27, 2011 pukul 8:44 am

    kalo saya mau jualan nasi goreng gila di depan gerai indomaret gmn..berapa sewa gerobak tempat dan teras nya..dan saya juga punya konsep yg lain daripada nasi goreng gila sebelumnya..dan kemungkinan indomaret bisa ramai juga..saya mau jualan di daerah bandung..ada yg tau contact personnya ngga..??

    tks

    Balas
  • 28. lydia  |  Agustus 23, 2011 pukul 8:33 am

    hi,,,boleh donk sewa gerobak dan etalase nya,,,bisa dibantu untuk contact person nya.
    terima kasih

    salam
    lydia

    Balas
  • 29. agus  |  September 28, 2011 pukul 4:44 pm

    dear Pak Laurence.

    saya baru memulai membuka usaha dan terus terang saya tertarik dengan program ini. apakah saat ini masih ada kesempatan untuk saya seandainya masih caranya bagaimana. Terima kasih.

    Hormat kami
    Agus

    Balas
  • 30. aivei  |  Oktober 22, 2011 pukul 5:45 pm

    programnya msh ada ga pak? saya mau bergabung jg di daerah teluk gong, jakarta utara. mohon info secepatnya.thx

    Balas
  • 31. lia  |  November 16, 2011 pukul 5:46 am

    Klu mau ditelusuri saya harus kmana gan?trus apa aja syarat mau ngajuin permohonan pengadaan usaha mikro tersebut?

    Balas
  • 32. Dian prasetio  |  November 17, 2011 pukul 11:21 pm

    Saya mo nanya untuk menjadi mitra/sewa teras di indomaret bagaimana syarat2nya?sya tinggal d daerah pamulang u/kntor indomaret terdekat dimana ya?

    Balas
  • 33. devi  |  November 18, 2011 pukul 3:26 am

    mau gimana caranya

    Balas
  • 34. mohamad januri  |  Desember 4, 2011 pukul 7:11 am

    wah,,saya monat tuh,,,,,untuk wilayah ponorogo jawa timur hubungi kemana,,,aq butuh info lebih lanjut,,thx

    Balas
  • 35. purwandi  |  Desember 5, 2011 pukul 6:28 am

    untuk wilayah depok no.. yg bisa dihubungi ada ga pak?

    Balas
  • 36. Sri yanto  |  Desember 9, 2011 pukul 4:40 am

    Saya tertarik dgn program ini, truz terang saya punya sedikit keahlian, tpi susah nyari tempat dagang yg prospektif, tlg kasih info tempat dagang yg prospektif utk mie ayam, terutama area jakarta tangerang, terutama jakarta, berikut no yg dpt dihubungi.
    No saya: 08388312711
    email: firbecksryansuke@yahoo.co.id
    mksih…

    Balas
  • 37. Sri yanto  |  Desember 9, 2011 pukul 4:55 am

    Tlg intinya ya,,, blz lewat sms or email

    Balas
  • 38. Sri yanto  |  Desember 9, 2011 pukul 5:41 am

    Boleh bgt tuch, ada tempat dagang yg prospektif gak buat mie ayam, klo bisa daerah jabotabek

    Balas
  • 39. EDO  |  Februari 6, 2012 pukul 7:32 am

    SAYA MAU JUAL BUBBLE ICE DI DEPAN INDOMARET DI JAKUT DAN SAYA SUDAH SURVEY BEBERAPA GERAI INDOMARET, TAPI SAYA PUNYA DESIGN GEROBAK SENDIRI. BISA NGGAK INDOMARET YANG ADAKAN GEROBAKNYA, NANTI SAYA SEWA PERBULANNYA.
    RENCANA KALAU USAHA INI JALAN SAYA AKAN COPY PASTE KE BEBERAPA INDOMARET YANG LAIN

    Balas
  • 40. Riswanto  |  April 2, 2012 pukul 10:44 pm

    Ok juga lebi baik nya jangan tiga bln kalau bisa setahun

    Balas
  • 41. adi  |  Juli 8, 2012 pukul 7:45 am

    saya ingin bka usaha kecil yang modal nya murah tapi,,tapi mnarik bnyak konsumen .. kira”apa ya???

    Balas
  • 42. dairobi  |  Agustus 26, 2012 pukul 11:13 am

    kalau mau ikutan gimana dftrnya…

    Balas
  • 43. eni  |  September 23, 2012 pukul 4:20 am

    klau di madiun ngubungi siapa trims

    Balas
  • 44. hany  |  November 5, 2012 pukul 7:37 am

    saya tinggal diseputar daerah tasikmalaya tepatnya disingaparna kira2 alamat indomaret mana yang cocok untuk jualan frezz bubble

    Balas
  • 45. nasaret galilea  |  Januari 8, 2013 pukul 8:56 pm

    tolong beri CP untuk kota jombang.
    dan semoga sesuai harapan, trimakasih

    Balas
  • 46. miftakhul ekwan  |  Februari 3, 2013 pukul 2:42 am

    posisi di kaltim samarinda bisa gk ya? tanks

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Maret 2008
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Kategori

Add to Technorati Favorites

RSS VIVAlog

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.